Begini Tarekat Syattariyah Menentukan Awal Ramadan dan Idul Fitri

Selasa, 23 Juni 2015 - 12:48 WIB
Begini Tarekat Syattariyah Menentukan Awal Ramadan dan Idul Fitri
Begini Tarekat Syattariyah Menentukan Awal Ramadan dan Idul Fitri
A A A
PADANG - Jelang Ramadan ataupun saat Ramadan, ribuan warga jamaah Tarekat Syattariyah dari berbagai daerah memadati Pantai Ulakan, Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Mereka datang untuk melihat bulan sabit yang muncul di ufuk barat guna menentukan memulai awal Ramadan. Baik yang tua, muda, ibu-ibu dan anak terlihat hadir bersama para ulama Tarekat Syattariyah.

Asal mereka itu tidak hanya dari Kabupaten Padang Pariaman tapi dari kabupaten dan kota yang ada di Sumatera Barat yang menganut Tarekat Syattariyah.

Tiga kali dalam setahun pantai Ulakan akan ramai dikunjungi oleh jamaah Tarekat Syattariyah. Salah satunya jelang Ramada seperti beberapa hari lalu dan jelang Idul Fitri nanti.

"Para ulama Tarekat Syattariyah yang ada di Sumatera Barat termasuk pengikutnya akan berkumpul disini melihat bulan secara manual atau mata telanjang untuk menentukan kapan mulai puasa, Idul Fitri dan hari Raya Idul Adha," ujar Syafri Jambak, tokoh masyarakat Ulakan, Selasa (23/6/2015).

Biasanya lanjut Syafri, pantai Ulakan akan dipadati mulai pukul 17.00 WIB, untuk melihat bulan sabit saat matahari tenggelam.

Kemudian, jika bulan sabit terlihat maka besoknya bisa mulai puasa atau hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha. Akibat ramainya pengunjung itu, jalan di kampung nelayan tradisional sangat padat. "Setelah melihat bulan dilanjutkan salat maghrib di pantai tersebut," tutur Syafri.

Sebelum melihat bulan, terlebih dahulu mengunjungi makam Syeikh Burhanuddin, tokoh agama penyebar Syattariyah di Sumatera Barat yang berpusat di Ulakan.

Jarak dari pantai ke lokasi makam tokoh Terekat Syattariyah itu sekira 100 meter. "Biasanya pengungjung berdoa minta rezeki, kesehatan, jodoh dan kebutuhan lainnya, biasa mereka membawa bunga-bunga untuk ditaburkan di makam tersebut," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4997 seconds (0.1#10.140)