Tayangan Ramadan Diharapkan Dukung Kekhusyukan Puasa

Jum'at, 19 Juni 2015 - 04:29 WIB
Tayangan Ramadan Diharapkan Dukung Kekhusyukan Puasa
Tayangan Ramadan Diharapkan Dukung Kekhusyukan Puasa
A A A
JAKARTA - Program Ramadan di televisi harus bisa mengedepankan rasa hormat dan dukungannya pada kekhusyukan umat islam yang tengah berpuasa.

Menurut Wakil Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), Idy Muzzayad, tayangan selama Ramadan disajikan dengan tujuan mendidik dan menyejukkan umat.

“Ya Ramadan ini bulan meningkatkan keimanan, bulan ibadah," ujar Idy saat berbincang dengan Sindo, di Jakarta, Kamis 18 Juni 2015.

"Maka program-program siaran apapun itu harusnya tidak mengganggu, tapi mendukung kekhusyukan umat islam dalam menjalankan ibadah puasa,” imbuhnya.

Tayangan menurut Idy, bukan hanya memiliki brand Ramadan semata, tetapi isinya harus bernafaskan bulan suci umat Islam tersebut. Hal itu dikemukakan Idy mengingat banyak acara televisi yang menggunakan brand Ramadan namun tidak mencerminkan tujuan dari Ramadan itu sendiri.

“Kalau mau menciptakan program siaran yang khusus bernuansa Islami jangan sekadar formalistik. Misalnya program yang sebenarnya reguler tapi dinamai dengan Ramadan. Jadi tidak terimplementasi, terwujud dalam konten program siaran Ramadan itu,” lugasnya.

Meski demikian Idy mengatakan, berkaca pada hasil evaluasi program dan tayangan Ramadan sebelumnya, ada kecenderungan acara yang melanggar semakin berkurang jumlahnya.

“Kami mengamati sebenarnya program-program bermasalah tidak banyak. Yang banyak hanya program siaran komedi yang isinya lawakan murahan yang potensi melanggar,” tukasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5350 seconds (0.1#10.140)