Topik Terkait: Rakus Dan Tamak

  • Tanda Kiamat Sudah Dekat, Salah Satunya Sifat Rakus Kian Dahsyat
    Hikmah
    Senin, 06 Desember 2021 - 14:04 WIB
    Di antara tanda-tanda Kiamat sudah dekat disebutkan oleh ulama Hadhramaut Yaman Al-Quthub Al-Habib Umar Bin Seggaf Ash-Shofi As-Seggaf (1154-1216 H).
  • Bahaya Sifat Tamak pada Dunia Menurut Al-Quran dan Hadis
    Tausyiah
    Sabtu, 22 Oktober 2022 - 18:42 WIB
    Islam menegaskan bahwa terlalu tamak terhadap dunia dan memprioritaskan dunia adalah hal yang harus diwaspadai dan dihindari. Al-Quran juga menyebutkan dunia adalah fitnah bagi manusia
  • Puasa melawan nifak-tamak
    Tausiyah
    Senin, 29 Juli 2013 - 09:49 WIB
    Puasa semestinya melahirkan transformasi atau perubahan perilaku yang radikal dalam diri setiap muslim yang menunaikannya. Puasa harus merasuk ke jantung hati untuk membersihkan jiwa dari segala hawa nafsu yang kotor (fuzara) menuju jiwa yang utama atau muttaqa(QS Asy-Syams: 7&ndash8).
  • Sunnah Bersiwak, Waktu dan Keutamaannya
    Muslimah
    Kamis, 12 November 2020 - 11:10 WIB
    Islam memosisikan bersih dan sehat sebagai bagian dari kesalehan individual dan bentuk keimanan. Dan tentang menjaga kebersihan dan kesehatan diri ini banyak dicontohkan oleh aktivitas Rasulullah dalam kesehariannya.
  • 3 Hikmah Besar pada Penciptaan Matahari dan Bulan
    Hikmah
    Minggu, 25 September 2022 - 22:33 WIB
    Allah menciptakan matahari bersinar dan bulan bercahaya sebagai bukti kekuasaan-Nya. Setidaknya ada tiga hikmah besar di balik penciptaan matahari dan bulan ini.
  • Bacaan Doa Sa’i  Lengkap dengan Arab, Latin, dan Terjemahannya.
    Tips
    Jum'at, 17 Mei 2024 - 10:22 WIB
    Doa Sai dibacakan saat jamaah melakukan aktivitas berupa lari-lari kecil di antara bukit Safa dan Marwah. Untuk diketahui, Sai juga menjadi salah satu rukun haji
  • Benarkah Yajuj dan Majuj Lebih Berbahaya dari Dajjal?
    Hikmah
    Senin, 13 November 2023 - 14:06 WIB
    Dajjal dan Yajuj Majuj adalah dua makhkuk yang menjadi fitnah (ujian) besar di akhir zaman. Benarkah Yajuj dan Majuj lebih berbahaya dari Dajjal? Simak ulasan berikut ini.
  • Inilah Faedah Syahwat dan Cara Mengendalikannya
    Muslimah
    Selasa, 01 September 2020 - 08:45 WIB
    Allah Subhanahu wa taala menciptakan manusia dengan disertai syahwat. Kata syahwat itu sendiri merupakan bentuk jamak dari syahaa yang berarti almusytaha atau sesuatu yang diinginkan.
  • Bacaan Niat Salat Qashar dan Syarat-syaratnya
    Tips
    Jum'at, 02 Juni 2023 - 14:15 WIB
    Biasanya ketika kita bepergian yang lumayan jauh jaraknya, karena takut tertinggal salat maka disarankan melaksanakan salat qashar.
  • Kisah Qabil dan Habil: Sebelum Wafat, Nabi Adam Sempat Melihat 400.000 Orang Anak Cucunya
    Hikmah
    Minggu, 26 November 2023 - 07:40 WIB
    Qabil diperintahkan untuk menikahi kembaran Habil dan Habil diperintahkan menikahi saudara perempuan Qabil, namun Qabil lebih memilih saudara perempuan kembarannya sendiri.
  • Makanan dan Minuman Setan dalam Penjelasan Hadis serta Al-Quran
    Hikmah
    Senin, 01 Mei 2023 - 11:02 WIB
    Makanan dan minuman setan atau jin ternyata banyak dijelaskan dalam hadis dan Al-Quran. Apakah setan dan jin memerlukan makanan dan minuman itu atau hanya kiasan penggambarannya?
  • Perbedaan Kurban dan Aqiqah Yang Perlu Dipahami
    Tips
    Senin, 05 Juni 2023 - 15:16 WIB
    Ada beberapa perbedaan kurban dan aqiqah yang perlu dipahami kaum muslimin, terutama untuk para orang tua. Perbedaan kurban dan aqiqah menjadi topik hangat menjelang Idul Adha.
  • Rukun Haji dan Umrah Lengkap dengan Keutamaan dan Penjelasannya
    Tips
    Jum'at, 16 Juli 2021 - 15:15 WIB
    Alhamdulillah musim Haji telah tiba. Bagi yang diberi kesempatan menunaikannya, berikut rukun haji dan umrah yang wajib dipenuhi jamaah selama melaksanakan haji.
  • Inilah Hikmah Dibalik Larangan Makan dan Minum Berlebihan
    Hikmah
    Sabtu, 17 Juni 2023 - 13:24 WIB
    Islam sangat melarang makan dan minum berlebihan. Kenapa demikian? Dibalik larangan yang ditentukan syariat pasti memiliki hikmah yang luar biasa untuk kita.
  • Bacaan Talbiyah Haji dan Umrah Bahasa Arab, Latin dan Terjemahan
    Tips
    Rabu, 08 Mei 2024 - 08:48 WIB
    Bacaan Talbiyah untuk ibadah haji dan umrah ini perlu diketahui oleh setiap muslim. Talbiyah sendiri merupakan kalimat yang dibacakan Nabi Ibrahim AS setelah selesai membangun Kakbah.
  • Kisah Sufi Imam Hasan Al-Basri: Perumpamaan tentang Orang yang Rakus
    Hikmah
    Jum'at, 26 November 2021 - 17:19 WIB
    Kisah ini, yang menggarisbawahi pernyataan bahwa seseorang mungkin mengembangkan kemampuan tertentu meskipun sebenarnya ia bermaksud mengembangkan kemampuannya yang lain.
  • Antara Rezeki dan Keimanan
    Muslimah
    Selasa, 20 Juli 2021 - 14:23 WIB
    Bagi orang yang tahu pembagi rezeki adalah Allah Subhanhu wa taala, bahwa kita ini sudah lengkap dengan rezekinya. Kita tidak disuruh mencari rezeki tetapi menjemput rezeki.
  • Antara Doa dan Zikir, Manakah yang Lebih Afdhal?
    Tips
    Sabtu, 25 Juni 2022 - 18:50 WIB
    Dalam Islam, kita dianjurkan untuk selalu berdoa dan berzikir kepada Allah Subhanahu wa taala. Namun, manakah yang lebih afdhal, doa atau zikir?
  • 7 Fakta Rasulullah SAW Sangat Mencintai Hasan dan Husain
    Hikmah
    Jum'at, 25 November 2022 - 05:10 WIB
    Sayyidina Hasan dan Husain adalah dua sosok manusia yang kelak menjadi pemimpin (penghulu) pemuda di surga. Berikut 7 fakta Rasulullah SAW sangat mencintai keduanya.
  • Beberapa Hadis yang Mengharamkan Gambar dan Lukisan
    Tausyiah
    Senin, 28 Agustus 2023 - 18:51 WIB
    Di antara hadis yang diriwayatkan mengenai larangan menggambar: Setiap pelukis itu di neraka, yang akan menjadikan nyawa untuk setiap gambar yang ia buat, lalu akan menyiksanya di neraka Jahanam.