alexametrics

Kang Rashied Beberkan 3 Tingkatan Tobat

loading...
Kang Rashied Beberkan 3 Tingkatan Tobat
Kang Rashied Beberkan 3 Tingkatan Tobat
Dai yang sering tampil di layar kaca, Kang Rashied membeberkan 3 tingkatan tobat (taubat) saat ceramah di Masjid Raya Bani Umar, Tangerang Selatan.

Menurut Kang Rashid, tobat merupakan salah satu akhlak terpuji di sisi Allah Ta'ala. Apabila seseorang melakukan kesalahan, dia mengkui kesalahannya terutama kepada Allah. Dia taubatan nasuha, kemudian melakukan perbaikan diri, bukan pembenaran atas kesalahannya.

Tobat adalah Ar-Ruju', yang artinya kembali kepada Allah Ta'ala dengan pemutihan/penghapusan dari dosa-dosa dan maksiat yang telah diperbuat. Ada 3 tingkatan tobat, yaitu:



1. Tobat Lisan.
Tobat lisan dengan mengucapkan "Astaghfirullahal'adzhim" ketika telah melakukan kesalahan.

2. Tobat Badan.
Taubat badan yaitu berpindah atau hijrah dari tempat/lingkungan maksiat ke tempat yang taat kepada Allah Ta'ala, kemudian bergaul dengan orang-orang saleh dan baik. Seperti berpindah dari tempat dugem (dunia gemerlap) ke kajian ilmu (pengajian).

3. Tobat Hati.
Tobat Hati yaitu rasa menyesal dan bertekad tidak mengulangi lagi kesalahan tersebut dan memperbaikinya menjadi lebih baik.

Kata Kang Rashied, apabila tobat dilakukan dengan benar, terus-menerus dan diterima Allah Ta'ala, maka akan melahirkan nikmat sabar, syukur, ridha (cinta) Allah Ta'ala. Karena Tobat adalah inti dari semuanya dan sangat penting dalam hidup.

Orang yang bertaubat, meminta ampun dan mendekat kepada Allah Ta'ala karena Allah yang Maha Pengampun (Al-Ghaffur), maka akan bertambah rezekinya, mendapatkan ketenangan dan menjadi penyejuk bagi orang-orang di sekelilingnya. Allah berfirman:
فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا (10) يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا (11) وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا (12)

"Maka aku katakan kepada mereka: 'Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai." (Surah Nuh ayat 10-12)

Semoga kita semua senantiasa menjadi hamba-Nya yang selalu memperbanyak tobat dan muhasabah atas diri kita. Semoga Allah mengampuni segala dosa-dosa kita, menerima segala amal kita, dan memudahkan segala urusan dan hajat kita.

وَاللّهُ أعلَم بِالصَّوَاب
(rhs)
cover top ayah
اِنَّمَا الصَّدَقٰتُ لِلۡفُقَرَآءِ وَالۡمَسٰكِيۡنِ وَالۡعٰمِلِيۡنَ عَلَيۡهَا وَالۡمُؤَلَّـفَةِ قُلُوۡبُهُمۡ وَفِى الرِّقَابِ وَالۡغٰرِمِيۡنَ وَفِىۡ سَبِيۡلِ اللّٰهِ وَابۡنِ السَّبِيۡلِ‌ؕ فَرِيۡضَةً مِّنَ اللّٰهِ‌ؕ وَاللّٰهُ عَلِيۡمٌ حَكِيۡمٌ
Sesungguhnya zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir, orang miskin, amil zakat, yang dilunakkan hatinya (mualaf), untuk (memerdekakan) hamba sahaya, untuk (membebaskan) orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk orang yang sedang dalam perjalanan, sebagai kewajiban dari Allah. Allah Maha Mengetahui, Mahabijaksana.

(QS. At-Taubah:60)
cover bottom ayah
preload video
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak