Topik Terkait: Belajar Mengajar

  • Belajar Menepati Janji Dari Para Nabi
    Muslimah
    Jum'at, 12 Februari 2021 - 07:08 WIB
    Berjanji atau janji, sebuah kata yang sangat ringan diucapkan namun berat untuk ditunaikan.Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam telah banyak memberikan teladan dalam hal menepati janji ini.
  • Belajar Ilmu Tajwid Mudah dan Lengkap untuk Pemula
    Tips
    Senin, 10 Juli 2023 - 20:55 WIB
    Belajar ilmu Tajwid mudah dan lengkap untuk pemula dapat dipraktikkan langsung. Cukup dengan memahami hukum-hukum Tajwid insya Allah bisa membaca Al-Quran dengan benar.
  • Mengajak Anak Berlatih  dan Belajar Puasa
    Tips
    Sabtu, 17 April 2021 - 08:00 WIB
    Melatih anak kecil yang belum mukallaf (belum baligh) untuk turut beribadah bersama kaum muslimin, merupakan sebuah keteledanan yang harus kita lakukan. Salah satu ibadah tersebut adalah puasa.
  • Belajar dari Kemuliaan Keluarga Imran
    Muslimah
    Sabtu, 17 April 2021 - 06:15 WIB
    Keluarga adalah madrasah iman yang paling utama. Ada sebuah potret istimewa sebuah keluarga yang dicantumkan dalam Al-Quran, yakni keluarga Imran. Apa keistimewaan keluarga ini?
  • Karena Keistimewaannya, Perempuan Dianjurkan Belajar Ilmu Fiqih
    Muslimah
    Senin, 14 Desember 2020 - 19:24 WIB
    Adanya ilmu fiqih perempuan, tentu untuk dipelajari oleh setiap muslimah agar kehidupannya sesuai dengan syariat Islam. Kenapa harus dipelajari dan apa saja yang ada dalam bahasan ilmu fiqih perempuan ini?
  • Sandiaga Uno: Aplikasi Belajar Ngaji Bantu Masyarakat untuk Perdalam Pemahaman terhadap Kalam Illahi
    Dunia Islam
    Rabu, 06 Maret 2024 - 09:25 WIB
    Peluncuran inovasi baru terhadap teknologi Artificial Intelligence (AI) saat ini semakin membantu masyarakat dalam menjalankan kehidupan sehari-hari
  • Renungan: Membunuh dengan Lidah, Belajar dari Kodok Budeg
    Hikmah
    Jum'at, 16 April 2021 - 05:00 WIB
    Sebagian ulama berkata, Seandainya kalian yang membelikan kertas untuk para malaikat yang mencatat amal kalian, niscaya kalian akan lebih banyak diam daripada berbicara.
  • Doa Sebelum Belajar dan Sesudah Belajar, Lengkap dengan Latin dan Artinya
    Tips
    Jum'at, 08 Oktober 2021 - 14:59 WIB
    Bacaan doa sebelum belajar dan sesudah belajar, sangat baik kita ajarkan kepada anak-anak. Doa-doa pendek ini, akan memudahkan, anak-anak kita dalam menerima pelajaran atau ilmu.
  • Para Santri Mengkritik Cara Mengajar Abu Nawas
    Hikmah
    Jum'at, 26 Juni 2020 - 08:05 WIB
    Suatu ketika seorang santri yang lumayan kritis mengkritik gurunya itu. Ia bilang spiritualitas Abu Nawas perlu disesuaikan dengan perkembangan zaman.
  • Cara Jitu agar Anak-anak Mau Belajar dan Mencintai Al-Quran
    Tips
    Rabu, 31 Mei 2023 - 18:42 WIB
    Menanamkan nilai-nilai kecintaan terhadap Al-Quran dapat dimulai sejak dini, mulai dari lingkungan keluarga tercinta. Dan langkah terbaiknya, mendidik anak cinta Al-Quran dimulai oleh orang tuanya.
  • Kisah Imam Malik Ketika Mengajar Bisa Jadi Teladan Para Dai dan Penuntut Ilmu
    Hikmah
    Rabu, 25 Oktober 2023 - 22:09 WIB
    Di antara rahasia kesuksesan para guru dan murid di zaman dulu, adab benar-benar menjadi pondasinya. Berikut kebiasaan Imam Malik saat mengajarkan ilmu layak dijadikan teladan.
  • Belajar Quran Selepas Ramadhan
    Hikmah
    Selasa, 23 Juli 2019 - 17:29 WIB
    Di antara ibadah yang banyak dilakukan dan secara umum frekuensinya meningkat di bulan Ramadhan adalah ibadah tilawah Al-Quran.
  • Cara Mati-Matian Abu Nawas Mengajar Lembu Mengaji Al-Quran
    Hikmah
    Selasa, 01 Februari 2022 - 10:20 WIB
    Baginda menugasi Abu Nawas mengajar lembu mengaji al-Quran dengan ancaman, jika gagal akan dihukum mati. Abu Nawas menyanggupi. Nah, beginilah cara Abu Nawas mengajar lembu.
  • Pentingnya Belajar Islam kepada Guru yang Bersanad dan Bermazhab
    Tausyiah
    Kamis, 30 September 2021 - 22:42 WIB
    Bagaimana cara belajar Islam agar tidak salah jalan? Jawabannya sederhana, belajarlah sesuai ahlus sunnah yang benar dan ambillah ilmu dari guru bersanad dan bermazhab.
  • Belajar Sopan Santun dari Cicit-cicit Rasulullah
    Muslimah
    Senin, 01 Maret 2021 - 17:26 WIB
    Dalam Islam, anjuran berbakti kepada orangtua tidak hanya berlaku pada orangtua kandung saja, melainkan juga kepada orang-orang yang sudah tua atau orang yang lebih tua.
  • Perlunya Muslimah Belajar Ilmu Fiqih, Ini Alasannya!
    Muslimah
    Selasa, 07 Maret 2023 - 11:10 WIB
    Dalam Islam, kaum muslimah memiliki kemuliaan dan keistimewaan tersendiri. Karena keistimewaannya ini, maka ada sebuah cabang ilmu Islam yang mempelajari tentang fiqih perempuan , yang menjelaskan mengenai hukum dan aturan dunia wanita.
  • Bolehkah Perempuan Haid Mengajarkan Al-Quran?
    Muslimah
    Senin, 28 September 2020 - 18:50 WIB
    Sebagai seorang muslim, tentu menjaga kesucian saat aktivitas pengajar juga sangat dianjurkan. Bagi pengajar kaum laki-laki anjuran ini bukanlah persoalan, namun bagaimana dengan pengajar perempuan saat sedang mengalami menstruasi atau haid ?
  • Sambut Ramadan, Aplikasi Belajar Ngaji Diluncurkan
    Dunia Islam
    Rabu, 06 Maret 2024 - 05:58 WIB
    Menyambut bulan suci Ramadan aplikasi bernama ngaji.ai, resmi diluncurkan oleh perusahaan pelopor penerapan teknologi AI (Artifical Intelligence), Vokal.ai.
  • Belajar dari Kisah Nabi Ayyub, Kesabaran Membuahkan Nikmat Berlipat Ganda
    Hikmah
    Rabu, 03 November 2021 - 20:55 WIB
    Nabi Ayyub alaihissalam merupakan salah satu Nabi yang memiliki kesabaran luar biasa atas cobaan yang menimpanya. Berikut kisahnya diabadikan dalam Al-Quran.
  • Belajar dari Thalut, Raja Beriman yang Berhasil Menundukkan Nafsu
    Hikmah
    Senin, 18 Mei 2020 - 20:19 WIB
    Thalut adalah seorang raja beriman pemimpin Bani Israel pada masa Nabi Daud alaihissalam masih remaja. Ada pelajaran berharga dari kisah Raja Thalut melawan Jalut yang zalim.