Topik Terkait: Alquran Dan Hadits

  • Hadits Arbain Lengkap Terdiri 42 Hadits Karya Imam an-Nawawi
    Tausyiah
    Senin, 23 Agustus 2021 - 17:34 WIB
    Hadits Arbain lengkap memuat tak sampai 50 hadits. Meski bernama Arban (berarti 40), kitab ini tak memuat hadits dengan jumlah persis 40, melainkan 42 hadits
  • Hubungan Hadits dan Al-Quran, Menurut Sejumlah Ulama
    Tausyiah
    Selasa, 08 Maret 2022 - 16:28 WIB
    Hadis pada umumnya disampaikan oleh orang per orang dan itu pun seringkali dengan redaksi yang sedikit berbeda dengan redaksi yang diucapkan oleh Nabi SAW.
  • Inilah Keutamaan Membaca Alquran
    Tausiyah
    Kamis, 31 Mei 2018 - 09:00 WIB
    Bagi Anda yang mencintai Alquran, ada baiknya simak hitungan sederhana ini. Terlebih di bulan Ramadhan, amalan membaca Alquran (tilawah) sangat dianjurkan oleh para ulama.
  • 3 Dosa Paling Besar Menurut Alquran
    Tausiyah
    Selasa, 05 November 2019 - 20:53 WIB
    Dalam satu hadits shahih Bukhari-Muslim, sahabat bernama Ibnu Masud RA menyampaikan bahwa ia bertanya kepada Rasulullah SAW tentang dosa paling besar.
  • Tipu Daya Duniawi (1): Banyak Ayat Al-Quran dan Hadits yang Mencela Dunia
    Tausyiah
    Minggu, 22 Agustus 2021 - 19:20 WIB
    Banyak ayat Al-Quran dan hadits-hadits yang mencela dunia. Bahkan al-Quran lebih sering mencela kehidupan dunia dan mengajak manusia agar berpaling dari dunia dan kembali kepada kampung akhirat.
  • cover top ayah
    اِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ اذۡكُرۡ نِعۡمَتِىۡ عَلَيۡكَ وَعَلٰى وَالِدَتِكَ‌ ۘ اِذۡ اَيَّدْتُكَ بِرُوۡحِ الۡقُدُسِ تُكَلِّمُ النَّاسَ فِىۡ الۡمَهۡدِ وَكَهۡلًا ‌ ۚوَاِذۡ عَلَّمۡتُكَ الۡـكِتٰبَ وَالۡحِكۡمَةَ وَالتَّوۡرٰٮةَ وَالۡاِنۡجِيۡلَ‌ ۚ وَاِذۡ تَخۡلُقُ مِنَ الطِّيۡنِ كَهَيْئَةِ الطَّيۡرِ بِاِذۡنِىۡ فَتَـنۡفُخُ فِيۡهَا فَتَكُوۡنُ طَيۡرًۢا بِاِذۡنِىۡ‌ وَ تُبۡرِئُ الۡاَكۡمَهَ وَالۡاَبۡرَصَ بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ تُخۡرِجُ الۡمَوۡتٰى بِاِذۡنِىۡ‌ ۚ وَاِذۡ كَفَفۡتُ بَنِىۡۤ اِسۡرَآءِيۡلَ عَنۡكَ اِذۡ جِئۡتَهُمۡ بِالۡبَيِّنٰتِ فَقَالَ الَّذِيۡنَ كَفَرُوۡا مِنۡهُمۡ اِنۡ هٰذَاۤ اِلَّا سِحۡرٌ مُّبِيۡنٌ
    Dan ingatlah ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Ingatlah nikmat-Ku kepadamu dan kepada ibumu sewaktu Aku menguatkanmu dengan Rohulkudus. Engkau dapat berbicara dengan manusia pada waktu masih dalam buaian dan setelah dewasa. Dan ingatlah ketika Aku mengajarkan menulis kepadamu, (juga) Hikmah, Taurat dan Injil. Dan ingatlah ketika engkau membentuk dari tanah berupa burung dengan seizin-Ku, kemudian engkau meniupnya, lalu menjadi seekor burung (yang sebenarnya) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau menyembuhkan orang yang buta sejak lahir dan orang yang berpenyakit kusta dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika engkau mengeluarkan orang mati (dari kubur menjadi hidup) dengan seizin-Ku. Dan ingatlah ketika Aku menghalangi Bani Israil (dari keinginan mereka membunuhmu) di kala waktu engkau mengemukakan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, lalu orang-orang kafir di antara mereka berkata, Ini tidak lain hanyalah sihir yang nyata.

    (QS. Al-Maidah Ayat 110)
    cover bottom ayah
  • 40 Hadis Keutamaan Al-Quran (2)
    Hikmah
    Senin, 10 Februari 2020 - 08:45 WIB
    Pada bagian pertama (1), kita telah mengulas 10 fadhillah keutamaan Al-Quran. Berikut lanjutan 40 Hadis Nabi mengenai keutamaan Al-Quran yang dirangkum dari berbagai sumber.
  • Inilah Peran Imam Madzhab dalam Menjelaskan Isi Alquran
    Tausiyah
    Senin, 16 September 2019 - 09:32 WIB
    Menjajaki serta mendalami asal-usul hukum syariat itu tidak semudah membaca buku-buku fiqh terjemahan atau semudah browsing artikel di internet.
  • 40 Hadis Keutamaan Al-Quran (1)
    Hikmah
    Jum'at, 07 Februari 2020 - 15:59 WIB
    Banyak sekali riwayat yang menjelaskan tentang fadhillah membaca dan mempelajari Al-Quran. Berikut 40 Hadis keutamaan Al-Quran yang dirangkum dari berbagai sumber.
  • Belajar Quran Selepas Ramadhan
    Hikmah
    Selasa, 23 Juli 2019 - 17:29 WIB
    Di antara ibadah yang banyak dilakukan dan secara umum frekuensinya meningkat di bulan Ramadhan adalah ibadah tilawah Al-Quran.
  • Sambut Ramadhan, Bersihkan Diri dengan Salat Taubat, Begini Caranya
    Tausiyah
    Rabu, 08 April 2020 - 04:54 WIB
    Jika seseorang telah berbuat dosa&nbsp dan ketika ia memiliki keinginan untuk bertaubat, maka hendaknya ia mengerjakan salat sunah dua rakaat serta bertaubat kepada Allah SWT.
  • Mendalami Al-Quran Kini Lebih Mudah dengan Layanan Tafsir Digital
    Hikmah
    Rabu, 01 April 2020 - 20:13 WIB
    Al-QURAN diturunkan ke dunia oleh Allah Taala sebagai petunjuk jalan yang benar. Berbagai keistimewaan dijanjikan Allah bagi siapapun yang membaca dan mengamalkan isi Al-Quran.
  • Buah dan Sayuran yang Disebut Dalam Al-Quran, Sebagian Tumbuh di Indonesia
    Hikmah
    Kamis, 21 Oktober 2021 - 05:10 WIB
    Dari banyak tanaman di muka bumi, ada beberapa buah dan sayuran yang disebut dalam Al-Quran. Sebagian tumbuh di Indonesia. Mari kita lihat satu persatu.
  • Pilih Dunia atau Akhirat? Ini Jawaban Alquran
    Hikmah
    Kamis, 10 Oktober 2019 - 05:01 WIB
    Banyak orang mendambakan kehidupan terbaik di dunia dan akhirat. Namun, tak sedikit di antara umat Islam justru kebingungan menentukan jalan hidupnya.
  • Tiga Penghafal Quran Pertama di Dunia
    Hikmah
    Jum'at, 08 November 2019 - 16:10 WIB
    Ada tiga penghafal quran pertama dalam sejarah Islam yang memiliki andil mengumpulkan lembaran Alquran sepeninggal Rasulullah SAW.
  • 5 Keutamaan Membaca Surah Ali Imran
    Hikmah
    Kamis, 09 Januari 2020 - 20:28 WIB
    Surah Ali Imran (keluarga Imran) merupakan surah ketiga dalam Kita Suci Al-Quran terdiri dari 200 ayat. Berikut keutamaannya.
  • Surat Yasin Ayat 39-40: Ayat-Ayat Sains tentang Perputaran Bulan dan Matahari
    Tausyiah
    Kamis, 30 Desember 2021 - 14:01 WIB
    Surat Yasin ayat 39-40 berisi penegasan Allah SWT bahwa matahari, bulan, dan semua mahluk langit adalah ciptaan-Nya. Allah juga menetapkan tempat peredaran bagi bulan dan matahari.
  • Badan Malaikat Itu Sangat Besar, Begini Penjelasan Al-Quran dan Hadits Nabi
    Hikmah
    Jum'at, 11 Februari 2022 - 18:25 WIB
    Besarnya fisik malaikat tidak bisa dibandingkan dengan manusia. Rasulullah SAW pernah melihat Jibril dalam wujud aslinya. Jibril memiliki 600 sayap dan setiap sayap mampu menutup cakrawala.
  • Doa Nabi Nuh, Keturunan Sam Menjadi Nabi dan Raja
    Hikmah
    Rabu, 29 April 2020 - 17:34 WIB
    Nabi Nuh meletakkan kedua tangannya kepada Sam dan berdoa Ya Allah, berkatilah Sam beserta keturunannya, dan jadikanlah di antara keturunannya kenabian dan kerajaan.
  • Bukti Bumi Itu Bulat Menurut Al-Quran
    Hikmah
    Senin, 08 Agustus 2022 - 23:11 WIB
    Bagi yang meyakini bumi datar (Flat Earth) tentu sulit diterima karena dianggap bertentangan dengan ayat-ayat Al-Quran dan pandangan ilmuwan muslim.
  • Hadits Menutup Aurat Wanita
    Muslimah
    Selasa, 06 Juli 2021 - 06:55 WIB
    Hadis menutup aurat wanita banyak disampaikan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Menutup anggota badan yang tidak boleh ditampakkan ini hukumnya wajib bagi wanita.