Jelang Ramadan, Ritual Keramas Bersama Digelar

loading...
Jelang Ramadan, Ritual Keramas Bersama Digelar
Jelang Ramadan, Ritual Keramas Bersama Digelar
TANGERANG - Ratusan warga Kampung Babakan, Kota Tangerang menggelar ritual mandi keramas di Sungai Cisadane yang terletak di belakang Mushola Al-Ittihad di Jalan Kali Pasir, Selasa (16/6/2015)

Ritual tersebut merupakan tradisi warga setempat yang dilakukan setiap tahun untuk menyambut bulan puasa yang jatuh pada Kamis (18/6/2015).

Para warga yang terdiri dari anak-anak dan dewasa ini, datang ke pinggir sungai sekitar pukul 15.30 WIB, dengan membawa peralatan mandi sendiri dari rumah masing-masing. Mereka pun berkeramas dengan penuh keceriaan.

Ritual ini dipimpin langsung oleh Tokoh Masyarakat Babakan, Pahrul Rozi. Dia mengatakan, mandi dan keramas bareng yang dilakukan oleh warga untuk menyambut Bulan Suci Ramadhan merupakan tradisi turun temurun.

"Ritual ini bermakna membasuh diri atau mensucikan diri untuk melaksanakan ibadah puasa," ungkapnya.

(lis)
cover top ayah
وَاِذَا سَاَلَـكَ عِبَادِىۡ عَنِّىۡ فَاِنِّىۡ قَرِيۡبٌؕ اُجِيۡبُ دَعۡوَةَ الدَّاعِ اِذَا دَعَانِ فَلۡيَسۡتَجِيۡبُوۡا لِىۡ وَلۡيُؤۡمِنُوۡا بِىۡ لَعَلَّهُمۡ يَرۡشُدُوۡنَ
Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku Kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku, agar mereka memperoleh kebenaran.

(QS. Al-Baqarah:186)
cover bottom ayah
preload video