Kumpulan Artikel: Quraish Shihab (halaman 2)

  • Sejarah Nuzulul Quran: Memblokade Paham-Paham Jahiliah
    Tausyiah
    Senin, 18 Maret 2024 - 14:27 WIB
    Sejarah nuzulul Quran atau turunnya Al-Quran terbagi dalam 2 periode. Menurut para ulama Ulum Al-Quran, periode pertama adalah periode sebelum hijrah. Kedua, periode sesudah hijrah.
  • Sejarah Nuzulul Quran, Periode Pertama: Ayat-Ayat Bimbingan kepada Nabi Muhammad SAW
    Tausyiah
    Senin, 18 Maret 2024 - 14:14 WIB
    Sejarah nuzulul Quran atau turunnya Al-Quran terbagi dalam 2 periode. Menurut para ulama Ulum Al-Quran, periode pertama adalah periode sebelum hijrah. Kedua, periode sesudah hijrah
  • Meneladani Sifat Allah: Menghadirkan Tuhan dalam Kesadaran
    Tausyiah
    Senin, 18 Maret 2024 - 04:00 WIB
    Al-Quran juga memerintahkan Nabi SAW untuk menyampaikan, Apakah aku jadikan pelindung selain Allah yang menjadikan langit dan bumi padahal Dia memberi makan dan tidak diberi makan...? (QS Al-Anam 6: 14).
  • Bertakwa Mengandung Arti Perintah Menghindarkan Diri dari Siksa Allah
    Tausyiah
    Minggu, 17 Maret 2024 - 06:12 WIB
    Perlu disisipkan kata atau kalimat untuk meluruskan maknanya. Misalnya kata siksa atau yang semakna dengannya, sehingga perintah bertakwa mengandung arti perintah untuk menghindarkan diri dari siksa Allah.
  • Tujuan Berpuasa Laallakum Tattaqun, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Minggu, 17 Maret 2024 - 05:15 WIB
    Muhammad Quraish Shihab mengatakan secara jelas Al-Quran menyatakan bahwa tujuan puasa yang hendaknya diperjuangkan adalah untuk mencapai ketakwaan atau laallakum tattaqun.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Aspek Hukum Puasa: Pengertian Malam, Benarkah setelah Matahari Terbenam?
    Tausyiah
    Jum'at, 15 Maret 2024 - 08:12 WIB
    Puasa dimulai dengan terbitnya fajar, dan berakhir dengan datangnya malam. Persoalan yang juga diperbincangkan oleh para ulama adalah pengertian malam.
  • Aspek Hukum Puasa: Imsak Hanya sebagai Peringatan dan Persiapan
    Tausyiah
    Jum'at, 15 Maret 2024 - 07:03 WIB
    Pada zaman Nabi, beberapa saat sebelum fajar, Bilal mengumandangkan azan, namun beliau mengingatkan bahwa bukan itu yang dimaksud dengan fajar yang mengakibatkan larangan makan dan minum.
  • Aspek Hukum Puasa: Keluar Sperma karena Mencium Istri di Siang Hari
    Tausyiah
    Kamis, 14 Maret 2024 - 14:55 WIB
    Walaupun ayat ini tak melarang ciuman, atau pelukan antar suami-istri, namun para ulama mengingatkan bahwa hal tersebut bersifat makruh, khususnya bagi yang tidak dapat menahan diri.
  • Aspek Hukum Puasa: Mereka yang Boleh Membayar Fidyah jika Tidak Berpuasa
    Tausyiah
    Kamis, 14 Maret 2024 - 14:44 WIB
    Orang-orang tua atau orang yang mempunyai pekerjaan yang sangat berat, sehingga puasa sangat memberatkannya, sedang ia tidak mempunyai sumber rezeki lain kecuali pekerjaan itu.
  • Aspek Hukum Puasa: Zhahiriyah dan Syiah Mewajibkan Berbuka bagi Musafir
    Tausyiah
    Kamis, 14 Maret 2024 - 14:34 WIB
    Ulama-ulama Zhahiriyah dan Syiah mewajibkan berbuka bila dalam perjalanan, antara lain berdasar firman-Nya: Awala safarin Fa iddatun min ayyamin ukhar.
  • Beberapa Aspek Hukum Berkaitan dengan Puasa: Bagi Orang yang Sedang Musafir
    Tausyiah
    Rabu, 13 Maret 2024 - 05:15 WIB
    Menurut Quraish, ulama-ulama berbeda pendapat tentang bolehnya berbuka puasa bagi orang yang sedang musafir. Perbedaan tersebut berkaitan dengan jarak perjalanan
  • Beberapa Aspek Hukum Berkaitan dengan Puasa: Jika Menderita Sakit
    Tausyiah
    Rabu, 13 Maret 2024 - 04:00 WIB
    Quraish menjelaskan sebagian ulama menyatakan bahwa penyakit apa pun yang diderita oleh seseorang, membolehkannya untuk berbuka.
  • Kewajiban Puasa Ditetapkan secara Bertahap? Begini Penjelasan Quraish Shihab
    Tausyiah
    Rabu, 13 Maret 2024 - 03:00 WIB
    Ini berarti bahwa puasa Ramadan baru diwajibkan setelah Nabi SAW tiba di Madinah, karena ulama Al-Quran sepakat bahwa surat Al-Baqarah turun di Madinah.
  • Puasa Dipersamakan dengan Sikap Sabar, Begini Penjelasan Quraish Shihab
    Hikmah
    Selasa, 12 Maret 2024 - 02:00 WIB
    Quraish Shihab mengatakan puasa dipersamakan dengan sikap sabar, baik dari segi pengertian bahasa (keduanya berarti menahan diri) maupun esensi kesabaran dan puasa.
  • Marhaban ya Ramadan: Mengapa bukan Ahlan wa Sahlan? Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Senin, 11 Maret 2024 - 16:28 WIB
    Walaupun keduanya berarti selamat datang tetapi penggunaannya berbeda. Para ulama tidak menggunakan ahlan wa sahlan untuk menyambut datangnya bulan Ramadan, melainkan marhaban ya Ramadhan.
  • Kesejahteraan Sosial Dimulai dengan Islam, Berikut Ini Penjelasannya
    Tausyiah
    Selasa, 16 Januari 2024 - 10:42 WIB
    Kesejahteraan sosial dimulai dari perjuangan mewujudkan dan menumbuhsuburkan aspek-aspek akidah dan etika pada diri pribadi, karena dari diri pribadi yang seimbang akan lahir masyarakat seimbang.
  • Rumusan Kesejahteraan Menurut Al-Quran, Begini Penjelasan Quraish Shihab
    Tausyiah
    Selasa, 16 Januari 2024 - 10:27 WIB
    Sebagian pakar berpendapat bahwa kesejahteraan sosial yang didambakan Al-Quran tecermin dari surga yang dihuni oleh Adam dan istrinya, sesaat sebelum turunnya mereka melaksanakan tugas kekhalifahan di bumi.
  • Keadilan Sosial Bukan Mempersamakan Semua Anggota Masyarakat
    Tausyiah
    Selasa, 16 Januari 2024 - 05:15 WIB
    Quraish Shihab mengatakan keadilan sosial bukan mempersamakan semua anggota masyarakat, melainkan mempersamakan mereka dalam kesempatan mengukir prestasi.
  • Keadilan Lebih Utama Ketimbang Ihsan, Begini Penjelasan Quraish Shihab
    Tausyiah
    Senin, 15 Januari 2024 - 15:18 WIB
    Al-Quran menetapkan salah satu sendi kehidupan bermasyarakat adalah keadilan. Berbuat baik melebihi keadilan akan dapat menggoyahkan sendi-sendi kehidupan bermasyarakat.
  • Persoalan Keadilan Ilahi Bukan Problem Nalar tapi Problem Rasa
    Tausyiah
    Sabtu, 13 Januari 2024 - 18:32 WIB
    Apakah nalar manusia menginginkan agar Tuhan tidak menciptakan manusia sama sekali? Jangan berkeinginan seperti itu, karena ini bertentangan dengan makna kekuasaan-Nya.