3 Peristiwa Besar di Bulan Ramadhan

Jum'at, 03 Mei 2019 - 14:48 WIB
3 Peristiwa Besar di Bulan Ramadhan
3 Peristiwa Besar di Bulan Ramadhan
A A A
Bulan Ramadhan ternyata menyimpan banyak rahasia dan keistimewaan. Para ulama menyebut bulan Ramadhan merupakan bulannya umat Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam (SAW) karena di dalamnya Allah SWT melimpahkan kebaikan, berkah, rahmat dan karunia yang banyak.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang diberkati bagi kaum muslimin. Dari banyak peristiwa penting di bulan Ramadhan, ada tiga peristiwa besar yang perlu diketahui umat muslim. Dalam Kitab An-Nashoihud Diniyah (kumpulan nasihat) karya Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad menjelaskan tiga peristiwa besar di bulan Ramadhan. (Baca Juga: Kisah Nabi Muhammad SAW Menerima Wahyu Pertama)

1. Peristiwa Perang Badar
Pada hari ke-17 Ramadhan terjadi perang Badr. Hari itu dinamakan Yaumul furqan dimana dua golongan saling berhadapan. Peristiwa ini merupakan pertempuran besar pertama antara umat Islam melawan musuh-musuhnya.

Perang ini terjadi pada Bulan Ramadhan tahun ke-2 Hijriyah (atau 13 Maret 624 Masehi). Pasukan kaum muslim yang hanya berjumlah 313 orang bertempur menghadapi pasukan kafir Quraisy Makkah yang berjumlah 1.000 orang lebih. Dalam pertempuran ini, Allah memberikan kemenangan kepada pasukan Muslim yang dipimpin langsung Nabi Muhammad SAW. Pasukan muslim menghancurkan pertahanan pasukan Quraisy. Inilah kemenangan besar umat muslim yang terjadi di Bulan Ramadhan.

2. Penaklukan Makkah
Penaklukan Makkah atau dikenal dengan istilah Fathu Makkah. Salah satu peristiwa penting dalam sejarah Islam karena terjadi pada bulan Ramadhan (tanggal 10) tahun 8 Hijriyah (atau tahun 630). Saat itu Nabi Muhammad SAW beserta 10.000 pasukan bergerak dari Madinah menuju Makkah.

Kemudian menguasai Kota Makkah secara keseluruhan tanpa pertumpahan darah sedikitpun. Kaum muslimin juga menghancurkan berhala yang ada di dalam dan sekitar Ka'bah. Setelah itu orang-orang Quraish Makkah memeluk Islam secara berbondong-bondong.

3. Lailatul Qadar
Peristiwa ketiga adalah Lailatul Qadr yaitu malam mulia yang terjadi di bulan Ramadhan. Alquran menggambarkannya sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Peristiwa ini juga diperingati sebagai malam diturunkannya Alquran. Keistimewaan malam ini diabadikan dalam Alquran Surah Al-Qadr, surat ke-97.

Habib Abdullah bin Alwi Haddad mengatakan, barangsiapa mendapati malam itu dan beramal di dalamnya dengan melakukan ketaatan kepada Allah selama 12 tahun misalnya, maka pahalanya sama dengan melakukan ketaatan kepada Allah seribu tahun. Betapa banyak barokah dan kebaikan di bulan Ramadhan.

Maka beruntunglah siapa yang mengetahui keistmewaan Ramadhan dan memanfaatkan malam dan siangnya untuk mendekatkan diri kepada Rabb, Tuhan semesta Alam. Itulah karunia Allah. Dia memberikannya kepada siapa yang Dia kehendaki dan Allah memiliki karunia yang besar.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2898 seconds (0.1#10.140)