Adam dan Hawa Tak Lakukan Hubungan Intim Selama di Surga

loading...
Adam dan Hawa Tak Lakukan Hubungan Intim Selama di Surga
Selama di surga, Adam dan Hawa tidak melakukan hubungan intim. Baru, pada saat diturunkan ke dunia Jibril mengajarkan kepada Adam bagaimana mendatangi istrinya. (Foto/Ilustrasi: Getty Images)
Nabi Adam dan Siti Hawa tidak pernah melakukan hubungan intim selama di surga. Begitu bunyi sebuah hadis yang dikutip Ibnu Katsir menerangkan. Hanya saja, sejarawan Mesir Muhammad bin Iyas mengungkap hal yang berbeda. Menurut dia, Adam menggauli Hawa di tempat khusus yang ada di surga Firdaus .

Baca juga: Nabi Adam Menangis Selama 70 Tahun karena Diusir dari Surga

Ibnu Katsir dalam bukunya berjudul Al-Bidayah wa an-Nihayah menjelaskan bahwa selama berada di surga, Adam sama sekali belum pernah menggauli Hawa. Hal ini bisa disimpulkan dari riwayat yang dituturkan oleh Anas ra bahwa Rasulullah bersabda:

"Adam dan Hawa turun dari surga ke bumi dalam keadaan telanjang dan keduanya hanya mengenakan beberapa helai daun (dari) surga untuk menutup auratnya."

"Kemudian Adam merasa panas hingga ia duduk menangis sembari berkata kepada istrinya: 'Wahai Hawa, sungguh hawa panas ini telah membuatku sakit'."

"Maka datanglah Jibril kepadanya (Adam) dengan membawa kapas dan memerintahkan kepada Hawa untuk memintalnya setelah mengajarkan cara memintal padanya, setelah itu Jibril memerintahkan kepada Adam untuk menenum dan mengajarkan padanya cara menenun."

Ia juga menambahkan, "Adam belum pernah menggauli istrinya selama di surga hingga keduanya turun dari surga dikarenakan kesalahan mereka memakan buah pohon khuldi."

Disebutkan juga, "Dan keduanya tidur sendiri-sendiri; salah seorang dari keduanya tidur di satu sisi, sedang yang lainnya tidur di sisi yang lain, hingga Jibril mendatangi Adam dan memerintahkannya untuk mendatangi istrinya."

Ditambahkan, "Dan Jibril juga mengajarkan kepadanya bagaimana 'mendatangi' istrinya. Setelah Adam 'mendatangi' istrinya, Jibril menjumpainya lagi dan bertanya kepadanya: "Bagaimana dengan istrimu?"

Adam menjawab, "Ia orang baik."
halaman ke-1
cover top ayah
يَوۡمَ نَـطۡوِىۡ السَّمَآءَ كَطَـىِّ السِّجِلِّ لِلۡكُتُبِ‌ ؕ كَمَا بَدَاۡنَاۤ اَوَّلَ خَلۡقٍ نُّعِيۡدُهٗ‌ ؕ وَعۡدًا عَلَيۡنَا‌ ؕ اِنَّا كُنَّا فٰعِلِيۡنَ
Ingatlah pada hari langit Kami gulung seperti menggulung lembaran-lembaran kertas. Sebagaimana Kami telah memulai penciptaan pertama, begitulah Kami akan mengulanginya lagi. Suatu janji yang pasti Kami tepati, sungguh, Kami akan melaksanakannya.

(QS. Al-Anbiya:104)
cover bottom ayah
preload video