3 Hal yang Menyelamatkan dan Menghapus Dosa

loading...
3 Hal yang Menyelamatkan dan Menghapus Dosa
3 Hal yang Menyelamatkan dan Menghapus Dosa
Dalam Kitab Nashoihul 'Ibad (kumpulan nasihat bagi para hamba), Syeikh Nawawi Al-Bantani (1813-1897) mengulas hal-hal yang menyelamatkan seseorang dari azab dan amalan-amalan penghapus dosa.

Beliau menukil hadis dari Abu Hurairah yang bernama lengkap Abdurrahman bin Shakhr radhiallahu 'anhu (RA). Beliau berkata, bahwa Nabi Muhammad shallallahu 'alihi wa sallam (SAW) pernah bersabda: Ada tiga perkara yang menyelamatkan (dari azab), tiga perkara yang merusak (membawa orang kepada kerusakannya). Kemudian, tiga perkara meningkatkan derajat (beberapa tingkatan di akhirat) dan tiga perkara menghapuskan dosa.

Adapun 3 Hal yang Menyelamatkan adalah:
1. Takut kepada Allah dalam keadaan sepi (sendiri) maupun ramai.
2. Sederhana dalam keadaan kaya maupun faqir (miskin).
3. Seimbang dalam ridha dan marah (yaitu ridha karena Allah dan marah karena Allah).

Tiga Perkara yang Merusak yaitu:
1. Bakhil yang kelewatan.
Artinya tidak mau memberikan apa yang menjadi hak Allah dan hak makhluk). Apabila sifat bakhil itu ada dalam diri seseorang akan tetapi tidak diperturutkan, maka tidaklah yang demikian ini merusak karena sifat bakhil adalah sifat yang lazim ada pada manusia.
2. Hawa nafsu yang selalu Dituruti.
3. Ujub terhadap diri sendiri.
Artinya seseorang memandang dirinya sempurna disertai lalai terhadap nikmat Allah Ta'ala dan merasa aman dari hilangnya nikmat itu.

Adapun yang Meninggikan Derajat yaitu:
1. Menebarkan salam (kepada orang lain yang dikenal maupun yang tidak dikenal).
2. Memberi makanan (kepada tamu atau orang yang menderita kelaparan).
3. Salat pada waktu malam saat manusia tertidur lelap (yaitu mengerjakan salat tahajud pada tengah malam)

3 Amalan yang Dapat Menghapus Dosa:
1. Menyempurnakan wudhu pada saat yang sulit (artinya menyempurnakan wudhu saat udara sangat dingin dengan menjalankan sunah-sunahnya).
2. Malangkahkan kaki untuk mengerjakan salat berjama'ah.
3. Menunggu salat sesudah salat (untuk mengerjakan salat berikutnya di masjid yang sama).

(rhs)
cover top ayah
لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الۡاَرۡضِ‌ؕ وَاِنۡ تُبۡدُوۡا مَا فِىۡۤ اَنۡفُسِكُمۡ اَوۡ تُخۡفُوۡهُ يُحَاسِبۡكُمۡ بِهِ اللّٰهُ‌ؕ فَيَـغۡفِرُ لِمَنۡ يَّشَآءُ وَيُعَذِّبُ مَنۡ يَّشَآءُ‌ ؕ وَاللّٰهُ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ قَدِيۡرٌ
Milik Allah-lah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Jika kamu nyatakan apa yang ada di dalam hatimu atau kamu sembunyikan, niscaya Allah memperhitungkannya (tentang perbuatan itu) bagimu. Dia mengampuni siapa yang Dia kehendaki dan mengazab siapa yang Dia kehendaki. Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.

(QS. Al-Baqarah:284)
cover bottom ayah
preload video