Topik Terkait: Bulan Sabit Merah

  • Arab Saudi Ajak Umat Islam Lihat Bulan Sabit Ramadhan pada Minggu Malam
    Dunia Islam
    Sabtu, 10 April 2021 - 20:01 WIB
    Mahkamah Agung (MA) Arab Saudi mengajak semua Muslim di seluruh negeri untuk melihat bulan sabit bulan suci Ramadhan pada Minggu malam.
  • 2 Bulan Sabit Baru Dipasang di Menara Masjidilharam
    Dunia Islam
    Selasa, 13 Juni 2023 - 09:30 WIB
    Dua bulan sabit baru telah dipasang di menara dekat Gerbang Raja Abdulaziz di Masjidil Haram di Makkah. Bulan sabit ini terbuat dari serat karbon yang dibentuk di sekitar struktur besi internal.
  • Amalan dan Keutamaan Bulan Dzulqadah
    Hikmah
    Selasa, 07 Mei 2024 - 12:30 WIB
    Bulan Dzulqadah termasuk dalam salah satu bulan yang memiliki kemuliaan di sisi Allah dengan julukan Asyhurul haram (bulan haram). Karena bulan istimewa seyogianya bulan ini diisi dengan kebajikan dan memperbanyak amalan yang sangat dianjurkan.
  • Syawal, Bulan Berkah yang Penuh Julukan
    Muslimah
    Minggu, 16 Mei 2021 - 05:50 WIB
    Setelah Ramadhan, kita memasuki bulan Syawal. Selain penuh dengan amalan, bulan Syawal ternyata juga memiliki beragam julukan, karena keistimewaaannya tersebut. Julukan apa saja?
  • Dalil-dalil Keutamaan Amalan Bulan Muharram
    Tausyiah
    Minggu, 16 Juli 2023 - 10:03 WIB
    Menyambut bulan Muharram atau awal tahun baru Islam, umat muslim dianjurkan menyambutnya dengan memperbanyak amal ibadah maupun amalan. Karena banyak sekali fadhilah (keutamaan) dan amaliyah (amalan ibadah sunnah) pada bulan tersebut.
  • Benarkah Menikah di Bulan Dzulhijjah Sangat Dianjurkan?
    Muslimah
    Sabtu, 17 Juli 2021 - 12:39 WIB
    Salah satu yang dianjurkan, ketika ingin melaksanakan pernikahan adalah digelar pada bulan Dzulhijjah atau bulan yang dikenal dengan Lebaran Haji? Benarkah demikian?
  • Keutamaan Sholat Gerhana Bulan dan Manfaat Mengerjakannya
    Tausyiah
    Selasa, 08 November 2022 - 20:08 WIB
    Keutamaan sholat gerhana bulan (khusuful qomar) dan manfaat mengerjakannya selain mendapat pahala juga memberikan rasa takut kepada Allah. Beriku penjelasannya.
  • 12 Amalan yang Dilipatgandakan Pahalanya di Bulan Dzulhijjah
    Tausyiah
    Sabtu, 10 Juni 2023 - 18:15 WIB
    Banyak amalan di bulan Dzulhijjah yang banjir pahala untuk dilaksanakan. Apalagi bulan Dzulhijjah merupakan salah satu bulan yang istimewa dalam Islam.
  • Asal-usul Bulan Rabiul Awal dan Maknanya
    Tausyiah
    Minggu, 17 September 2023 - 07:05 WIB
    Umat muslim di Indonesia selalu menaruh perhatian besar terhadap bulan Rabiul Awal karena peristiwa agung kelahiran Nabi Muhammad ?. Berikut asal-usul bulan Rabiul Awal.
  • Inilah Keutamaan dan Keistimewaan Bulan Muharram
    Hikmah
    Senin, 17 Juli 2023 - 17:55 WIB
    Muharram adalah bulan pertama dalam kalender Islam (Hijriyah) yang memiliki banyak keutamaan dan keistimewaan. Mengapa bulan Muharram begitu istimewa?
  • Peristiwa Agung Para Nabi di Bulan Muharram yang Dikisahkan dalam Al-Quran
    Hikmah
    Rabu, 19 Juli 2023 - 09:00 WIB
    Bulan Muharram ternyata menjadi saksi terjadinya beberapa peristiwa agung yang diabadikan dalam Al-Quran. Khususnya peristiwa para nabi yang Allah Taala ceritakan dalam Al-Quran ini. Peristiwa agung apa saja?
  • Doa Panjang Umur di Bulan Rajab agar Mengalami Sya‘ban dan Ramadhan
    Tips
    Rabu, 02 Februari 2022 - 09:10 WIB
    Doa panjang umur sangat dianjurkan bagi umar Islam pada bulan Rajab. Doa ini perlu dimohonkan dengan harapan dapat mengalami bulan mulia Syaban dan Ramadhan
  • Arab Saudi Terbitkan 23 Juta Izin Umrah di Bulan Ramadhan
    Dunia Islam
    Minggu, 03 April 2022 - 19:05 WIB
    Juru bicara Dinas Haji dan Umrah, Eng. kata Hisyam Al-Saeed mengatakan, warga Saudi, penduduk, dan pengunjung yang datang dari luar Kerajaan telah mendapat manfaat dari layanan penerbitan izin umrah selama bulan suci Ramadhan.
  • Dalil-dalil Tentang Ramadan Bulan Penghapusan Dosa
    Hikmah
    Rabu, 20 Maret 2024 - 10:43 WIB
    Bulan Ramadan dikenal sebagai bulan ampunan dan bulan penghapusan dosa. Mengapa disebut demikian? Karena bulan Ramadan merupakan bulan di mana Allah Subhanahu wa Taala mengampuni hamba-hambaNya.
  • Makna Syahrullah Serta Keutamaan Bulan Muharram Bagi Umat Muslim
    Tips
    Jum'at, 22 Juli 2022 - 14:51 WIB
    Makna Syahrullah berarti Bulan Allah, dan disematkan pada Bulan Muharram. Keutamaan bulan Muharram sendiri yakni salah satu dari empat bulan mulia (bulan haram) dalam Islam
  • Keutamaan Menikah di Bulan Syawal, Salah Satunya Mengikuti Sunnah Rasulullah
    Tips
    Kamis, 27 April 2023 - 05:10 WIB
    Keutamaan menikah di bulan Syawal perlu diketahui kaum muslim terutama bagi yang ingin melangsungkan pernikahan. Salah satunya mengikuti sunnah Rasulullah SAW.
  • Benarkah Menikah di Bulan Muharram atau Suro Dilarang?
    Muslimah
    Senin, 01 Agustus 2022 - 16:25 WIB
    Di kalangan masyarakat Jawa masih ada anggapan bahwa menikah di Bulan Suro atau Asyura (hari ke-10 bulan Muharram) adalah hal terlarang untuk menggelar hajatan. Benarkah demikian?
  • Benarkah Meninggal di Bulan Ramadan Langsung Surga?
    Tausyiah
    Minggu, 02 April 2023 - 08:07 WIB
    Ketika ada seseorang yang meninggal dunia di bulan Ramadan, sering kali disebut wafat dengan keadaan husnul khatimah dan pasti masuk surga. Benarkah demikian?
  • Peristiwa Penting di Bulan Shafar yang Patut Diketahui
    Hikmah
    Selasa, 21 September 2021 - 15:16 WIB
    Hari ini kita memasuki pertengahan bulan Shafar 1443 Hijriyah tepatnya tanggal 14 Shafar (21/9/2021). Berikut beberapa peristiwa penting yang terjadi di bulan Shafar.
  • Jadwal Puasa Sunnah di Bulan Juli 2020 dan Niatnya
    Tausyiah
    Kamis, 02 Juli 2020 - 17:04 WIB
    Hari ini kita masih berada di bulan yang diagungkan Allah Taala (asyhurul hurum) tepatnya 10 Dzulqadah 1441 Hijriyah bertepatan dengan 2 Juli 2020. Berikut jadwal puasa sunnah di bulan ini.