Topik Terkait: Makanan Manis

  • Prioritas Makanan dalam Al-Quran
    Tausyiah
    Sabtu, 29 Januari 2022 - 13:24 WIB
    Petunjuk tentang itu disampaikan secara menakjubkan pada Surat Abasa (80) ayat 24 sampai 32. Rangkaian ayat itu diawali, Maka hendaklah manusia itu memperhatikan makanannya!
  • Mengapa Dianjurkan Berbuka Puasa dengan yang Manis? Begini Penjelasannya
    Tips
    Jum'at, 31 Maret 2023 - 12:51 WIB
    Ketika berbuka puasa, umat muslim dianjurkan untuk menyegerakan berbuka dengan makanan yang manis. Benarkah berbuka harus dengan yang manis? Bagaimana penjelasannya?
  • Makanan Neraka Selain Zaqqum Adalah Dharik
    Tausyiah
    Senin, 01 November 2021 - 14:55 WIB
    Selain zaqqum, Allah SWT menyiapkan makanan neraka yang tak kalah menyiksa. Makanan itu bertajuk dharik. Makanan jenis ini disebut di dalam Al-Quran dalam surat Al-Ghasyiyah ayat 6-7.
  • Ada Keberkahan dari Makanan, Bagaimana Meraihnya?
    Muslimah
    Jum'at, 21 Mei 2021 - 09:07 WIB
    Dalam Islam, setiap makanan dapat memberi berkah. Tak hanya untuk yang menyajikan, namun yang memakannya pun akan mendapat berkah. Tetapi tentu saja, makanan yang akan memberi berkah harus sesuai dengan tuntunan syariat.
  • Ketika Ragu Soal Makanan Syubhat, Baca Doa Ini
    Tips
    Senin, 12 Juni 2023 - 22:01 WIB
    Salah satu hal yang Allah Taala perintahkan dalam hidup adalah untuk mendekati yang halal dan menjauhi yang haram.Begitupun dalam hal makanan, diperintahkan harus memakan makanan yang halal.
  • Halalkah Makanan Sembelihan Kaum Yahudi, Kristen, dan Budha?
    Tausyiah
    Senin, 27 Juli 2020 - 15:46 WIB
    Timbul perselisihan pendapat di kalangan ulama tentang siapa yang dimaksud dengan Ahl Al-Kitab, dan apakah umat Yahudi dan Nasrani masa kini, masih sebagai Ahl Al-Kitab.
  • 3 Makanan dan Minuman Jin yang Patut Diketahui
    Hikmah
    Kamis, 01 September 2022 - 15:33 WIB
    Sama seperti manusia, bangsa Jin juga memerlukan makanan dan minuman dalam hidupnya. Berikut tiga makanan dan minuman bangsa Jin yang patut kita ketahui.
  • Ciri-ciri Makanan Halal dan Thoyyib yang Wajib Diketahui
    Tips
    Minggu, 14 Mei 2023 - 12:50 WIB
    Allah Subhanahu wa taala memerintahkan hamba-hambaNya untuk memilih makanan halal dan thayyib (baik dikonsumsi), dan mengharuskan menjauhi makanan haram.
  • Pohon Mirip Zaqqum, Makanan Ahli Neraka Tumbuh di Arab Saudi?
    Dunia Islam
    Selasa, 26 Juli 2022 - 22:49 WIB
    Bagi yang sering baca Al-Quran pasti tak asing dengan kata Zaqqum. Sebuah pohon yang diperuntukkan bagi ahli neraka. Pohon ini disebut-sebut tumbuh di Arab Saudi, benarkah?
  • Tadabbur Al-Baqarah Ayat 168: Perintah Mengonsumsi Makanan Halal dan Baik
    Tausyiah
    Minggu, 15 Oktober 2023 - 23:03 WIB
    Tadabbur ayat pilihan Al-Quran kali ini mengulas tentang perintah Allah untuk mengonsumsi makanan halal dan baik. Dalam ayat ini Allah menyeru manusia, bukan umat muslim saja.
  • Soal Makanan Haram, Ini Beda Islam dengan Hindu, Yahudi, dan Nasrani
    Tausyiah
    Rabu, 21 Oktober 2020 - 05:00 WIB
    Allah SWT memerintahkan orang-orang mukmin supaya suka makan yang baik dan supaya mereka suka menunaikan hak nikmat itu, yaitu dengan bersyukur kepada Zat yang memberi nikmat.
  • Makanan Olahan: Setiap yang Memabukkan Adalah Haram
    Tausyiah
    Rabu, 29 Juli 2020 - 07:00 WIB
    Khamr terambil dari kata khamara yang menurut pengertian kebahasaan adalah menutup. Karena itu, makanan dan minuman yang dapat mengantar kepada tertutupnya akal dinamai juga khamr.
  • Pola Makanan Sehat Menurut Al-Qur’an dan Hadis (2)
    Muslimah
    Minggu, 05 Juli 2020 - 16:17 WIB
    Terlalu vegetarian atau terlalu berlebihan mengonsumsi makanan hewani bisa jadi tidak baik bagi tubuh. Al Quran telah menjelaskan semuanya tentang makanan sehat.
  • Tuntunan Hadis dalam Meraih Keberkahan Makanan
    Muslimah
    Selasa, 27 Oktober 2020 - 07:20 WIB
    Agar makanan yang kita makan ini mendapatkan keberkahan dari Allah Subhanahu wa taala, ada tuntutan dari Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam melalui hadisnya yang hendaknya kita contoh.
  • Bagaimana Meraih Keberkahan dalam Makanan?
    Muslimah
    Selasa, 08 September 2020 - 13:06 WIB
    Inti dari doa sebelum makan adalah memohon keberkahan dari rezeki yang telah Allah karuniakan, sehingga kita terpelihara dari keburukan (terutama dari siksa neraka).
  • Pola Makanan Sehat Menurut Al-Qur’an dan Hadis (1)
    Muslimah
    Minggu, 05 Juli 2020 - 07:21 WIB
    Islam sangat memerhatikan pola makanan sehat. Tidak hanya baik secara unsur tapi juga harus halal secara zat dan perolehannya. Dalam Islam, tidak semua makanan atau minuman boleh dimakan. Ada yang diharamkan oleh Allah Taala.
  • Khasiat Surah Al-Hijr, Dagangan Laris Manis
    Tips
    Kamis, 06 Juli 2023 - 09:39 WIB
    Keistimewaan surah Al-Hijr: barangsiapa yang menulisnya lalu dicampur dengan zafaronn dan meminumkannya untuk seorang perempuan yang sedikit susunya maka susunya akan banyak.
  • Habis Manis Sepah Dibuang
    Muslimah
    Selasa, 25 Mei 2021 - 18:25 WIB
    Kisah cinta dua insan di zaman Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam ini, banyak hikmah dan nasehat. Kisahnya menjadi sangat abadi dalam sejarah percintaan hingga masa kini.
  • Inilah Komposisi Makanan Sehat dan Seimbang yang Dijelaskan Al-Quran
    Hikmah
    Selasa, 05 Maret 2024 - 11:17 WIB
    Islam sangat memerhatikan bagaimana mengatur pola makanan sehat dan seimbang yang dibutuhkan tubuh, dan Al Quran banyak menjelaskan tentang hal itu dalam ayat-ayatnya.
  • 8 Hadiah Manis Dari Allah Bagi Mereka Yang Sabar
    Tausyiah
    Rabu, 10 Juni 2020 - 16:03 WIB
    Salah satu keadaan yang paling disukai Allah adalah ketika hambanya dalam posisi sabar. Yakni bersabar dalam setiap keadaan yang ditakdirkan Allah Subhanahu wa taala.