Dahsyatnya Keutamaan Surah Al-Ikhlas, Yuk Amalkan!

loading...
Dahsyatnya Keutamaan Surah Al-Ikhlas, Yuk Amalkan!
Dahsyatnya Keutamaan Surah Al-Ikhlas, Yuk Amalkan!
Surah Al-Ikhlas (الإخلاص) adalah surah ke-112 dari 114 surah dalam Alqur'an. Surah yang 'memurnikan keesaan Allah' ini diturunkan di Makkah (surah Makkiyah) terdiri 4 ayat, 15 kalimat dan 47 huruf.

Surah Al-Ikhlas memiliki keutamaan yang luar biasa karena di dalamnya menegaskan keesaan Allah Ta'ala dan menolak segala bentuk penyekutuan terhadap-Nya. Meskipun hanya 4 ayat, surah ini sangat dicintai Allah dan Rasul-Nya.
قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ . اللَّهُ الصَّمَدُ . لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ . وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ

(Qul Huwallahu Ahad. Allahush shomad. Lam yalid walam yuulad. Walam yakul lahuu kufuwan Ahad)

Katakanlah (Muhammad): "Dialah Allah Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia tidak beranak dan tidak pula diperanakkan. Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia." (Surah Al-Ikhlas:1-4)

Asbabun Nuzul
Abdullah bin Mas'ud meriwayatkan bahwa sekelompok Bani Quraisy pernah meminta Nabi Muhammad untuk menjelaskan leluhur Allah. Kemudian turunlah surah ini menegaskan keesaan Allah.



Ibnu Katsir mengutip riwayat Imam Ahmad dari Ubay bin Ka'ab mengenai asbabun nuzul Surat Al-Ikhlas. Bahwa ada orang-orang musyrik berkata kepada Rasulullahshallallahu 'alaihi wa sallam (SAW), "Hai Muhammad, gambarkanlah kepada kami tentang Tuhanmu." Maka Allah menurunkan surat Al-Ikhlas.

Selain itu dari Ibnu Abbas dan Sa'id bin Jubair menyebutkan bahwa kaum Yahudi yang di antaranya Kab bin Ashraf dan Huyayy bin Akhtab datang menemui Nabi SAW dan bertanya hal serupa, kemudian turun surah ini.

Riwayat lain menyebutkan, ada orang Badui yang datang kepada Rasulullah SAW. Ia bertanya, "Gambarkanlah kepada kami tentang Tuhanmu." Maka turunlah surat ini.



Keutamaan Surah Al-Ikhlas
halaman ke-1 dari 2
cover top ayah
يٰۤاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡۤا اِذَا تَنَاجَيۡتُمۡ فَلَا تَـتَـنَاجَوۡا بِالۡاِثۡمِ وَالۡعُدۡوَانِ وَمَعۡصِيَتِ الرَّسُوۡلِ وَتَنَاجَوۡا بِالۡبِرِّ وَالتَّقۡوٰى‌ؕ وَاتَّقُوا اللّٰهَ الَّذِىۡۤ اِلَيۡهِ تُحۡشَرُوۡنَ
Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu mengadakan pembicaraan rahasia, janganlah kamu membicarakan perbuatan dosa, permusuhan dan durhaka kepada Rasul. Tetapi bicarakanlah tentang perbuatan kebajikan dan takwa. Dan bertakwalah kepada Allah yang kepada-Nya kamu akan dikumpulkan kembali.

(QS. Al-Mujadilah:9)
cover bottom ayah
preload video