Kumpulan Artikel: Makam

  • Masjid Nabawi Dikunjungi 20 Juta Jemaah Selama 20 Hari Pertama Ramadan
    Dunia Islam
    Sabtu, 06 April 2024 - 13:27 WIB
    Pihak berwenang menambahkan bahwa tambahan 1.643.288 orang telah mengunjungi makam Nabi Muhammad, yang merupakan bagian integral dari masjid, sementara Al-Rawdah Al-Sharifa telah menerima 655.227 pengunjung.
  • Lebih dari 6 Juta Jemaah Datangi Masjid Nabawi dalam Sepekan
    Dunia Islam
    Senin, 26 Februari 2024 - 15:29 WIB
    Otoritas Umum untuk Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi mengumumkan bahwa Masjid Nabawi menyambut total jemaah 6.000.247 orang pada pekan lalu.
  • Arab Saudi Luncurkan Platform Multibahasa tentang Landmark Kota Madinah
    Dunia Islam
    Jum'at, 23 Februari 2024 - 13:21 WIB
    Pihak berwenang di kota Madinah meluncurkan platform multibahasa yang berfungsi sebagai panduan bagi pengunjung tentang berbagai landmark kota tersebut.
  • Makam Nabi Yaqub dalam Sinagog: Apa Agamanya?
    Hikmah
    Minggu, 05 November 2023 - 07:26 WIB
    Makam Nabi Yaqub dan putranya, Nabi Yusuf, ada di dalam sinagog Hebron, Palestina. Sinagog itu sendiri berada dalam kompleks Masjid Khalil Ibrahim.
  • Begini Kode Etik Pengunjung Makam Nabi Muhammad SAW
    Dunia Islam
    Kamis, 05 Oktober 2023 - 15:21 WIB
    Arab Saudi menekankan umat Islam yang ingin mengunjungi Al Rawda Al Sherifa, tempat makam Nabi Muhammad SAW, di Masjid Nabawi Madinah hendaknya mematuhi kode etik.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Delegasi Muhibah MUI ke Uzbekistan Ziarah ke Makam Imam Bukhari
    Dunia Islam
    Sabtu, 30 September 2023 - 10:11 WIB
    Delegasi Muhibah Majelis Ulama Indonesia (MUI) ke Uzbekistan berziarah ke makam Imam Bukhari, Jumat (29/9/23).
  • Kisah Jendela Depan Makam Nabi SAW yang Tak Pernah Ditutup Selama 14 Abad
    Dunia Islam
    Jum'at, 21 Juli 2023 - 10:22 WIB
    Bagi jemaah haji maupun umrah yang berziarah ke makam Nabi Muhammad SAW ataupun ke Raudhah mungkin pernah melihat ada jendela yang menghadap ke makam Rasulullah.
  • Wapres Maruf Amin Ziarah ke Makam Imam Bukhari di Uzbekistan, Kenang Peran Penting Bung Karno
    Dunia Islam
    Jum'at, 16 Juni 2023 - 04:31 WIB
    Wapres Maruf Amin berziarah ke makam ahli hadist termasyur, Imam Bukhari, di Uzbekistan, Kamis (15/6/2023). Wapres lalu mengenang kisah penemuan makam Imam Bukhari.
  • Doa yang Diajarkan KH Hasyim Asyari ketika Ziarah ke Makam Nabi Muhammad SAW
    Tips
    Jum'at, 02 Juni 2023 - 09:28 WIB
    Jika seseorang tiba di kota Madinah maka disunahkan baginya untuk menziarahi makam Nabi Muhammad SAW, sekaligus juga menziarahi makam dua sahabatnya. Begini doanya.
  • Amalan Agar Dipermudah Menziarahi Makam Rasulullah SAW
    Tausyiah
    Senin, 15 Agustus 2022 - 10:34 WIB
    Salah satu di antara shalawat untuk dipermudahkan berziarah ke makam Rasulullah yang kami terima ijazahnya adalah penggalan shalawat Dalail Khairat yang terdapat pada Hizb Selasa.
  • Sukarno Menemukan Makam Imam Bukhari di Era Uni Soviet?
    Dunia Islam
    Jum'at, 11 Maret 2022 - 13:23 WIB
    Lokasi makam Imam Bukhari berhasil ditemukan lagi meski dalam keadaan terlantar. Untuk menyambut dan menyenangkan hati Sukarno, makam perawi hadis terkemuka itu direnovasi.
  • Pandangan Islam Terkait Rencana Pemindahan Makam Vanessa Angel
    Tips
    Senin, 07 Februari 2022 - 17:42 WIB
    Ayah almarhumah Vanessa Angel berencana memindahkan makam putrinya dari TPU Islam Malaka di Jakarta Selatan ke TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat. Begini pandangan Islam.
  • Pusara Syaikh Abdul Qadir Kedua Terpenting Setelah Makam Nabi Muhammad SAW
    Dunia Islam
    Minggu, 16 Januari 2022 - 15:02 WIB
    Satu penelitian mendapati bahwa makam Abdul Qadir Al-Jilani adalah makam kedua yang terpenting, dilihat dari sudut jumlah peziarah, sesudah makam Nabi Muhammad dan beberapa anggota keluarganya.
  • Kisah Makam Imam Bukhari dan Soekarno
    Dunia Islam
    Selasa, 10 Agustus 2021 - 11:37 WIB
    Kisah makam Imam Bukhari melibatkan nama Presiden Pertama Indonesia, Sukarno. Kisahnya diceritakan dalam buku Dunia dalam Genggaman Bung Karno. Hanya saja, banyak yang meragukan kebenaran kisah tersebut.
  • Tuduhan Palsu: Ibnu Taimiyah Melarang Ziarah Kubur Nabi
    Tausyiah
    Rabu, 10 Maret 2021 - 11:35 WIB
    Yang beliau larang adalah bepergian/safar untuk ziarah. Jadi ziarah kubur itu suatu masalah dan bepergian dalam rangka ziarah kubur itu masalah lain lagi
  • Tabarruk dan Anjuran Ziarah ke Makam Orang Saleh
    Tausyiah
    Selasa, 02 Maret 2021 - 18:07 WIB
    Tabarruk berasal dari kata barokah. Di Indonesia sering disebut dengan ngalap berkah yang artinya mengambil kebaikan dan keberkahan. Berikut anjuran ziarah ke makam orang saleh.
  • Kisah Anak Kecil yang Merindukan Rasulullah SAW
    Hikmah
    Selasa, 10 November 2020 - 11:05 WIB
    Kisah seorang anak kecil yang amat merindukan Baginda Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam terjadi di zaman Syaikh Abdurrahman Ad-Dibai (pengarang Kitab Maulid Ad-Dibai).