Kumpulan Artikel: Sejarah Islam (halaman 3)

  • 9 Pelajaran dan Hikmah dari Perang Uhud
    Hikmah
    Selasa, 28 Maret 2023 - 14:27 WIB
    Setidaknya ada 9 pelajaran dan hikmah dari Perang Uhud. Salah satunya, betapa perang ini kita bisa menyaksikan besarnya kecintaan para Sahabat kepada Rasulullah SAW.
  • Sebelum Puasa Ramadan Disyariatkan, Tiap Bulan 3 Hari Puasa
    Hikmah
    Senin, 13 Maret 2023 - 05:15 WIB
    Kewajiban puasa kaum muslim sebelum puasa Ramadan disyariatkan cara berpuasanya tidak sebulan penuh. Mereka melakukan puasa tiga hari setiap bulan.
  • Sunnatullah dalam Al-Quran Menurut KH Ali Yafie
    Tausyiah
    Kamis, 02 Maret 2023 - 12:06 WIB
    KH Ali Yafie mengatakan sunnatullah yang diperkenalkan al-Quran tidaklah terbatas pada ketentuan-ketentuan yang mengatur alam materi saja, tapi juga menjangkau alam nonmateri.
  • Sujud Syukur Dunia Islam saat Al-Fatih Sukses Taklukkan Konstantinopel
    Hikmah
    Senin, 27 Februari 2023 - 05:15 WIB
    Sultan Muhammad Al-Fatih dan pasukannya sukses menaklukkan Konstantinopel pada hari Selasa, tanggal 20 Jumadil Ula 857 H atau bertepatan dengan 29 Mei 1453 M.
  • Cak Nur: Fiqih Sudah Tumbuh Semenjak Masa Nabi
    Tausyiah
    Minggu, 26 Februari 2023 - 14:33 WIB
    Fiqh adalah yang paling kuat mendominasi pemahaman orang-orang Muslim akan agama mereka sehingga, karenanya, paling banyak membentuk bagian terpenting cara berpikir mereka.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Kisah Kegagalan Penaklukan Konstantinopel sebelum Al-Fatih
    Dunia Islam
    Kamis, 23 Februari 2023 - 15:41 WIB
    Jauh sebelum penguasa Utsmani, Sultan Muhammad Al-Fatih, menaklukkan Konstantinopel pada tahun 1453, sudah beberapa kali kaum Muslimin berusaha menaklukkan wilayah Nasrani tersebut.
  • Kisah Al-Fatih sang Penakluk Tegakkan Keadilan, Nyaris Hukum Mati Putranya
    Dunia Islam
    Senin, 20 Februari 2023 - 14:16 WIB
    Sultan Muhammad Al-Fatih atau Mehmed Sang Penakluk dikenal sebagai pemimpin yang senantiasa menegakkan keadilan. Beliau sangat memperhatikan terpeliharanya keadilan di seluruh Utsmani.
  • Sejarah Peringatan Nisfu Syaban dan Pencetusnya
    Hikmah
    Senin, 13 Februari 2023 - 15:15 WIB
    Sejarah peringatan Nisfu Syaban dan pencetusnya selalu menjadi perhatian menjelang Ramadan. Hal ini boleh jadi karena adanya polemik mengenai hadis yang menjadi sandarannya.
  • Keturunan Abu Bakar As-Shiddiq Ini Guru Spiritual Al-Fatih sang Penakluk Konstantinopel
    Dunia Islam
    Minggu, 12 Februari 2023 - 13:31 WIB
    Syaikh Aaq Syamsuddin adalah salah satu tokoh di balik sukses Sultan Muhammad Al-Fatih atau Sultan Mehmed II. Keturunan Abu Bakar Ash-Shiddiq ini menjadi penasihat spiritual Sang Penakluk Konstantinopel tersebut.
  • Kebijakan 2 Khalifah Dinasti Umayyah yang Tetap Berpengaruh hingga Kini
    Hikmah
    Minggu, 05 Februari 2023 - 14:22 WIB
    Ada dua khalifah di era Bani Umayyah yang dicatat sejarah paling legendaris, selain Muawiyah. Jasa mereka dikenang dan masih membekas sampai kini. Mereka adalah Abd al-Malik dan Umar bin Abdul Aziz.
  • Al-Fitnat Al-Kubra: Kisah Syahidnya Utsman bin Affan Disusul 5 Tahun Perang Saudara
    Hikmah
    Jum'at, 03 Februari 2023 - 17:27 WIB
    Akumulasi dari semua ketidakpuasan terhadap Utsman bin Affan sebagian bukan karena kesalahan Utsman sendiri berakhir dengan pembunuhan Khalifah, lalu disusul 5 tahun perang saudara.
  • Mengenal Khalifah Abu Abbas As-Saffah, Pendiri Dinasti Abbasiyah
    Dunia Islam
    Sabtu, 28 Januari 2023 - 23:24 WIB
    Berdirinya Dinasti Abbasiyah sebagai kekhalifahan Islam ketiga tak lepas dari sosok Abdullah bin Muhammad atau dikenal dengan Abu Abbas As-Saffah.
  • Kisah Isra dan Mikraj Menurut Sayyid Jafar Barzanji
    Hikmah
    Rabu, 25 Januari 2023 - 11:58 WIB
    Sayyid Jafar Barzanji (1690-1764) menuliskan 21 ayat tentang Isra Mikraj dalam Kitab Barzanji. Di situ antara lain digambarkan bahwa Nabi Muhammad bertemu Nabi Isa di langit kedua.
  • Kapan Isra dan Mikraj Terjadi? Berikut Ini Pendapat Para Ulama
    Hikmah
    Rabu, 25 Januari 2023 - 11:29 WIB
    Isra dan Mikraj selalu diperingati kebanyakan umat Islam pada bulan Rajab, yakni 27 Rajab. Padahal, para ulama terdahulu berbeda pendapat mengenai kapan waktu kejadian peristiwa penting itu.
  • Tanggapan Montgomery Watt tentang Kolusi Kaum Orentalis dengan Kolonialis untuk Hancurkan Islam
    Dunia Islam
    Sabtu, 21 Januari 2023 - 11:48 WIB
    Sebagian umat Islam menuduh kaum orientalis barat berkolusi dengan para kolonialis dalam mencoba memperlemah atau menghancurkan Islam.. Begini tanggapan Montgomery Watt.
  • Dinasti Mamluk: Sejarah, Perluasan Wilayah dan Keruntuhan
    Hikmah
    Selasa, 10 Januari 2023 - 22:59 WIB
    Dinasti Mamluk atau Mamalik merupakan salah satu dinasti berpengaruh dalam sejarah peradaban Islam, khususnya di wilayah Mesir dan sekitarnya.
  • Sejarah Perang Khandaq: 3.000 Muslim Pukul Mundur 10.000 Pasukan Kafir
    Hikmah
    Selasa, 10 Januari 2023 - 14:46 WIB
    Sejarah Perang Khandaq menorehkan citra positif bagi umat Islam, kala itu. Perang ini juga dikenal sebagai Pertempuran Al-Ahzab dan Pertempuran Konfederasi.
  • Dinasti Ayyubiyah: Sejarah, Peradaban dan Keruntuhannya
    Dunia Islam
    Minggu, 01 Januari 2023 - 14:30 WIB
    Dinasti Ayyubiyah merupakan salah satu dinasti yang pernah eksis dan berpengaruh dalam sejarah peradaban Islam. Kerajaan Islam ini muncul setelah runtuhnya Dinasti Fatimiyah.
  • Kisah Penaklukan Islam ke Prancis, Andalusia, dan Spanyol Islam
    Dunia Islam
    Minggu, 01 Januari 2023 - 08:09 WIB
    Penaklukan Islam atas semenanjung Iberia merupakan kelanjutan dari penaklukan Islam atas Afrika Utara. Penaklukan-penaklukan ini terjadi sebagai hasil dari ekspedisi-eksedisi militer.
  • Kekhalifahan Dinasti Fatimiyah : Pendiri, Sejarah, dan Kekayaan
    Dunia Islam
    Sabtu, 31 Desember 2022 - 01:01 WIB
    Disebut Dinasti Fatimiyah karena dinasti ini dinisbatkan kepada Fatimah Zahra putri Nabi Muhammad Shallalahu Alaihi wa Sallam dan sekaligus istri Ali bin Abi Thalib Radhiallahuanhu.