Buya Yahya Ceritakan Kisah Iblis di Acara Maulid Nabi Al-Bahjah

loading...
Buya Yahya Ceritakan Kisah Iblis di Acara Maulid Nabi Al-Bahjah
Buya Yahya Ceritakan Kisah Iblis di Acara Maulid Nabi Al-Bahjah
Pengasuh Lembaga Pengembangan Dakwah Al-Bahjah Cirebon, Buya Yahya Zainul Ma'arifmenyampaikan kisah Iblis dan Ikrimah saat Maulid Nabi di Al-Bahjah Buyut, Kecamatan Gunung Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Maulid Nabi yang dirangkai Silaturrahim Akbar Satu Hati di Al-Bahjah Buyut dihadiri oleh Al-Habib Abu Bakar Assegaf dan ulama lainnya. Dalam ceramahnya, Buya Yahya menceritakan tentang Iblis dan kebaikan Ikrimah.

"Iblis itu kan kurang ajar benar, enggak patuh kepada Allah Ta'ala. Iblis yang dikeluarkan dari surga, terkutuk Iblis dari surga. Dia dikeluarkan karena marahnya kepada Nabi Adam'alaihis salam, dan dendam dengan Nabi Adam dan anak cucunya. Maka dia minta kepada Allah 'Ya Allah beri saya tangguhlah (tempo), sampai waktu mereka dibangkitkan," kata Buya Yahya membuka ceritanya.

Allah Ta'ala berfirman: "Sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu (Adam), lalu Kami bentuk tubuhmu, kemudian Kami katakan kepada para Malaikat: "Bersujudlah kamu kepada Adam", maka merekapun bersujud kecuali Iblis. Dia tidak termasuk mereka yang bersujud. Allah berfirman: "Apakah yang menghalangimu untuk bersujud (kepada Adam) di waktu Aku menyuruhmu?" Menjawab Iblis, "Saya lebih baik daripadanya, Engkau ciptakan saya dari api sedang dia Engkau ciptakan dari tanah". Allah berfirman: "Turunlah kamu dari Surga itu; karena kamu sepatutnya menyombongkan diri di dalamnya, maka keluarlah, sesungguhnya kamu termasuk orang-orang yang hina". Iblis menjawab: "Beri tangguhlah saya sampai waktu mereka dibangkitkan". Allah berfirman: "Sesungguhnya kamu termasuk mereka yang diberi tangguh". (QS. Al-A'raf: 11-15)



Artinya apa? Hari ini kata Buya Yahya, kita belajar membangun husnuzzhan (berprasangka baik) kepada Allah. Iblis saja yang durhaka kepada Allah, di saat yang serius (tulus), maka dendamnya itu benar kepada anak Adam. Diminta panjangkan umurnya dikasih oleh Allah yang Maha Pengasih.

"Maka kita sekarang berhusnuzzhan, Iblis yang terkutuk diberi ketetapan sampai hari ini pun tidak mati-mati untuk mengganggu anak Adam. Banyak sebab kita harus berhusnuzhan kepada Allah. Insya Allah doa kita akan dikabul," kata Buya.

Kemudian kisah Ikrimah, anaknya Abu Jahal yang memiliki kebaikan. Gara-gara dia punya kebaikan, Allah memuliakannya. Orang kafir yang ketika ia punya kebaikan kepada Nabi Muhammad SAW, maka Allah akan membalasnya. Anak cucunya akan diberi kebaikan.



"Husnuzhan kepada Allah bahwa kita bukan Abu Jahal, akan tetapi umat Nabi Muhammad SAW. Insya Allah yang hadir di tempat ini ada Ikrimah-Ikrimah dari keturunan kita yang bukan dari Abu Jahal.
halaman ke-1 dari 2
cover top ayah
رَبَّنَا اغۡفِرۡ لِىۡ وَلـِوَالِدَىَّ وَلِلۡمُؤۡمِنِيۡنَ يَوۡمَ يَقُوۡمُ الۡحِسَابُ
Ya Tuhan kami, ampunilah aku dan kedua ibu bapakku dan semua orang yang beriman pada hari diadakan perhitungan (hari Kiamat).

(QS. Ibrahim:41)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video