5 Hal yang Harus Disegerakan dalam Syariat Islam

Rabu, 29 Januari 2020 - 17:22 WIB
5 Hal yang Harus Disegerakan dalam Syariat Islam
5 Hal yang Harus Disegerakan dalam Syariat Islam
A A A
Islam tidak hanya mengatur urusan ibadah vertikal, tetapi juga mengatur urusan muamalah dan hubungan antarmanusia.

Ada lima hal yang disunnahkan untuk bersegera atau tergesa-gesa dikerjakan. Adapun hukum asal tergesa-gesa itu berasal dari setan, namun untuk kelima hal ini dianjurkan untuk bersegera karena di dalamnya terdapat kebaikan.

Menurut Al-Habib Quraisy Baharun yang menukil Kitab Hilyatul Auliya' karya Abu Nu'aim Al Ashbahani menyebutkan perkataan berikut ini dari Hatim Al Ashom:

كان يقال العجلة من الشيطان إلا في خمس إطعام الطعام إذا حضر الضيف وتجهيز الميت إذا مات وتزويج البكر إذا أدركت وقضاء الدين إذا وجب والتوبة من الذنب إذا أذنب .

"Ketergesa-gesaan biasa dikatakan dari setan kecuali dalam lima perkara: (1) menyajikan makanan ketika ada tamu (2) mengurus mayit ketika ia mati (3) menikahkan seorang gadis jika sudah bertemu jodohnya (4) melunasi utang ketika sudah jatuh tempo (5) segera bertaubat jika berbuat dosa."

1. Menyuguhkan hidangan untuk tamu.
Kita dperintahkan untuk segera menyuguhkan hidangan makanan atau minuman ketika ada tamu menghampiri rumah kita. Menjamu tamu dengan baik merupakan salah satu sunnah Nabi.

2. Mengurus mayit.
Jenazah orang mati harus segera diurus, tidak boleh ditunda-tunda lagi karena itu adalah hak mayit juga untuk segera diurus. Seorang mayit wajib dimandikan, dikafani, disalatkan kemudian dikuburkan.

3. Menikahkan anak perempuan jika sudah berumur dan sudah ketemu jodohnya.
Sebagai orangtua memiliki kewajiban untuk segera menikahkan anak-anaknya yang sudah berumur dan ketemu jodohnya. Jangan menunda-nunda anak untuk menikah.

4. Membayar utang kalau sudah jatuh tempo.
Kalau sudah jatuh tempo, utang harus segera dibayarkan. Menyegerakan membayar utang merupakan alah satu bentuk kejujuran dan memegang teguh amanah.

5. Taubat dari setiap dosa yang telah diperbuat.
Kita diperintahkan untuk segera bertaubat atas dosa yang telah kita perbuat. Ketika kita berdosa, kita jangan santai, diam, cuek sehingga kita lupa memohon ampun. Jika tidak segera bertaubat, lama kelamaan dosa itu bisa menumpuk dan susah dihapus dan akan menggelapkan hati.

Demikian 5 hal yang harus disegerakan. Semoga Allah memberikan taufik dan bimbingan-Nya agar kita dapat melakukan amal kebaikan.

Wallahu A'lam Bish-Showab
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2782 seconds (0.1#10.140)