alexametrics

13 Sunnah Ketika Berwudhu

loading...
Berwudhu merupakan syarat sahnya ibadah. Dalam Kitab Fiqih Imam Syafi’i dijelaskan pengertian wudhu adalah mencuci atau membasuh sebagian anggota badan sebelum mengerjakan salat baik itu salat wajib maupun salat sunnah.

Sedangkan menurut Hanafiyah, pengertian wudhu adalah mensucikan diri dengan menggunakan air untuk keempat anggota tubuh kita mulai dari wajah, kedua tangan, kepada, dan kedua kaki dengan cara-cara tertentu.

Hukum berwudhu adalah wajib dilakukan dalam mengerjakan salat seperti sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW: “Tidak diterima salatmu tanpa bersuci atau wudhu.” (HR. Muslim). Di hadits lain Beliau bersabda “Bersuci atau berwudhu adalah sebagian dari iman.” (HR. Muslim)



Berwudhu memiliki banyak keutamaan dan manfaat sebagaimana diterangkan dari Sabda Nabi Muhammad SAW: “Barang siapa yang berwudhu secara sempurna, maka dosa-dosanya akan gugur atau hilang jasad-nya hingga keluar juga dari bawah kuku-kukunya. (HR. Muslim). Kemudian Beliau juga bersabda “Sesungguhnya umatku kelak akan datang pada hari kiamat dalam keadaan muka dan kedua tangannya kemilau bercahaya karena bekas berwudhu”.

Berikut 13 Sunnah Saat Berwudhu:
1. Membaca basmalah ketika hendak memulai berwudhu
2. Disunnahkan untuk berkumur-kumur
3. Disunnahkan menggosok gigi sebelum memulai wudhunya karena Rasulullah SAW bersabda “Sekiranya aku tidak memberatkan umatku niscaya aku perintah mereka bersiwak tiap kali akan berwudhu.” (Riwayat Ahmad)
4. Disunnahkan pula mencuci kedua telapak tangan tiga kali sebelum berwudhu sebagaimana disebutkan di atas kecuali jika setelah bangun tidur maka hukumnya wajib mencucinya tiga kali sebelum berwudhu. Sebab boleh jadi kedua tangannya telah menyentuh kotoran di waktu tidurnya sedangkan ia tidak merasakannya. Rasulullah SAW bersabda “Apabila seorang di antara kamu bangun tidur maka hendaknya tidak mencelupkan kedua tangannya di dalam bejana air sebelum mencucinya terlebih dahulu tiga kali karena sesungguhnya ia tidak mengetahui di mana tangannya berada.”
5. Disunnahkan keras menghirup air dengan hidung sebagaimana dijelaskan di atas.
6. Disunnahkan mencelah-celahi jenggot jika tebal ketika membasuh muka.
7. Disunnahkan bagi orang muslim mencelah-celahi jari-jari tangan dan kaki di saat mencucinya karena Rasulullah bersabda “Celah-celahilah jari-jemari kamu.”
8. Mencuci anggota wudhu yang kanan terlebih dahulu sebelum mencuci anggota wudhu yang kiri. Mencuci tangan kanan terlebih dahulu kemudian tangan kiri dan begitu pula mencuci kaki kanan sebelum mencuci kaki kiri.
9. Mencuci anggota-anggota wudhu dua atau tiga kali, namun kepala cukup diusap satu kali usapan saja.
10. Tidak berlebih-lebihan dalam pemakaian air karena Rasulullah berwudhu dengan mencuci tiga kali lalu bersabda “Barangsiapa mencuci lebih maka ia telah berbuat kesalahan dan kezhaliman.”
11. Membaca doa setelah berwudhu
12. Tidak mengeringkan bekas basuhan air setelah selesai berwudhu
13. Dilanjutkan dengan mengerjakan salat sunnah setelah berwudhu.
(rhs)
KOMENTAR
loading gif
cover top ayah
اِنَّا هَدَيۡنٰهُ السَّبِيۡلَ اِمَّا شَاكِرًا وَّاِمَّا كَفُوۡرًا‏
Sungguh, Kami telah menunjukkan kepadanya jalan yang lurus; ada yang bersyukur dan ada pula yang kufur.

(QS. Al-Insan:3)
cover bottom ayah
preload video