Topik Terkait: Pentingnya Menjaga Salat

  • Pentingnya Muslimah Menjaga Pandangan, Begini Penjelasannya
    Muslimah
    Rabu, 07 September 2022 - 12:07 WIB
    Tidak selalu perempuan belum menikah yang sulit menjaga pandangan, namun juga perempuan-perempuan sudah menikah, seperti dialami oleh Zhulaika terhadap Nabi Yusuf.
  • Tumaninah dalam Salat, Rukun Salat yang Sering Dilalaikan
    Tips
    Jum'at, 03 November 2023 - 13:15 WIB
    Tumaninah atau tenang ketika salat adalah salah satu rukun dari rukun-rukun salat. Tidak sah salat apabila tidak tumaninah. Kenapa demikian?
  • Keutamaan Salat Awwabin, Salat Sunah yang Pahalanya Luar Biasa
    Hikmah
    Minggu, 09 Juli 2023 - 17:14 WIB
    Salat sunnah Awwabin adalah salat yang dikerjakan antara salat Maghrib dan Isya. Salat sunnah Awwabin dikerjakan 2, 4 atau 6 rakaat. Paling banyak 20 rakaat dengan sepuluh kali salam.
  • 6 Perkara yang Makruh Dalam Salat
    Tausyiah
    Senin, 25 Januari 2021 - 21:10 WIB
    Apabila salatnya baik, maka baiklah pulalah seluruh amalnya yang lain. Dan jika salatnya rusak maka rusak pula amalnya yang lain. Berikut perkara makruh dalam salat.
  • Tadabur Surat An-Nur Ayat 33 : Pentingnya Menjaga Kehormatan Sebelum Menikah
    Tausyiah
    Rabu, 20 Desember 2023 - 11:37 WIB
    Jalan penting dan utama untuk orang-orang yang belum memiliki kemampuan untuk menikah adalah harus menjaga kehormatannya, di antaranya dengan menjaga pandangan mata, berpuasa, atau menyibukkan diri dengan aktifitas yang bermanfaat.
  • Surat Ibrahim : Pentingnya Bersyukur
    Tips
    Kamis, 12 Agustus 2021 - 12:35 WIB
    Surat Ibrahim : pentingnya bersyukur, ditekannya dalam ayat 7. Dalam ayat tersebut, Allah Subhanahu wa taala memerintahkan setiap muslim agar senantiasa bersyukur.
  • Apakah Salat Mesti Dikerjakan Berjamaah?
    Tausiyah
    Kamis, 09 Mei 2019 - 21:18 WIB
    Umat Islam wajib melaksanakan salat wajib 5 (lima) waktu sehari-semalam (17 rakaat) sebagaimana disyariatkan dalam Alquran dan Sunnah Nabi.
  • Hukum dan Jenis Gerak dalam Salat, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Selasa, 27 Februari 2024 - 18:08 WIB
    Bolehkah bergerak-gerak dalam salat? Bagaimana hukumnya bila melakukan gerakan-gerakan tersebut seperti menggaruk (kukur-kukur: Jawa), merapikan pakaian, memukul nyamuk, dan lain sebagainya
  • 10 Faedah Menjaga Pandangan Menurut Ibnu Qayyim
    Muslimah
    Minggu, 15 November 2020 - 07:06 WIB
    Menjaga pandangan mata diperintahkan agama Islam agar pemeluknya terhindar dari dosa, maksiat, ataupun marabahaya lain. Bentuk-bentuk penjagaan Islam ini terdiri dari penjagaan atas akidah, akal, harta, jiwa dan menjaga keturunan.
  • Terhindar dari Azab Kubur karena Menjaga Amalan Ini
    Hikmah
    Jum'at, 07 Mei 2021 - 14:54 WIB
    Ulama faqih yang tinggal di Kufah Irak bernama Sulaiman bin Mihran Al-Amasy (wafat 764) dikenal sebagai orang yang selalu menjaga kesucian dirinya.
  • Hukum Salat dengan Pakaian yang Tipis
    Muslimah
    Selasa, 02 Februari 2021 - 08:07 WIB
    Busana yang dikenakan untuk muslim dan muslimah sangat terkait dengan pelaksanaan ibadah di dalamnya, misalnya saat hendak salat. Bolehkah salat dengan pakaian tipis?
  • 9 Keutamaan Salat Tahajud, 5 di Antaranya Diraih di Dunia
    Tausyiah
    Minggu, 07 Februari 2021 - 22:36 WIB
    Tahajud berasal dari kata Tahajjada yang berarti bangun dari tidur. Salat ini mungkin terasa berat, tetapi keutamaannya sangat dahsyat. Berikut 9 keutamaannya.
  • Salat Id, Tanpa Azan dan Iqamah Juga Tanpa Salat Qabliyah dan Ba’diyah
    Tips
    Kamis, 21 Mei 2020 - 16:50 WIB
    Salat Idul Fitri maupun Salat Idul Adha tidak didahului azan dan iqamah, juga tanpa salat qabliyah sebelum salat id, dan badiyah setelah salat Id.
  • Tata Cara Salat Sunnah Taubat Berikut Doanya
    Tausyiah
    Kamis, 04 Februari 2021 - 21:52 WIB
    Salat Sunnah Taubah (Tobat) adalah salat sunnah yang dicintai Allah Taala. Salat tobat ini disebut juga permohonan ampunan kepada Allah atas dosa yang dilakukan seorang hamba.
  • Salat Id di Rumah, Buya Yahya: Lakukan Seperti Salat Subuh
    Tausyiah
    Kamis, 16 April 2020 - 21:34 WIB
    Hukum salat id adalah sunnah muakkadah (sangat dianjurkan). Bisa dilakukan di mana saja. Di saat tidak bisa di masjid, disunahkan melaksanakan di rumah masing-masing.
  • Waktu-waktu yang Diharamkan Mengerjakan Salat
    Tausyiah
    Rabu, 20 Januari 2021 - 15:22 WIB
    Mengerjakan salat di awal waktu adalah ibadah yang sangat dicintai Allah dan Rasul-Nya. Berikut waktu-waktu yang diharamkan untuk mengerjakan salat.
  • 4 Kiat agar Salat Tahajud Terasa Ringan, Nomor Terakhir Dinikmati dengan Hati
    Tips
    Jum'at, 30 Juni 2023 - 16:15 WIB
    Salat tahajud dapat dilakukan kapan pun di malam hari setelah waktu salat isya hingga masuk waktu sholat subuh. Namun, waktu yang terbaik bagi umat muslim untuk mengerjakannya adalah sepertiga akhir pada malam hari yakni sekitar pukul 01.00 hingga 04.00.
  • Menjaga Pandangan Menurut Syaikh Yusuf al-Qardhawi
    Muslimah
    Sabtu, 11 Desember 2021 - 05:10 WIB
    Dalam ajaran Islam, diperintahkan untuk menjaga pandangan. Pandangan yang dimaksud tersebut adalah menundukkan pandangan (ghadhdhul bashar), yang diiringi dengan perintah memelihara kemaluan (hifzhul farj)
  • Inilah Rahasia Salat Dhuha yang Perlu Diketahui Umat Muslim
    Tips
    Senin, 23 Oktober 2023 - 09:30 WIB
    Salat Dhuha merupakan ibadah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah shollallahu alaihi wasallam. Kenapa dianjurkan? Karena ternyata ada rahasia dan keutamaan yang besar dalam salat sunah ini.
  • Hukum Seputar Salat: Bersedekap Setelah I’tidal, Apa Dasarnya?
    Tausyiah
    Jum'at, 12 Februari 2021 - 13:46 WIB
    Dapat ditarik kesimpulan bahwa pada saat itidal yang disunnahkan adalah melepaskan kedua tangan. Adapun apabila yang bersedekap tidak sampai membatalkan salat.