Topik Terkait: Wajib Tidak Didampingi Mahram

  • Pengertian Mahram dan Jenis - Jenisnya
    Tausyiah
    Senin, 02 Oktober 2023 - 14:51 WIB
    Mahram adalah istilah dalam Islam yang merujuk kepada individu-individu tertentu yang memiliki hubungan kekerabatan atau status tertentu yang memungkinkan mereka untuk melakukan interaksi atau kontak fisik tanpa melanggar aturan syariat Islam.
  • Ada Tidaknya Mahram Saat Perempuan Bersafar Wajib
    Muslimah
    Kamis, 06 Agustus 2020 - 12:52 WIB
    Bentuk safar yang ketiga adalah Safar Wajib. Contoh dari safar wajib ini seperti melakukan perjalanan untuk melaksanakan ibadah haji , menolong orang sakit, dan berbakti kepada orang tua
  • Syarat Umroh Bagi Perempuan Serta Wajib Tidaknya Mahram yang Mendampingi
    Muslimah
    Kamis, 19 Agustus 2021 - 08:13 WIB
    Syarat umroh bagi perempuan adalah hal-hal yang harus dipenuhi sebelum melaksanakan ibadah umroh bagi perempuan muslimah. Jika syarat tersebut tidak terpenuhi, maka tidak wajib baginya melakukan umrah.
  • Bolehkah Perempuan Pergi Haji/Umrah Tanpa Mahram?
    Muslimah
    Senin, 05 Juli 2021 - 10:35 WIB
    Dalam elaksanakan ibadah haji, terkadang kita dapati beberapa perempuan pergi haji/umrah meski tanpa disertai mahram. Pertanyaannya, bolehkah perempuan pergi haji/umrah tanpa disertai mahram?
  • Inilah Mandi Wajib yang Harus Dilakukan Muslimah
    Muslimah
    Senin, 22 Juni 2020 - 07:29 WIB
    Dalam Islam, muslimah yang sudah selesai siklus haidnya diwajibkan untuk mandi wajib atau mandi junub. Begitupun bagi wanita yang sudah menikah karena bersetubuh dan seorang ibu yang baru selesai melahirkan.
  • 4 Kondisi yang Mewajibkan Muslimah Mandi Wajib
    Muslimah
    Minggu, 28 November 2021 - 05:10 WIB
    Ada beberapa kondisi yang mewajibkan mandi besar bagi seorang muslimah. Kewajiban mandi besar itu antara lain dilandasi dalil dari Al Quran dan hadis Nabi Muhammad Shallallahu alihi wa sallam.
  • Agar Tidak Pikun di Usia Tua, Ini Amalannya
    Tips
    Rabu, 23 Juni 2021 - 14:38 WIB
    Semua manusia akan menua seiring perjalanan waktu yang dilaluinya. Ketika lanjut usia, seseorang akan mengalami pikun atau sering lupa. Berikut amalan agar tidak pikun.
  • 4 Dosa yang Tidak Diampuni oleh Allah
    Tips
    Selasa, 08 Februari 2022 - 21:13 WIB
    Beberapa dosa yang tidak diampuni oleh Allah termasuk kategori dosa sangat besar. Berikut 4 dosa besar yang tidak diampuni Allah Azza wa Jalla.
  • Golongan Perempuan yang Boleh Tidak Berhijab
    Muslimah
    Jum'at, 04 September 2020 - 08:09 WIB
    Tidak semua perempuan muslimah terkena kewajiban untuk menutup aurat ini. Ada pula mereka yang berhak untuk tidak berhijab atau melepaskan jilbabnya. Siapa saja mereka?
  • Hukum Menikah dengan Saudara Tiri Menurut Islam
    Muslimah
    Selasa, 18 Januari 2022 - 16:08 WIB
    Bagaimana hukum menikah dengan saudara tiri dalam Islam? Bolehkah dilakukan? Bagaimana pula kaitannya dengan mahram? Beberapa pertanyaan soal pernikahan ini umum terjadi dalam masyarakat kita.
  • 5 Bacaan yang Wajib dalam Sholat, Apa Saja?
    Tips
    Selasa, 28 November 2023 - 20:20 WIB
    Umat muslim wajib belajar fiqih sholat terutama mengenai rukun dan hal-hal yang wajib dilaksanakan ketika sholat. Berikut lima bacaan yang wajib dalam sholat.
  • Bolehkah Wanita Bersafar Tanpa Mahram? Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Sabtu, 23 Desember 2023 - 05:15 WIB
    Bolehkan wanita bersafar (bepergian) tanpa mahram? Pertanyaan ini umumnya ditujukan untuk wanita muslimah yang akan bepergian seorang diri.
  • Inilah Golongan yang Tidak Boleh Diberi Zakat Fitrah
    Muslimah
    Rabu, 12 Mei 2021 - 12:01 WIB
    Zakat fitrah tidak diberikan pada sembarang orang, ada 8 golongan yang berhak menerima zakat fitrah ini, dan ada 5 golongan yang tidak boleh diberi zakat fitrah tersebut.
  • Amalan-amalan yang Tidak Boleh Ditunda Pelaksanaannya
    Hikmah
    Kamis, 25 Mei 2023 - 16:46 WIB
    Ada 4 amalan yang tidak boleh ditunda-tunda pelaksaannya, bahkan harus disegerakan sebab bila tidak akan menjadi dosa. Amalan apa saja dan apa alasannya?
  • 5 Penghalang Doa Tidak Dikabulkan, Nomor Terakhir Sering Disepelekan
    Tips
    Selasa, 24 Mei 2022 - 08:46 WIB
    Sebagai muslim kita dianjurkan berdoa dan hanya memohon kepada Allah Subhanahu wa taala, dan Allah pun berjanji akan mengabulkannya. Namun, bagaimana bila doa belum juga dikabulkan?
  • Perbedaan Antara Rukun Haji dan Wajib Haji
    Tausyiah
    Sabtu, 21 Mei 2022 - 20:35 WIB
    Haji merupakan salah satu dari rukun Islam yang wajib ditunaikan umat Islam bagi yang mampu. Berikut ini perbedaan antara rukun haji dan wajib haji.
  • Dosa yang Terampuni dan Tidak Terampuni Dalam Pandangan Allah
    Tips
    Kamis, 02 Juni 2022 - 16:04 WIB
    Allah Subhanahu wa Taala tidak akan mengampuni dosa syirik. Dan Allah memberi ampunan dosa kepada siapa yang Allah kehendaki.
  • Amalan Agar Tidak Haus Ketika Puasa Ramadhan
    Tips
    Rabu, 14 April 2021 - 13:36 WIB
    Menjalani ibadah puasa Ramadhan bagi sebagian orang ada yang merasa haus, dan terkadang tubuh menjadi lemas karena kekurangan energi. Berikut amalannya.
  • Mengenal 20 Sifat Wajib Bagi Allah dan Artinya
    Hikmah
    Senin, 29 November 2021 - 19:19 WIB
    Allah Azza wa Jalla memiliki banyak sifat dan nama-nama terbaik. Ada 20 sifat wajib bagi Allah yang patut diketahui umat muslim berikut dalil dan artinya.
  • Sholat Tidak Khusyuk, Haruskah Diulang?
    Tausyiah
    Kamis, 04 Maret 2021 - 19:49 WIB
    Sholat tidak khusyuk mungkin pernah dialami kaum muslimin. Khusyuk memang bukan perkara mudah, butuh kebulatan hati dan sungguh-sungguh. Jika tak khusuk mestikah sholatnya diulang?