Topik Terkait: Penciptaan Langit

  • Tadabbur Al-Baqarah Ayat 29: Penciptaan 7 Lapis Langit dan Penjelasan Sains
    Hikmah
    Senin, 14 Agustus 2023 - 17:54 WIB
    Tadabbur ayat Al-Quran kali ini mengulas tentang penciptaan tujuh lapis langit yang sempurna. Keberadaan tujuh lapis langit ini telah diisyaratkan Al-Quran. Berikut penjelasannya.
  • 7 Tahapan Penciptaan Manusia, Ini Penjelasan Al-Quran dan Sains
    Hikmah
    Selasa, 28 Juni 2022 - 23:40 WIB
    Salah satu tanda kebesaran Allah adalah menjadikan manusia dari setetes air mani (Nuthfah) kemudian berkembang menjadi makhluk sempurna. Berikut tujuh tahapannya.
  • Permulaan Penciptaan (2/Tamat): Nur Muhammad Diciptakan Sebelum Ada Dunia
    Hikmah
    Jum'at, 01 Oktober 2021 - 05:10 WIB
    Syekh Abdul Qadir Al-Jilani (470-561 H) menjelaskan bahwa yang pertama kali Allah ciptakan adalah Nur Muhammad dari cahaya suci Keindahan-Nya. Berikut ulasannya.
  • Langit dan Bumi Diciptakan dalam 6 Masa, Ini Penjelasan Al-Quran dan Sains
    Hikmah
    Senin, 21 Februari 2022 - 21:46 WIB
    Jika kita mengetahui bagaimana penciptaan langit dan bumi pasti hati kita akan tunduk kepada-Nya. Allah mengabarkan bahwa langit dan bumi diciptakan dalam enam masa.
  • Begini Andil Malaikat dalam Penciptaan Manusia dalam Kandungan
    Tausyiah
    Rabu, 23 Februari 2022 - 15:53 WIB
    Ada hubungan yang sangat kuat antara malaikat dan anak cucu Adam. Para malaikat ikut campur tangan dalam penciptaan manusia. Mereka juga menjaga manusia saat diciptakan.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • 3 Hikmah Besar pada Penciptaan Matahari dan Bulan
    Hikmah
    Minggu, 25 September 2022 - 22:33 WIB
    Allah menciptakan matahari bersinar dan bulan bercahaya sebagai bukti kekuasaan-Nya. Setidaknya ada tiga hikmah besar di balik penciptaan matahari dan bulan ini.
  • Hikmah Menatap Langit, Ibadah Sunnah yang Terlupakan
    Muslimah
    Jum'at, 13 November 2020 - 15:32 WIB
    Menatap langit artinya menyaksikan salah satu tanda kebesaran, keperkasaan, dan kekuasaan Allah. Maka tak heran, bila Syaikh Abdul Aziz Ath-Tharifi mengatakan bahwa menatap langit termasuk ibadah sunnah.
  • Surat Al-Mulk Ayat 19: Penciptaan Burung Bisa Terbang dan Penjelasan Sains
    Hikmah
    Selasa, 06 Desember 2022 - 23:41 WIB
    Pada Surat Al-Mulk ayat 19 ini Allah kembali mengingatkan kekuasaan-Nya menciptakan burung terbang di udara. Siapakah yang menahan burung itu sehingga tak jatuh ke bumi?
  • Penciptaan Api dari Kayu Bukti Kebesaran Allah, Ini Kata Al-Quran dan Sains
    Hikmah
    Sabtu, 03 September 2022 - 15:33 WIB
    Di antara bukti kebesaran Allah yaitu menjadikan api untuk manusia dari kayu yang semula berupa pohon basah dan hijau. Begitu kayu itu kering, api dapat dinyalakan.
  • Penciptaan Nabi Adam Memakan Waktu 120 Tahun, Berikut 4 Tahapannya
    Hikmah
    Selasa, 23 Agustus 2022 - 23:59 WIB
    Nabi Adam alaihissalam tidak dilahirkan begitu saja melainkan melalui beberapa proses tahapan penciptaan. Beliau diciptakan tanpa ayah dan ibu. Simak penjelasannya.
  • 6 Tanda Kebesaran Allah yang Wajib Disyukuri, Nomor 2 Sering Diabaikan
    Hikmah
    Minggu, 27 Maret 2022 - 08:05 WIB
    Penciptaan alam semesta berikut isinya perlu direnungkan kaum muslimin agar menambah keimanan kita kepada Allah. Ada 6 tanda kebesaran Allah yang wajib kita syukuri.
  • Tadabbur Surat Al-Anam Ayat 1: Kebesaran Allah Menciptakan Gelap dan Terang
    Hikmah
    Sabtu, 11 November 2023 - 21:46 WIB
    Tadabbur Surat Al-Anam Ayat 1 ini menerangkan kekuasaan Allah menciptakan langit dan bumi, menjadikan gelap dan terang sebagai renungan untuk manusia.
  • Hikmah Pergantian Siang dan Malam Menurut Al-Quran dan Sains
    Hikmah
    Selasa, 26 Juli 2022 - 15:39 WIB
    Hikmah pergantian siang dan malam menurut Al-Quran dan Sains menarik untuk dipelajari. Fenomena ini tidaklah terjadi begitu saja kecuali di dalamnya ada pelajaran berharga.
  • Langit dan Bumi Dulunya Bersatu Sebelum Terpisah, Ini Penjelasan Al-Quran (1)
    Hikmah
    Senin, 27 Desember 2021 - 23:01 WIB
    Allah dengan sifat kesempurnaan-Nya menjelaskan bagaimana alam semesta ini diciptakan dengan keseimbangan. Langit dan bumi dulunya bersatu sebelum terpisah.
  • Kisah Allah Taala Mengangkat Nabi Idris ke Langit Keempat pada 10 Muharam
    Hikmah
    Rabu, 19 Juli 2023 - 09:05 WIB
    Allah SWT mengangkat Nabi Idris ke langit pada 10 Muharam dan mewafatkannya di sana. Ibnu Katsir dalam Qashash Al-Anbiya menyebut Nabi Muhammad saat Mikraj bertemu Nabi Idris di langit keempat.
  • Tafsir Surat Al-Mulk Ayat 3: Penciptaan 7 Langit yang Sempurna Tanpa Penyangga
    Hikmah
    Kamis, 03 November 2022 - 22:20 WIB
    Pada ayat ke-3 Surat Al-Mulk ini Allah menegaskan kekuasaan-Nya menciptakan tujuh langit berlapis yang tidak ada cacat sama sekali. Inilah salah satu tanda kebesaran-Nya.
  • Beda Orang Saleh dan Kafir: Begini Kondisi Saat Tercabutnya Roh ke Langit
    Tausyiah
    Jum'at, 19 Februari 2021 - 15:01 WIB
    Sedangkan roh yang jahat dilaknat oleh malaikat langit saat ia keluar dari jasad, lalu pintu langit tertutup baginya. Setiap regu malaikat berseru di pintu langit agar tidak naik di hadapan mereka.
  • Langit dan Bumi Dulunya Satu Sebelum Terpisah, Ini Penjelasan Al-Quran (2/Tamat)
    Hikmah
    Selasa, 28 Desember 2021 - 10:41 WIB
    Dalam Surat Al-Anbiya Ayat 30 dijelaskan bahwa langit dan bumi dulunya menyatu, kemudian keduanya dipisahkan dan segala sesuatu yang hidup berasal dari air.
  • Kolong Langit
    Tausiyah
    Jum'at, 16 Juni 2017 - 06:00 WIB
    Syukur, sabar, ridho nggak ada abisnya, nggak ada batasnya, untuk dapet surganya Allah.Apapun yang Allah ujikan, wajib buat kita bersabar dan dan apapun yang Allah kasih, wajib kita ridho.
  • Tamsil Penciptaan Adam dalam Al-Quran Menurut Muhammad Abduh
    Tausyiah
    Selasa, 28 Februari 2023 - 16:47 WIB
    Muhammad Abduh menyebut ayat-ayat yang menguraikan kisah kejadian Adam as pada surah al-Baqarah 30 dan seterusnya, adalah tamsil. Tidak ada dialog antara Tuhan dengan Malaikat.