Topik Terkait: Keindahan Alam

  • Syaikh Al-Qardhawi: Orang Beriman Itu Memiliki Rasa Keindahan terhadap Alam
    Tausyiah
    Selasa, 18 Juli 2023 - 05:15 WIB
    Sesungguhnya Al-Quran itu ingin menanamkan di dalam pikiran setiap mukmin dan di dalam hatinya rasa keindahan yang terbentang di seluruh penjuru dunia, baik dari atas, dari bawah maupun dari sekelilingnya.
  • Ungkapkan Keindahan, Syaikh Al-Qardhawi: Rasulullah SAW Pernah Gunakan Syair saat Berdalil
    Tausyiah
    Senin, 24 Juli 2023 - 05:15 WIB
    Rasulullah SAW juga pernah mempergunakan sebuah syair sebagai dalil, dalam sabdanya, Perkataan yang paling benar diucapkan oleh penyair adalah perkataan Lubaid:
  • Doa Melihat Keindahan Ciptaan Allah dan Sesuatu yang Menakjubkan
    Tips
    Rabu, 19 Oktober 2022 - 23:57 WIB
    Doa ketika melihat keindahan ciptaan Allah baik pemandangan alam atau sesuatu yang menakjubkan perlu diketahui umat Islam. Doa ini termasuk dzikir yang disunnahkan.
  • Ujian di Alam Kubur, Bisa Jadi Taman Surga Atau Lubang Neraka
    Hikmah
    Selasa, 07 Juni 2022 - 13:45 WIB
    Apabila seseorang selamat di alam kubur maka setelahnya akan lebih mudah bagi dia. Nabi shallallahu alaihi wasallam mengingatkan manusia tentang fitnah kubur.
  • Doa Rasulullah Saat Terjadi Bencana Alam
    Muslimah
    Jum'at, 15 Januari 2021 - 07:42 WIB
    Wilayah Indonesia berada dalam kawasan yang rentan bencana alam. Salah satunya adalah bencana gempa bumi. Dalam pandangan Islam gempa bumi ini merupakan bagian dari tanda kekuasaan Allah Subhanahu wa taala di alam semesta ini.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • Aqidah Ahlus Sunnah tentang Alam Kubur
    Hikmah
    Kamis, 27 Oktober 2022 - 13:13 WIB
    Ahlus Sunnah wal Jamaah meyakini masalah-masalah yang berhubungan dengan alam kubur dan keadaan para penghuninya sampai kepada masalah kebangkitan seluruh manusia dari alam kubur.
  • Apakah Al-Quran Memiliki Definisi tentang Umur Alam Semesta?
    Dunia Islam
    Rabu, 13 Desember 2023 - 16:45 WIB
    Telah dibuktikan, bahwa alam semesta telah sangat tua. Diperkirakan umurnya telah berbilliun-billiun tahun. Tampaknya kitab Injil Kristen mengecilkan (mengurangi) umur alam semesta beberapa ribu tahun.
  • Allah Itu Indah dan Mencintai Keindahan, Begini Penjelasan Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Rabu, 19 Juli 2023 - 05:15 WIB
    Mungkin ada sebagian manusia yang mengira bahwa mencintai keindahan itu bisa mengurangi keimanan atau memasukkan seseorang ke lingkup kelalaian dan kesombongan.
  • Alam Barzakh: Ruh Para Syuhada Tersimpan di Rongga Burung Hijau
    Tausyiah
    Sabtu, 06 Juni 2020 - 05:00 WIB
    Rasulullah sawa bersabda bahwa arwah para syuhada ditempatkan di dalam rongga burung (berwarna) hijau dengan pelita-pelita yang tergantung di Arsy.
  • 4 Perkara yang Menyelamatkan Manusia di Alam Kubur
    Tausyiah
    Jum'at, 06 Oktober 2023 - 05:10 WIB
    Untuk mendapatkan kenikmatan kubur tentu tidak dapat diraih begitu saja kecuali dengan amal saleh ketika hidup. Berikut ini empat perkara yang menyelamatkan di alam kubur.
  • Indonesia Serpihan Surga yang Terjaga, Berikut Kata Para Ulama
    Dunia Islam
    Sabtu, 29 Januari 2022 - 19:47 WIB
    Banyak ulama menyebut Indonesia adalah serpihan Surga yang terjaga di dunia. Bukan hanya karena muslimnya yang dikenal moderat, tapi negeri ini juga bertabur keindahan.
  • 7 Perbedaan Injil dan Al-Quran tentang Tingkat Terjadinya Alam Semesta
    Dunia Islam
    Kamis, 14 Desember 2023 - 17:23 WIB
    Al-Quran tidak berisi pernyataan tentang tingkat kejadian, akan tetapi orang-orang Islam tidak menyetujui isi fasal pertama dalam buku Taurat (Genesis) sebab menunjukkan beberapa kelainan.
  • Begini Sikap Malaikat yang Melakukan Interogasi di Alam Kubur
    Tausyiah
    Senin, 30 Mei 2022 - 15:18 WIB
    Orang kafir, setelah memberi jawaban yang salah, terdengar seruan di langit, Ia telah berdusta. Siapkanlah tempat tidur dari api neraka dan bukalah pintu menuju neraka!
  • Pandangan Al-Quran dalam Merawat Kecantikan dan  Keindahan Gigi
    Muslimah
    Selasa, 07 Juli 2020 - 16:30 WIB
    Untuk memperindah raga dan rupa banyak cara dilakukan oleh kalangan wanita termasuk wanita muslimah. Salah satunya adalah mengenai keindahan gigi. Bagaimana syariat Islam memandangnya?
  • Kengerian Alam Kubur: Setiap Mukmin Inginkan Kiamat Dipercepat
    Tausyiah
    Sabtu, 20 Februari 2021 - 12:28 WIB
    Karena fase setelah kubur lebih mudah bagi yang telah selamat, maka seorang mukmin dalam kuburnya, ketika melihat surga yang disiapkan Allah, berkata, Ya Tuhan, segerakanlah terjadinya kiamat.
  • Kisah Laki-laki Selamat di Alam Kubur Berkat Puasa Sunnah Syawal
    Hikmah
    Rabu, 11 Mei 2022 - 17:15 WIB
    Puasa sunnah enam hari di bulan Syawal hukumnya memang sunnah, namun fadilahnya dapat menyelamatkan seseorang dari siksa kubur. Berikut kisahnya.
  • Mengingat Maut dan Alam Kubur
    Muslimah
    Minggu, 23 Mei 2021 - 10:54 WIB
    Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam selalu menasehati para sahabatnya. Salah satu nasehat beliau adalah tentang siksa kubur dan alam kubur, yang senantiasa mengingatkan bahwa sifat takut karena Allah adalah sesuatu yang sangat penting.
  • Inilah Keindahan Bidadari yang Digambarkan Al-Quran dan Rasulullah
    Muslimah
    Sabtu, 23 Januari 2021 - 09:00 WIB
    Tentang penggambaran bidadari surga yang disebut Rasulullah ini, tentu akal kita tak mampu melukiskannya. Bidadari yang menyinari dunia tentu tak sama dengan matahari yang sinarnya masih terbatas jarak dan menggelapkan sebahagian wilayah bumi.
  • Mengapa Masa Muda Ditanyakan di Alam Kubur? Begini Penjelasannya Menurut Ulama
    Tausyiah
    Selasa, 26 Juli 2022 - 10:24 WIB
    Islam memberi perhatian serius kepada para pemuda. Masa muda adalah penentu nasib untuk sejarah kehidupan seorang manusia. Bahkan usia di saat muda menjadi salah satu yang akan dimintakan pertanggung jawaban di alam kubur.
  • Berlebihan Memburu Keindahan, Hal yang Sering Diremehkan Kaum Wanita
    Muslimah
    Selasa, 17 Agustus 2021 - 06:46 WIB
    Banyak kaum wanita yang mengorbankan hartanya untuk memburu keindahan dan mengejar kebutuhan - kebutuhan sekunder yang sebenarnya bukan hal mendesak, meski juga tidak diharamkan.