Topik Terkait: Hukum Meninggalkan Puasa Ramadan

  • Hukuman Bagi Orang yang Meninggalkan Puasa Ramadan
    Tausyiah
    Kamis, 30 Maret 2023 - 04:00 WIB
    Puasa Ramadan hukumnya wajib bagi setiap muslim dengan memenuhi syarat-syaratnya. Lalu, bagaimana hukuman bagi yang meninggalkan puasa Ramadan?
  • Tidak Puasa bagi Para Pekerja Keras
    Tausyiah
    Rabu, 03 April 2024 - 10:02 WIB
    Umat Islam wajib menjalankan ibadah puasa Ramadan, lalu bagaimana dengan kaum muslim yang meniti karir sebagai atlet sepakbola profesional atau atlet apapun itu terkait dengan kewajiban puasa?
  • Hukum Puasa bagi Ibu Hamil dan Menyusui Menurut 4 Mazhab
    Tips
    Minggu, 02 April 2023 - 12:30 WIB
    Seseorang yang hamil dan menyusui boleh meninggalkan puasa jika ia khawatir akan kesehatan diri dan bayinya. Sama saja apakah bayi yang disusui adalah anak kandungnya atau anak susuan saja.
  • Hukum Tidak Mengganti Puasa Ramadan Bagi Wanita
    Muslimah
    Sabtu, 17 Februari 2024 - 05:15 WIB
    Hukum tidak mengganti puasa Ramadan bagi wanita adalah haram, bila sengaja meninggalkan atau lalai dan tidak dibarengi dengan adanya udzur syari.
  • Pembatal Puasa Ramadan yang Wajib Diketahui
    Tausyiah
    Sabtu, 16 Maret 2024 - 13:52 WIB
    Ketika menjalankan puasa Ramadan, ada beberapa hal yang wajib diketahui terutama dalam perkara pembatal puasa wajib tersebut. Mengapa demikian?
  • 10 Larangan Saat Puasa Ramadan, Nomor Terakhir Sering Diperdebatkan
    Tausyiah
    Selasa, 28 Maret 2023 - 03:02 WIB
    Puasa Ramadan tidak hanya sebatas menahan makan dan minum saja. Ada banyak larangan yang harus dijauhi agar puasa kita bernilai di sisi Allah. Berikut 10 larangan saat puasa Ramadan.
  • Hukum Balas Dendam saat Berbuka Puasa
    Tips
    Senin, 03 April 2023 - 17:33 WIB
    Kebiasaan buruk yang sering kita lakukan saat sedang puasa adalah balas dendam ketika berbuka. Makan terlalu banyak, tidak bisa mengontrol diri, karena tubuh terlalu lemas dan lapar saat siang hari.
  • Inilah Tempat yang Menjalani Puasa Ramadan 2024 Terpendek dan Terpanjang
    Dunia Islam
    Kamis, 29 Februari 2024 - 12:17 WIB
    Tidak lama lagi, bulan suci Ramadan 2024 akan tiba dan umat Islam bersiap menyambutnya dengan suka cita. Perhitungan astronomi memprediksi bulan berpuasa akan dimulai pada 11 Maret 2024.
  • Niat Ganti Puasa Ramadan dan Tata Caranya
    Tips
    Selasa, 27 Februari 2024 - 13:15 WIB
    Disyaratkan berniat di malam hari bagi puasa wajib seperti puasa Ramadan, puasa qadha, atau puasa nazar. Syarat ini berdasar pada hadis Nabi Siapa yang tidak memalamkan niat sebelum fajar, maka tiada puasa baginya.
  • Mengajarkan Anak Puasa Ramadan Sejak Dini
    Muslimah
    Jum'at, 24 Maret 2023 - 09:24 WIB
    Mengajarkan anak untuk berpuasa Ramadan, terutama anak yang belum baligh harus sejak dini. Ini penting, karena merupakan sebuah keteledanan yang harus dilakukan para orang tua.
  • Inilah Bacaan Niat Puasa Ramadan Sebulan Penuh
    Tips
    Selasa, 14 Maret 2023 - 11:37 WIB
    Sebentar lagu bulan Ramadan akan kita masuki, sebagai muslim yang akan melaksanakan ibadah puasa wajib ini diperintahkan untuk membaca niat puasanya. Bagi sebagian umat muslim khususnya yang menganut mazhab Maliki, mereka biasa mengamalkan bacaan niat puasa Ramadan sebulan penuh.
  • Hukum Puasa Setelah Malam Nisfu Syaban
    Tips
    Senin, 06 Maret 2023 - 15:56 WIB
    Terdapat beda pendapat mengenai hukum puasa setelah malam nisfu Syaban, atau pada tanggal 16 Syaban dan seterusnya. Ulama mazhab Syafii mengharamkan.
  • Bacaan Niat Puasa Ramadan Sebulan Penuh Lengkap Arab, Latin dan Artinya
    Tausyiah
    Minggu, 10 Maret 2024 - 08:57 WIB
    Bacaan niat puasa Ramadan sebulan penuh biasanya diamalkan umat muslim yang akan menjalani puasa di Bulan Suci Ramadan. Namun, umumnya yang mengamalkan bacaan niat puasa ini penganut Mazhab Maliki.
  • 8 Keutamaan Puasa Ramadan, Nomor 2 Paling Populer dan Disukai Umat Muslim
    Tausyiah
    Jum'at, 10 Maret 2023 - 15:30 WIB
    Bulan yang dinanti umat Islam sebentar lagi tiba. Berikut keutamaan puasa Ramadan yang patut diketahui kaum muslim sebagai motivasi dan bekal menyiapkan diri menjalankan ibadah puasa.
  • Bacaan Niat Puasa Ganti Ramadan, Lengkap Bahasa Arab, Latin, dan Terjemahan
    Tips
    Rabu, 17 Januari 2024 - 09:43 WIB
    Bacaan niat puasa ganti Ramadan penting untuk diketahui setiap Muslim. Terutama bagi yang masih memiliki utang puasa Ramadan di tahun sebelumnya.
  • 5 Adab Puasa Ramadan yang Bersifat Sunah Nabi SAW
    Tips
    Jum'at, 24 Maret 2023 - 06:14 WIB
    Setidaknya ada 5 adab orang berpuasa yang mesti dijalankan. Adab ini bersifat sunnah Nabi Muhammad SAW. Salah satu adab itu adalah mengakhirkan sahur.
  • Inilah Golongan yang Boleh Tidak Menjalankan Puasa Ramadan, Simak Ya!
    Tausyiah
    Senin, 25 Maret 2024 - 10:04 WIB
    Ternyata ada golongan yang diperbolehkan tidak menjalankan puasa Ramadan lho? Siapakah golongan itu dan bagaimana dalil-dalilnya menurut syariat?
  • Hukum Puasa Syawal saat Masih Menanggung Utang Puasa Ramadan
    Tausyiah
    Minggu, 23 April 2023 - 14:40 WIB
    Para ulama berselisih pendapat dalam masalah, apakah boleh mendahulukan puasa sunah (termasuk puasa enam hari di bulan Syawal) sebelum melakukan puasa qadha Ramadan.
  • Cara Mengenalkan Puasa Ramadan pada Anak
    Muslimah
    Jum'at, 01 Maret 2024 - 13:45 WIB
    Cara mengenalkan puasa Ramadan pada anak penting dipahami oleh para orang tua, terutama pasangan keluarga muslim yang masih memiliki anak usia dini atau anak yang belum baligh.
  • Perhatikan 4 Hal Ini Terkait Niat Puasa Ramadan
    Tausyiah
    Minggu, 10 Maret 2024 - 09:04 WIB
    Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan terkait niat puasa Ramadan yang akan kita jalankan, agar puasa Ramadan benar-benar bernilai ibadah.