Kehebatan Anak-anak Muda di Sekitar Rasulullah SAW

loading...
Kehebatan Anak-anak Muda di Sekitar Rasulullah SAW
Kehebatan Anak-anak Muda di Sekitar Rasulullah SAW
Ustaz Miftah el-Banjary
Pakar Ilmu Linguistik Arab dan Tafsir Al-Qur'an

Tidak banyak memang sejarah kenabian yang mengulas seputar kontribusi para anak muda di sekitar Rasulullah SAW. Padahal peran mereka menempati posisi penting dan menentukan ujung tombak keberhasilan dakwah Islamiyyah di periode Makkah maupun pada periode Madinah.

Siapa sahabat yang pertama dari kalangan keluarga yang direkrut Rasulullah setelah Khadijah, istri beliau? Apakah Abu Bakar bin Shidiq? Jawabannya bukan. Rasulullah SAW memilih Ali bin Abi Thalib. Mengapa Ali bin Abi Thalib?

Pertama, Ali bin Abi Thalib merupakan anak asuhan Rasulullah yang tinggal serumah dengan beliau. Anak paman Rasulullah, Abu Thalib. Tentu, faktor kedekatan keluarga.



Kedua, karena Ali bin Abi Thalib ketika itu masih tergolong muda. Rasulullah sangat memahami bahwa salah satu strategi dakwah yang paling efektif adalah dari kalangan anak muda.

Di tangan anak mudalah ujung tombak perjuangan dakwah ditentukan, berhasil atau tidaknya tergantung bagaimana kemampuan melejitkan potensi hebat mereka. Terbukti, akhirnya Sayyidina Ali bin Thalib, sahabat muda itu berhasil memenangkan duel perang tanding mengalahkan Syaibah bin Abi Rabi'ah sewaktu perang Badar yang menjadi titik tolak kemenangan pertama dalam sejarah Islam.

Ali bin Abi Thalib selain dikenal sebagai ahli strategi perang, Ali juga dikenal sebagai sahabat intelektual muda yang jenius dan pakar semua keilmuan, termasuk dalam bidang ilmu tafsir dan ilmu hikmah.



Selain Ali, Rasulullah juga merekrut seorang pemuda yang rumahnya dijadikan sebagai markas perjuangan dakwah yang dilakukan secara rahasia dan sembunyi-sembunyi. Berawal dari Baitul Arqam "Rumah Arqam" itulah menjadi landasan dan pondasi dakwah pertama yang melahirkan sejumlah tokoh penting sahabat lainnya, seperti Utsman bin Affan, Zubair bin Awwam, Abdurrahman bin Auf.
halaman ke-1 dari 2
cover top ayah
وَقَالَ رَبُّكُمُ ادۡعُوۡنِىۡۤ اَسۡتَجِبۡ لَـكُمۡؕ اِنَّ الَّذِيۡنَ يَسۡتَكۡبِرُوۡنَ عَنۡ عِبَادَتِىۡ سَيَدۡخُلُوۡنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيۡنَ
Dan Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.”

(QS. Ghafir:60)
cover bottom ayah
preload video