Topik Terkait: Hati Adalah Alqalb

  • Melihat Kondisi Hati sebagai Parameter Amal
    Muslimah
    Jum'at, 09 Oktober 2020 - 07:45 WIB
    Ketahuilah bahwa hati disebut al-qalb karena proses perubahannya (at taqallub) begitu cepat. Nabi Shallallahu alaihi wa sallam menyebut hati dengan berbagai perumpamaan.
  • Obat Bagi Semua Penyakit Hati Manusia adalah Ilmu
    Muslimah
    Sabtu, 09 Januari 2021 - 05:00 WIB
    Uuntuk bisa menyembuhkan penyakit hati yang menghalangi iman yang sempurna dan takwa yang hakiki ini -dengan izin Allah Subhanahu wa Taala- tidak lain adalah ilmu yang bermanfaat.
  • Hati adalah Sumber Kebaikan dan Keburukan Amal Perbuatan, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Rabu, 27 September 2023 - 14:25 WIB
    Salah satu pelajaran yang dapat dipetik dari hadis dari Abi Abdullah Numan bin Basyir ra adalah, bahwa sumber kebaikan dan keburukan amal perbuatan adalah pada hati.
  • Penyakit Hati dan Obat Penawarnya
    Tausyiah
    Selasa, 07 Juli 2020 - 05:05 WIB
    Jiwa manusia membutuhkan santapan dan nutrisi. Hal ini dapat dipenuhi dengan melakukan amalan-amalan hati sehingga mampu menjernihkan jiwa dan menyegarkan amal ibadah.
  • Bagaimana Ciri-ciri Hati yang Sehat dalam Islam? Begini Penjelasan Ulama
    Tausyiah
    Kamis, 25 Mei 2023 - 10:54 WIB
    Manusia seringkali melalaikan tentang perkara hati. Padahal hatiadalah penentu baik buruknya perilaku mereka.Jika hatinya lurus (sehat), maka perilakunya juga baik, begitu juga sebaliknya.
  • Ibarat Air Bagi Ikan, Zikir Adalah Nutrisi Bagi Hati
    Tausyiah
    Senin, 28 September 2020 - 10:03 WIB
    Zikir (dzikrullah) merupakan wujud ketakwaan dan penghambaan kepada Allah Azza wa Jalla. Zikir artinya mengingat, memperhatikan, mengenang, dan mengambil pelajaran.
  • 3 Tanda Hati Bercahaya, Nomor Terakhir Jarang Diketahui
    Tausyiah
    Minggu, 14 Agustus 2022 - 23:49 WIB
    Habib Ali Zainal Abidin Al-Hamid menyebutkan ada tiga tanda hati bercahaya. Seperti apa tanda hati bercahaya? Mari kita simak penjelasan berikut.
  • Mengapa Hati Suka Gelisah? 8 Perkara Ini Jadi Penyebabnya Menurut Islam
    Tips
    Selasa, 03 Oktober 2023 - 14:43 WIB
    Pernah merasakah hati gelisah? Pasti semua orang telah mengalaminya. Lantas apa penyebab kegelisahan hati ini? Bagaimana pula Islam memandang tentang hati gelisah tersebut?
  • Waspada, Penyakit Mematikan Ini  Sering Menyerang Hati Perempuan
    Muslimah
    Selasa, 25 Agustus 2020 - 05:37 WIB
    Di antara penyakit mematikan yang menyerang hati sebagian kaum perempuan adalah sombong, merasa lebih tinggi dari orang lain, berbangga diri dan merendahkan orang lain. Sombong merupakan dosa yang dibenci Allah Taala.
  • 7 Tanda Hati Sudah Mati, Nomor 2 Sering Tak Disadari
    Tausyiah
    Sabtu, 02 Juli 2022 - 01:08 WIB
    Hati (qalbu) adalah anggota tubuh yang wajib dijaga karena Allah tidak melihat rupa dan harta seseorang, melainkan melihat hati dan amalannya. Berikut 7 tanda hati sudah mati.
  • Hati-hati,  Penyakit Hati Ini Sering Tak Sadar Dilakukan!
    Muslimah
    Minggu, 13 September 2020 - 17:36 WIB
    Muslimah, seringkali saat kita bergaul dan berinteraksi dengan banyak orang, tanpa disadari ternyata banyak mengalir dosa, mulai dari menggunjingkan tetangga, membanggakan dan memamerkan diri (riya), berbohong, dan perbuatan tidak terpuji lainnya.
  • Dengki dan Kebencian: Amalan Hati yang Berbahaya, Ini Dalilnya
    Tausyiah
    Senin, 11 Mei 2020 - 17:09 WIB
    Amalan hati yang berbahaya selain kesombongan adalah kedengkian dan kebencian. Kedengkian dan kebencian merupakan salah satu penyakit umat yang sangat berbahaya
  • Inilah 10 Ciri Hati yang Sehat, Nomor Terakhir Selalu Ingin Memperbaiki Amal
    Hikmah
    Jum'at, 14 Juli 2023 - 20:15 WIB
    Manusia seringkali melalaikan tentang perkara hati. Padahal hati adalah penentu baik buruknya perilaku mereka.Jika hatinya lurus (sehat), maka perilakunya juga baik, begitu juga sebaliknya.
  • Doa Meluluhkan Hati Seseorang Lengkap dengan Latinnya
    Tips
    Selasa, 10 Agustus 2021 - 11:50 WIB
    Doa meluluhkan hati seseorang dapat diamalkan manakala kita menginginkan kebaikan yang dapat mendatangkan ridho Allah. Berikut doanya lengkap dengan bacaan latinnya.
  • Doa Agar Disucikan dari Penyakit Hati
    Tips
    Rabu, 17 Mei 2023 - 09:30 WIB
    Berikut adalah doa agar kita selalu diberi hati yang bersih, senantiasa berzikir dan bertakwa kepada Allah serta disucikan dari penyakit hati seperti ingin dipuji, dengki, sombong, dendam dan lain sebagainya.
  • 4 Doa Pembuka Hati agar Dilapangkan dan Dibuka Pintu Hidayah
    Tips
    Rabu, 11 Januari 2023 - 09:41 WIB
    Baik atau buruknya seluruh anggota badan manusia tergantung dari baik atau buruknya hati. Karena itu, hati perlu mendapat asupan doa.
  • Tanda-tanda dan Golongan Hati Manusia yang Wajib Diketahui
    Muslimah
    Sabtu, 03 Oktober 2020 - 05:43 WIB
    Muslimah, di manakah golongan hati kita ini? Sudahkah hati kita termasuk golongan hati yang sehat atau sebaliknya hati yang sakit bahkan hati yang sudah mati?
  • Doa Ampuh Saat Sakit Hati, Yuk Amalkan!
    Tips
    Kamis, 05 Oktober 2023 - 12:40 WIB
    Apabila sakit hati masih mengayomi isi hati dan pikiran, lebih baik membaca doa supaya dijauhkan dari perbuatan yang dapat merusak keimanan kita sebagai seorang muslim.
  • 7 Cara Terapi Menghilangkah Kegelisahan Hati
    Muslimah
    Jum'at, 01 Januari 2021 - 18:01 WIB
    Hati dan pikiran yang gelisah tidak boleh terlalu lama dibiarkan karena dapat mengikis keimanan. Karena, hawa nafsu tak kalah sengit menggoda hati untuk condong pada kenikmatan sementara yang justru bisa membinasakannya.
  • Tips Cara Melembutkan Hati, Nomor 4 Terkait Pertemanan
    Tips
    Rabu, 15 Maret 2023 - 14:15 WIB
    Ketika seorang muslim malas melakukan ketaatan dan ibadah kepada Allah Subhanahu wa Tala, lalu sulit terenyuh, maka perlu diwaspadai, karena bisa jadi itu adalah tanda mengerasnya hati.