Kumpulan Artikel: Amalan Sunnah (halaman 5)

  • Bacaan Niat Sholat Jumat Lengkap dengan Tata Cara dan Sunnahnya
    Tausyiah
    Jum'at, 10 Juni 2022 - 17:29 WIB
    Berikut adalah bacaan niat sholat Jumat lengkap dengan tata cara dan sunnahnya yang perlu diketahui agar umat Islam tidak salah dalam memahami tata cara ibadah ini.
  • 3 Amalan Sunnah Bulan Dzulqadah, Nomor Terakhir Bagi yang Mampu
    Tips
    Kamis, 09 Juni 2022 - 17:41 WIB
    Ada beberapa amalan sunnah di bulan Dzulqadah yang bisa mendekatkan diri pada Allah subhanahu wa taala, dan hendaknya bisa kita amalkan. Amalan-amalan apa saja?
  • 5 Keutamaan Menghidupkan Sunnah Nabi, Nomor 1 Paling Disukai
    Tausyiah
    Selasa, 24 Mei 2022 - 15:51 WIB
    Kadar kedekatan seseorang dengan Nabi Muhammad SAW itu sesuai dengan kadar orang tersebut dalam mengamalkan Sunnah. Berikut 5 keutamaan menghidupkan Sunnah Nabi.
  • Niat Mandi Idul Fitri Lengkap dengan Tata Caranya
    Tips
    Sabtu, 30 April 2022 - 11:55 WIB
    Niat mandi Idul Fitri adalah bacaan niat yang merupakan amalan sunnah untuk membersihkan dan menyucikan badan dari kotoran maupun najis yang menempel di anggota badan.
  • Larangan Tidur Setelah Sahur, Begini Penjelasannya
    Tips
    Selasa, 12 April 2022 - 18:30 WIB
    Dalam Islam, langsung tidur setelah santap sahur dan shalat subuh memang tidak dianjurkan, bahkan beberapa ulama menghukuminya itu adalah makruh (jika tidak ada udzur dan keperluan).
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Menu Buka Puasa Sesuai Sunnah Nabi SAW
    Muslimah
    Selasa, 05 April 2022 - 14:39 WIB
    Menu buka puasa sesuai sunnah Nabi Shallallahu alaihi wa sallam ini sudah pasti sangat baik kita amalkan. Berbuka sesuai sunnah juga merupakan tambahan pahala yang melengkapi pahala ibadah puasa wajib di bulan Ramadhan ini.
  • Ustaz Milenial Najmi Al Malik: Puasa Masa Pandemi Adalah Anugerah
    Dunia Islam
    Senin, 04 April 2022 - 18:57 WIB
    Ustaz Milenial Najmi Al Malik menyebut puasa di masa pandemi Covid-19 merupakan anugerah dari Allah SWT. Di mana umat Islam tidak lagi memikirkan diri sendiri dan keluarga melainkan berbagi dengan yang lain dan berharap agar pandemi segera berakhir.
  • 4 Amalan yang Mengiringi Ritual Puasa Sesuai Sunnah Nabi Muhammad SAW
    Tips
    Minggu, 03 April 2022 - 16:18 WIB
    Bulan Ramadhan akan menjadi bulan menambang pahala serta membersihkan diri dari dosa-dosa. Selain puasa, umat Islam akan melakukan ibadah-ibadah sunnah lainnya.
  • Sunnah Sahur dan Berbuka Puasa Ramadhan yang Perlu Diketahui
    Tips
    Kamis, 31 Maret 2022 - 07:42 WIB
    Dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan, ada beberapa hal yang perlu diketahui seorang muslim, selain niat puasa juga sunnah-sunnahnya, terutama yang berkaitan dengan sahur dan buka puasa.
  • 11 Amalan Bulan Ramadhan Bertabur Pahala
    Tausyiah
    Senin, 28 Maret 2022 - 16:28 WIB
    Untuk meraih keutamaan Ramadhan, umat muslim sebaiknya bersemangat menjalankan amalan-amalan sunnah. Sedikitnya ada 11 amalan penting di bulan Ramadhan bertabur pahala.
  • 4 Sunnah yang Diabaikan Kaum Wanita, Nomor Terakhir Malah Sengaja Dilanggar
    Muslimah
    Minggu, 27 Maret 2022 - 05:15 WIB
    Banyak amalan-amalan sunnah ringan yang ditujukan khusus untuk kaum wanita muslimah, malah sering diabaikan. Bahkan, ada kecenderungan dilanggar. Padahal, sunnah ringan ini bila diamalkan akan menjadi pahala untuknya.
  • Raih Keutamaannya, Berikut 15 Amalan Sunnah di Bulan Ramadhan
    Tausyiah
    Sabtu, 26 Maret 2022 - 16:44 WIB
    Ramadhan adalan bulan membakar dosa-dosa dan meraih pahala berlipat. Umat muslim dianjurkan menghidupkan amalan sunnah dan menjauhkan diri dari perkara yang merusak puasa.
  • Kajian Gus Baha tentang Sholat Dhuha: Jangan Dilakukan Saban Hari
    Tausyiah
    Senin, 07 Maret 2022 - 15:36 WIB
    Kajian Gus Baha tentang sholat dhuha memberi peringatan kepada kita bahwa amalan sunah hendaknya tidak dilakukan secara rutin sebagaimana amalan wajib.
  • 5 Amalan Sunnah di Malam Isra Miraj, Jangan Lupa Amalkan!
    Tips
    Jum'at, 25 Februari 2022 - 09:38 WIB
    Malam 27 Rajab dalam kalender Islam adalah malam yang istimewa bagi umat muslim. Malam itu, disebut juga dengan peristiwa Isra Miraj, di mana pada malam tersebut Rasulullah SAW melewati malam dengan pengalaman spiritual yang luar biasa.
  • Amalan-amalan Sunnah yang Bisa jadi Dosa bagi Seorang Istri
    Muslimah
    Kamis, 17 Februari 2022 - 19:46 WIB
    Bagi seorang istri, ada amalan-amalan sunnah yang justru akan menjadi dosa bila melakukannya, tanpa seijin dari suaminya. Amalan yang seharusnya mendapat pahala, malah menjadi haram bila suami tidak mengizinkan mengamalkannya.
  • Inilah 5 Amalan untuk Menambal Amal Ibadah yang Cacat
    Tips
    Rabu, 09 Februari 2022 - 15:40 WIB
    Ada banyak amalan sunnah yang bisa menyempurnakan atau menambal amal ibadah kita yang cacat atau kurang sempurna. Karena tak bisa dipungkiri, berbagai amal ibadah yang kita lakukan tak terlepas dari kekurangan di sana-sini
  • 18 Amalan Sunnah Penyempurna Wudhu yang Sayang Dilewatkan
    Tips
    Kamis, 27 Januari 2022 - 15:41 WIB
    Amalan sunah dalam wudhu adalah amalan yang apabila seseorang melakukannya maka akan mendapatkan pahala lebih dari sekadar melakukan fardhu-fardhu wudhu saja.
  • Gus Baha: Jangan Terlalu Sering Sholat Tahajud, Begini Alasannya
    Tausyiah
    Selasa, 18 Januari 2022 - 11:30 WIB
    Ulama ahli tafsir Quran asal Rembang Gus Baha (KH Ahmad Bahauddin Nursalim) mengatakan jangan terlalu sering mengerjakan ibadah sunnah termasuk sholat Tahajud.
  • Amalan Qiyamul Lail yang Dilakukan Imam 4 Mazhab
    Tips
    Sabtu, 08 Januari 2022 - 19:08 WIB
    Qiyamul Lail atau shalat malam yang dilakukan di sepertiga malam menyimpan keagungan dan kemuliaan yang luar biasa untuk mengatasi berbagai problematika kehidupan
  • Mau Tidur Dapat Pahala? Yuk, Lakukan Amalan Ini!
    Tips
    Jum'at, 07 Januari 2022 - 18:41 WIB
    Bagi seorang muslim, tidur itu bukan aktivitas biasa yang sekadar hanya untuk melepas lelah dan memenuhi rasa kantuk. Tidur bagi setiap muslim sangat bernilai ibadah jika tahu caranya.