Topik Terkait: Surat Al Qadar (halaman 2)

  • Keutamaan Membaca Surat Al Ikhlas dalam Gambaran Hadis Nabi SAW
    Tausyiah
    Jum'at, 03 Mei 2024 - 08:07 WIB
    Ada keutamaan yang paling dahsyat dari Surat Al Ikhlas yang pernah disabdakan Rasulullah SAW yakni membaca Surat Al Ikhlas akan disetarakan oleh Allah Taala seperti halnya membaca sepertiga Al-Quran
  • Pakai Rumus Imam Al-Ghozali, Lailatul Qadar Jatuh Malam Ini
    Tausyiah
    Sabtu, 08 Mei 2021 - 15:35 WIB
    Malam Lailatul Qadar itu berada di sepuluh terakhir Ramadhan dan lebih diharapkan pada malam-malam ganjil. Lalu, kapan sebenarnya waktu turunnya malam Lailatul Qadar?
  • Beginilah Kehancuran Bangsa Yahudi dalam Surat Al Isra
    Dunia Islam
    Sabtu, 20 Januari 2024 - 12:30 WIB
    Dalam Al-Quran, Allah Taala memberikan solusi paling sempurna untuk memberi petunjuk kepada manusia dalam menghadapi masalah, termasuk salah satunya masalah perang Yahudi dan Palestina.
  • 5 Nama Hewan yang Diabadikan Menjadi Nama Surat Dalam Al Quran
    Muslimah
    Jum'at, 19 Maret 2021 - 08:38 WIB
    Penamaan surat yang ada dalam Al-Quran menggambarkan isi atau kandungan ayat di dalamnya. Salah satunya dinamai dengan nama-nama hewan, karena isi atau kandungan ayat di dalamnya ada kisah yang melibatkan hewan.
  • Surat al-Ashr : Bacaan, Arti, dan Penjelasan Tentang Pentingnya Waktu
    Tips
    Sabtu, 11 September 2021 - 05:10 WIB
    Surat al-Ashr merupakan firman Allah Taala tentang pentingnya waktu (masa). Maka sudah sepantasnya manusia memanfaatkan waktu secara baik, efektif dan semaksimal mungkin untuk amal shaleh.
  • cover top ayah
    يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اِنۡ كُنۡـتُمۡ فِىۡ رَيۡبٍ مِّنَ الۡبَـعۡثِ فَاِنَّـا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّـطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِنۡ مُّضۡغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَّغَيۡرِ مُخَلَّقَةٍ لِّـنُبَيِّنَ لَـكُمۡ‌ ؕ وَنُقِرُّ فِى الۡاَرۡحَامِ مَا نَشَآءُ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ‌ۚ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّرَدُّ اِلٰٓى اَرۡذَلِ الۡعُمُرِ لِكَيۡلَا يَعۡلَمَ مِنۡۢ بَعۡدِ عِلۡمٍ شَيۡــًٔـا‌ ؕ وَتَرَى الۡاَرۡضَ هَامِدَةً فَاِذَاۤ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡهَا الۡمَآءَ اهۡتَزَّتۡ وَرَبَتۡ وَاَنۡۢبَـتَتۡ مِنۡ كُلِّ زَوۡجٍۢ بَهِيۡجٍ
    Wahai manusia! Jika kamu meragukan (hari) kebangkitan, maka sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu; dan Kami tetapkan dalam rahim menurut kehendak Kami sampai waktu yang sudah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada usia dewasa, dan di antara kamu ada yang diwafatkan dan (ada pula) di antara kamu yang dikembalikan sampai usia sangat tua (pikun), sehingga dia tidak mengetahui lagi sesuatu yang telah diketahuinya. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah Kami turunkan air (hujan) di atasnya, hiduplah bumi itu dan menjadi subur dan menumbuhkan berbagai jenis pasangan tetumbuhan yang indah.

    (QS. Al-Hajj Ayat 5)
    cover bottom ayah
  • Keutamaan Menghafal 10 Ayat Surat Al Kahfi
    Tips
    Jum'at, 08 Oktober 2021 - 16:51 WIB
    Sebuah hadits menyatakan barangsiapa menghafal 10 ayat pertama atau terakhir dari surat Al-Kahfi, maka ia terlindungi dari Dajjal. Berikut 10 ayat pertama surat Al Kahfi tersebut.
  • Cara Mudah Membaca Surat Al-Fatihah Supaya Tidak Keliru
    Tips
    Sabtu, 05 Agustus 2023 - 22:01 WIB
    Cara membaca Surat Al-Fatihah wajib dipelajari kaum muslim supaya tidak keliru ketika melafazkannya. Seperti diketahui, Surat Al-Fatihah merupakan syarat sahnya sholat.
  • Khasiat Membaca Surat Al Waqiah, Allah akan Beri Segala Kemudahan Hidup
    Hikmah
    Senin, 20 November 2023 - 12:25 WIB
    Khasiat membaca surat Al-Waqiah, maka Allah Taala akan memberikan banyak manfaat, salah satunya adalah kemudahan rezeki dan dihindari dari kesusahan.
  • 9 Kandungan Surat Al Baqarah, dari Perintah Mengimani Al Quran hingga Anjuran Bersedekah
    Hikmah
    Rabu, 28 Februari 2024 - 17:41 WIB
    Kandungan Surat Al Baqarah ini perlu diketahui oleh setiap muslim, karena tujuan dan fungsi dari kitab suci Al Quran tidak hanya untuk dibaca namun juga memahami isi kandungannya.
  • Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi, Disinari Cahaya Hingga Dipelihara dari Fitnah Dajjal
    Tausyiah
    Kamis, 10 Agustus 2023 - 21:49 WIB
    Keutamaan membaca Surat Al-Kahfi dapat mendatangkan manfaat dan pahala berlipat ganda. Apalagi jika dibaca setiap hari atau pada malam dan Hari Jumat.
  • Dahsyatnya Surat Al-Qashash, Semua Binasa Kecuali Allah!
    Hikmah
    Senin, 21 Maret 2022 - 20:53 WIB
    Surat Al-Qashas terdiri atas 88 ayat dan termasuk golongan surat Makkiyyah. Dinamai Al-Qashash karena pada ayat 25 surat ini terdapat kata Al-Qashash yang berarti cerita.
  • Hukum Bacaan Tajwid Surat Al-Kahfi Ayat 1-3 dan Penjelasannya
    Tips
    Rabu, 07 Desember 2022 - 23:12 WIB
    Hukum bacaan tajwid Surat Al-Kahfi penting dipelajari kaum muslim agar tidak keliru ketika membacanya. Berikut tajwid Surat Al-Kahfi ayat 1-3 dan penjelasannya.
  • Beginilah Ajakan Toleransi yang Tercantum dalam Keutamaan Surat Al Kafirun
    Hikmah
    Rabu, 31 Januari 2024 - 16:20 WIB
    Surat Al Kafirun juga memiliki keutamaan, di antaranya ajakan toleransi, memperkuat keimanan, ditakuti iblis, dan terbebas dari kemusyrikan
  • Sejarah Lailatul Qadar Ternyata Berawal dari Kisah Nabi Syamun
    Hikmah
    Rabu, 20 April 2022 - 22:00 WIB
    Asal-usul diturunkannya Lailatul Qadar ternyata memiliki cerita menarik. Kisahnya bermula dari Nabi Syamun, seorang Nabi dari Bani Israel yang memiliki fisik kuat melawan kemungkaran.
  • Asbabun Nuzul Surat Al-Humazah, Peringatan Bagi Pengumpat dan Pencela
    Hikmah
    Kamis, 29 Desember 2022 - 21:49 WIB
    Surat Al-Humazah merupakan surat ke-104 dalam mushaf Al-Quran. Asbabun Nuzul (sebab turunnya) surat ini berkaitan dengan orang yang suka mencela dan mengejek Rasulullah SAW.
  • Jarang Diketahui! Inilah Asbabun Nuzul Diturunkannya Surat Al-Qadar
    Hikmah
    Jum'at, 29 April 2022 - 03:05 WIB
    Surat Al-Qadar (kemuliaan) merupakan surat yang sangat populer dibaca pada hari-hari terakhir Ramadhan. Berikut Asbabun Nuzul turunnya Surat Al-Qadar.
  • Keutamaan Membaca Surat Al-Waqiah Setelah Sholat Subuh
    Tausyiah
    Sabtu, 14 Mei 2022 - 05:05 WIB
    Keutamaan membaca Surat Al-Waqiah setelah sholat Subuh perlu kita ketahui berikut cara mengamalkannya. Surat Al-Waqiah terdiri 96 ayat bercerita tentang hari Kiamat.
  • Hukum Tajwid Surat Al-Fatihah Beserta Penjelasan dan Cara Bacanya
    Tips
    Selasa, 02 Januari 2024 - 17:15 WIB
    Hukum tajwid surat Al Fatihah ayat 1-7 lengkap penting dipelajari umat Muslim. Tak hanya untuk menambah pengetahuan, namun juga meminimalisir kesalahan ketika membacanya.
  • 6 Golongan Orang yang Bahagia dalam Pandangan Al-Quran Surat Al Muminun
    Muslimah
    Minggu, 23 Januari 2022 - 05:15 WIB
    Definisi kebahagian setiap orang berbeda-beda, termasuk cara yang dilakukan untuk meriah kebahagiaannya tersebut. Hakikat kebahagiaan itu sendiri bersifat stabil dan berkepanjangan.
  • Doa Setelah Membaca Surat Al-Mulk, Ini Fadhilahnya
    Tips
    Kamis, 19 Agustus 2021 - 21:05 WIB
    Doa setelah membaca Surat Al-Mulk memiliki fadhillah (keutamaan) yang jarang diketahui umat muslim. Berikut lafaz doanya disertai bacaan latin dan artinya.