Topik Terkait: Seni

  • Wawasan Al-Quran: Ini Ayat-Ayat yang Jadi Dalil Larangan Seni Suara
    Tausyiah
    Sabtu, 25 Juli 2020 - 05:00 WIB
    Al-Quran sendiri memperhatikan nada dan langgam ketika memilih kata-kata yang digunakannya setelah terlebih dahulu memperhatikan kaitan antara kandungan kata dan pesan yang ingin disampaikannya.
  • Arab Saudi akan Gelar Fertival Seni Tradisonal
    Dunia Islam
    Rabu, 16 Agustus 2023 - 14:07 WIB
    Kementerian Kebudayaan Arab Saudi akan menggelar Festival Seni Pertunjukan Tradisional bertajuk Tharaa di Baha dari 28-30 September. Arab News melaporkan Selasa 15 Agustus 2023.
  • Permainan dan Seni, Syaikh Al-Qardhawi: Banyak yang Terjerumus Berlebihan
    Tausyiah
    Jum'at, 14 Juli 2023 - 15:15 WIB
    Kebanyakan manusia terjerumus pada permasalahan antara berlebihan dan mempermudah, mengingat karena masalah permainan dan seni lebih berkaitan dengan perasaan hati nurani daripada akal dan pemikiran.
  • Video Santri Tutup Telinga, Quraish Shihab: Islam Bertemu Seni dalam Jiwa Manusia
    Tausyiah
    Rabu, 15 September 2021 - 19:56 WIB
    Viralnya video yang memperlihatkan santri menutup telinga mereka saat divaksin mengapungkan kembali perdebatan mengenai halal dan haramnya seni musik dan seni suara. Begini pendapat Quraish Shihab.
  • Allah Taala Maha Indah: Lalu, Bagaimana Seni Menurut Al-Quran?
    Tausyiah
    Kamis, 23 Juli 2020 - 05:01 WIB
    Mengapa warna kesenian Islami tidak tampak dengan jelas pada masa Nabi dan para sahabatnya. Bahkan mengapa terasa adanya semacam pembatasan yang menghambat perkembangan kesenian?
  • Pertahankan Warisan Seni Dakwah lewat Musik Karawitan
    Santri
    Selasa, 12 Mei 2020 - 11:13 WIB
    Musik karawitan sebagai kebudayaan masyarakat kini masih dijaga sekelompok anak muda yang menimba ilmu di pondok pesantren (ponpes). Salah satunya santri di Ponpes Al Ikhlas Mulyorejo Panceng Gresik.
  • Festival Al-Ula: Menghidupkan Kembali Seni Kuno Peradaban Masa Lalu
    Dunia Islam
    Rabu, 07 Februari 2024 - 20:37 WIB
    Festival dimulai dari 9 hingga 24 Februari, menampilkan acara-acara unggulan, pameran, dan inisiatif kreatif, dalam upaya untuk mengubah kota kuno Arab Saudi menjadi museum hidup terbuka.
  • Musyahadah Cinta Gus Sastro: Seni Mencintai dan Bertauhid kepada Sang Pencipta
    Dunia Islam
    Rabu, 27 April 2022 - 04:50 WIB
    Sekretaris PP Pagar Nusa Sastro Adi, musisi sekaligus aktivis Lembaga Seni Budaya Muslim Indonesia (Lesbumi) PBNU menyebut, musyahadah cinta sejatinya adalah kisah perjalanan tauhid seorang hamba menuju Tuhannya. Sebuah keniscayaan dalam mencari Tuhan, sebelum ia mengenal jati diri dalam fitrah. sesungguhnya,
  • Wawasan Al-Quran tentang Seni Lukis, Pahat, dan Patung
    Tausyiah
    Jum'at, 24 Juli 2020 - 07:24 WIB
    Patung-patung tersebut, karena tidak disembah atau diduga akan disembah, maka keterampilan membuatnya serta memilikannya dinilai sebagai bagian dari anugerah Ilahi.
  • MAC UI dan Komuji Jakarta Gelar Tadarus Seni Ramadhan 2020
    Tips
    Rabu, 29 April 2020 - 20:55 WIB
    Makara Art Centre (MAC) UI bekerja sama dengan gerakan akuIndonesia dan Komunitas Musisi Ngaji (Komuji) Jakarta akan menyelenggarakan kegiatan Tadarus Seni Ramadhan secara online.
  • Daftar Bisnis yang Diberantas oleh Islam, Seni Ini Salah Satunya
    Tausyiah
    Selasa, 04 Januari 2022 - 16:13 WIB
    Islam memberantas beberapa usaha dan mata pencaharian yang usaha itu di dalamnya mengandung bahaya bagi masyarakat, baik terhadap akidahnya, akhlaknya.
  • Manfaat dan Keindahan dalam Kehidupan Menurut Al-Quran
    Tausyiah
    Senin, 17 Juli 2023 - 05:15 WIB
    Apabila jiwa seni itu adalah bagaimana merasakan adanya keindahan dan menghayatinya, maka itulah yang diingatkan oleh Al Quran untuk diperhatikan, dan Al Quran telah menegaskan dalam banyak ayatnya.
  • Wawasan Al-Qur’an: Haruskah Seni Suara Islami Itu Mesti Berbahasa Arab?
    Tausyiah
    Minggu, 26 Juli 2020 - 05:00 WIB
    Islam, melalui sumber utamanya Al-Quran, bahkan melukiskan dengan sangat indah, kelemahan-kelemahan manusia gejolak nafsu berahi pun ditampilkannya.
  • Hukum Seni Lawak, Al-Qardhawi: Islam Adalah Agama Fitrah
    Tausyiah
    Sabtu, 02 September 2023 - 05:58 WIB
    Sesungguhnya tertawa itu termasuk tabiat manusia. Tertawa itu datang setelah memahami dan mengetahui ucapan yang didengar atau suatu sikap dari gerakan yang dilihat, sehingga ia tertawa karenanya.
  • Lirik Aqidatul Awam, Teks Nadhom Arab,Latin dan Artinya
    Tips
    Jum'at, 22 Maret 2024 - 03:03 WIB
    Aqidatul Awam merupakan salah satu karya penting dalam literatur keagamaan Islam atau nadhom yang disusun oleh Imam Ahmad bin Muhammad Ramadhan bin Manshur al-Makki al-Marzuki al-Maliki al-Husaini al-Hasani.
  • Seni Menghadapi Bala Ketika Menimpa Orang Beriman
    Hikmah
    Kamis, 01 Desember 2022 - 11:28 WIB
    Ujian dalam bahasa arab disebut ibtila. Kata ibtila ini diambil dari kata kerja abtala. Bentuk aslinya adalah bala. Dalam Al-Quran, beberapa kali Allah Subhanahu wa Taala menggunakan kata bala dalam beberapa variasi kata.
  • Syaikh Al-Qardhawi: Larangan Melukis Tidak Jadi Penyebab Terpuruknya Seni Islam
    Tausyiah
    Kamis, 31 Agustus 2023 - 14:10 WIB
    Dilarangnya melukis dan memahat (makhluk hidup) tidak menjadi penyebab terpuruknya dunia seni Islam. Bahkan menjadikan seni Islami memiliki ciri khas yang menarik dan keindahan tersendiri.
  • Beda Pendapat Hukum Seni Musik, Begini Penjelasan Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Selasa, 25 Juli 2023 - 08:21 WIB
    Sebuah pertanyaan yang jawabannya banyak diperselisihkan oleh sebagian besar kaum Muslimin dan menimbulkan sikap yang berbeda-beda dari mereka akibat dari jawaban mereka yang berbeda-beda pula.
  • Arab Saudi Gelar Pameran Seni Fotografi yang Mengeksplorasi Haji
    Dunia Islam
    Senin, 12 Juni 2023 - 10:13 WIB
    Arab Saudi menggelar pameran berjudul Journey Through the Holy Sites di Jeddah, Arab Saudi. Pameran ini menawarkan eksplorasi yang menawan dari pengalaman para peziarah selama haji
  • Hukum Seni Lawak dan Humor: Rasulullah SAW Saja Sering Bergurau
    Tausyiah
    Sabtu, 02 September 2023 - 04:06 WIB
    Rasulullah SAW kadang juga bergurau dan beliau tidak berbicara sesuatu kecuali yang haq. Beliau juga hidup bersama para sahabatnya dengan kehidupan yang fitri dan wajar