Kumpulan Artikel: Amalan (halaman 5)

  • Jadi Makcomblang Ternyata Berpahala Lho!
    Muslimah
    Selasa, 13 Februari 2024 - 17:48 WIB
    Dalam Islam menjadi makcomblang atau perantara pencari jodoh hingga orang yang dijodohkan itu menikah, ternyata memiliki keutamaan dan berpahala.
  • Peristiwa di Bulan Syaban yang Penting Diketahui, Salah Satunya Bulan Pelaporan Amal
    Hikmah
    Selasa, 13 Februari 2024 - 09:38 WIB
    Di bulan Syaban ini, ternyata ada sederet peristiwa penting dalam sejarah Islam yang wajib diketahui umat muslim
  • Jadwal Puasa Sunnah di Bulan Syaban 2024 Lengkap dengan Bacaan Niatnya
    Tips
    Senin, 12 Februari 2024 - 11:36 WIB
    Salah satu amalan yang dianjurkan di bulan Syaban adalah puasa sunnah. Kesunahan menjalankan puasa Syaban terdapat dalam sejumlah hadis Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam.
  • Keutamaan bulan Syaban, Salah Satunya adalah Bulan Diangkatnya Amalan Manusia
    Hikmah
    Senin, 12 Februari 2024 - 10:52 WIB
    Ada banyak keutamaan bulan Syaban, yaitu bulan sebagai pintu gerbang menyambut bulan suci Ramadan Dalam kalender Islam, Syaban merupakan bulan ke-8, satubulan sebelum bulan Ramadan.
  • Selamat Datang Syaban 1445 Hijriah, Momentum Terbaik Memasuki Bulan Suci Ramadan
    Hikmah
    Minggu, 11 Februari 2024 - 05:15 WIB
    Hari ini, umat Islam memasuki bulan Syaban 1445 Hijriyah, atau bertepatan dengan tanggal 11 Februari 2024. Syaban merupakan pintu gerbang atau muqaddimah bulan suci Ramadan.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Inilah Keutamaan Sedekah Jumat, Pahalanya Luar Biasa dan Didoakan Malaikat
    Hikmah
    Jum'at, 09 Februari 2024 - 11:59 WIB
    Bersedekah di hari Jumat memiliki keistimewaan dan keutamaan sendiri. Pahalanya luar biasa besar bahkan disamakan dengan pahala sedekah di bulan Ramadan dan pasti didoakan malaikat.
  • 6 Amalan Rajab yang Bisa Dilakukan Muslimah yang Sedang Haid
    Muslimah
    Jum'at, 09 Februari 2024 - 07:10 WIB
    Ada amalan bulan Rajab yang boleh dilakukan seorang muslimah yang sedang haid, agar tetap mendapat pahala dari keutamaan amalan Rajab.
  • Doa-doa di Hari Isra Mikraj
    Tips
    Kamis, 08 Februari 2024 - 09:36 WIB
    Ada sekumpulan doa yang dianjurkan diamalkan di siang maupun malam Isra Mikraj, salah satunya doa yang dipanjatkan Ali Bin Abi Thalib.
  • Apakah Boleh Menikah di Bulan Rajab? Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Selasa, 06 Februari 2024 - 19:29 WIB
    Apakah boleh menikah di bulan Rajab? Adakah keutamaan dan keistimewaannya bila menikah di bulan tersebut?
  • Amalan Zikir Bulan Rajab Tanggal 21-30
    Tips
    Selasa, 06 Februari 2024 - 07:35 WIB
    Amalan zikir bulan Rajab terutama tanggal 21 hingga 30 Rajab, penting diketahui untuk diamalkan dan mendapat keistimewaan bulan haram tersebut. Mengapa demikian?
  • Khotbah Jumat: 3 Amalan Persiapan Jelang Ramadan
    Hikmah
    Jum'at, 02 Februari 2024 - 11:27 WIB
    Berikut ini adalah naskah khutbah Jumat yang dinukil dari laman Pimpinan Pusat Muhammadiyah tentang 3 amalan persiapan menjelang Ramadan. Berikut khutbah selengkapnya
  • Kesunnahan Mandi Jumat yang Perlu Diketahui, Yuk Amalkan!
    Tips
    Jum'at, 02 Februari 2024 - 10:31 WIB
    Mandi di hari Jumat adalah salah satu contoh mandi yang dianjurkan, disunnahkan dan mendapat pahala di sisi Allah subhanahu wa taala. Mengapa demikian?
  • Baca Selawat 1000 Kali di Hari Jumat, Allah SWT akan Perlihatkan Surga
    Tips
    Jum'at, 02 Februari 2024 - 09:18 WIB
    Amalan yang paling dicintai Allah dan Rasul-Nya di hari Jumat adalah memperbanyak selawat. Ada nilai ketika seseorang memperbanyak selawat pada malam dan Hari Jumat.
  • Doa Panjang Umur di Bulan Rajab agar Disampaikan ke Bulan Ramadan
    Tips
    Kamis, 01 Februari 2024 - 07:15 WIB
    Umur adalah rahasia Allah SWT, karena itu doa memohon panjang umur di bulan Rajab ini sangat dianjurkan bagi umat Islam dengan harapan hidup bisa sanpai ke bulan mulia Syaban dan Ramadan .
  • Doa dan Amalan Lengkap Saat Musim Hujan
    Tips
    Rabu, 31 Januari 2024 - 11:25 WIB
    Saat musim penghujan seperti sekarang ini, doa dan amalan musim hujan perlu diamalkan umat Islam. Hujan menjadi berkah apalagi kita mengamalkan doa-doa yang diajarkan Nabi Muhammad SAW).
  • Zikir Bulan Rajab 70 Kali, Arab, Latin dan Terjemahannya
    Tips
    Selasa, 30 Januari 2024 - 15:44 WIB
    Zikir bulan Rajab 70 Kali berikut ini berdasarkan hadis Nabi Muhammad SAW dari Abu Hurairah ra. Hanya saja, zikir ini bisa dilakukan di hari-hari biasa di luar Rajab
  • 5 Hal yang Haram bagi Muslimah ketika Sedang Berhadas Besar
    Muslimah
    Selasa, 30 Januari 2024 - 12:27 WIB
    Ada 5 hal yang tidak boleh dilakukan bagi muslimah yang sedang berhadas besar, bahkan haram hukumnya. Hal-hal apa saja yang dilarang dilakukan tersebut?
  • Mengapa Rajab Dimasukkan dalam Bulan Haram? Begini Penjelasannya
    Hikmah
    Selasa, 30 Januari 2024 - 10:54 WIB
    Dalam kalender Islam, ada bulan-bulan yang dimasukkan ke dalam bulan haram (mulia), dan Rajab adalah salah satunya. Apa sebenarnya keistimewaan bulan haram ini, dan mengapa Rajab termasuk didalamnya?
  • Doa Keluar untuk Mencari Nafkah, Bisa Diamalkan Suami dan Istri
    Tips
    Selasa, 30 Januari 2024 - 09:57 WIB
    Doa keluar untuk mencari nafkah ini, bisa diamalkan oleh para suami dan juga diamalkan oleh istri di rumahnya. Doa mengharap kelancaran rejeki tersebut, diajarkan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam
  • 5 Perkara Penghalang Pintu Rezeki, Salah Satunya Akibat Perbuatan Zina
    Hikmah
    Minggu, 28 Januari 2024 - 16:03 WIB
    Ada sebab-sebab penghalang pintu rezeki seorang hamba dan keberkahannya itu banyak bentuknya. Namun, ada beberapa faktor penghalang rezeki yang diakibatkan oleh ulah para pencari rezeki itu sendiri.