Kumpulan Artikel: Faedah Surat Al Kautsar

  • 8 Keutamaan Surat Al Kautsar, dari Penyembuh Penyakit Hingga Penghilang Dahaga
    Hikmah
    Rabu, 30 Agustus 2023 - 11:35 WIB
    Surat Al Kautsar merupakan surat terpendek dalam Al-Quran karena hanya terdiri dari tiga ayat saja. Namun, surat Al-Kautsar ternyata memiliki keutamaan dan faedah yang banyak.
  • Memahami Makna Al-Kautsar dalam Surat Al-Kautsar
    Tausyiah
    Sabtu, 19 Agustus 2023 - 23:05 WIB
    Makna Al-Kaustar dalam Surat Al-Kautsar penting diketahui kaum muslim. Surat Al-Kautsar termasuk surat-surat pendek terdiri 3 ayat, namun kandungannya sangat agung.
  • Surat Al-Kautsar Lengkap Arab Latin, Terjemahan dan Keutamaan
    Tips
    Rabu, 21 Juni 2023 - 19:06 WIB
    Surat Al-Kautsar lengkap Arab latin dan sangat baik dibaca setiap hari. Meski termasuk surat pendek, Surat Al-Kautsar adalah penghibur hati Nabi Muhammad SAW.
  • Hukum Bacaan Tajwid Surat Al Kautsar 1 sampai 3
    Tips
    Rabu, 07 Juni 2023 - 17:42 WIB
    Terdapat sejumlah hukum bacaan tajwid di surat Al Kautsar ayat 1 sampai 3 yang perlu diperhatikan umat muslim ketika membaca ayat suci Al Quran.
  • Kisah Rasulullah Tersenyum Ketika Menerima Surat Ini
    Hikmah
    Senin, 06 Juni 2022 - 15:30 WIB
    Rasulullah SAW menerima wahyu Al-Quran dari Allah Taala terjadi secara berangsur dan bertahap selama 23 tahun. Inilah surat yang membuat Rasulullah tersenyum.
  • cover top ayah
    وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
    Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

    (QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
    cover bottom ayah
  • Surat yang Membuat Nabi Muhammad Tersenyum Bahagia
    Tausyiah
    Selasa, 21 Desember 2021 - 23:09 WIB
    Meski terdiri dari tiga ayat, surat ini dikenal sebagai penghibur hati Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. Beliau tersenyum bahagia ketika surat ini diturunkan oleh Allah.
  • Surat Terpendek di Al Quran : Surat Al-Kautsar,  3 Ayat yang Memiliki Banyak Faedah
    Tips
    Jum'at, 06 Agustus 2021 - 13:27 WIB
    Surat terpendek di Al Quran adalah surat Al-Kautsar, yang hanya terdiri dari tiga ayat saja. Surat ini merupakan surat ke-108 dalam Al-Quran yang diturunkan di Makkah.
  • Surat Al-Kautsar, Surat Terpendek yang Keutamaannya Banyak
    Muslimah
    Rabu, 30 September 2020 - 08:26 WIB
    Surat ini merupakan surat terpendek dalam Al-Quran karena hanya terdiri dari tiga ayat saja. Namun, surat Al-Kautsar ternyata memiliki keutamaan dan faedah yang banyak.