10 Hal Penyebab Doa Tidak Dijawab Allah

loading...
10 Hal Penyebab Doa Tidak Dijawab Allah
10 Hal Penyebab Doa Tidak Dijawab Allah
Dai muda lulusan Universitas Al-Azhar Mesir, Al-Habib Geys bin Abdurrahman Assegaf menyampaikan tausiyah tentang rahasia dan hakikat berdoa di Masjid Raya Bintaro Jaya, Tangerang Selatan, baru-baru ini.

Kata Habib Geys, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam (SAW) pernah bersabda: "Doa adalah inti ibadah." (HR. At-Tirmidzi). Maksudnya Orang dikatakan berdoa berarti ia sudah mengakui bahwa urusannya ditanggung oleh Allah Ta'ala.

Maka setiap doa harus memenuhi kriteria. Banyak orang menganggap kalau ia mengangkat tangan dan dalam hatinya sudah berucap dianggap berdoa. Adapun syarat berdoa yaitu harus menghinakan diri dan mengemis di hadapan Allah.

Dikisahkan, Ibrahim bin Adham, seorang ulama sufi yang zuhud melewati pasar yang ramai di Kota Bashrah. Beberapa saat beliau dikerumuni banyak orang yang ingin minta nasihat. Salah seorang di antara mereka bertanya, "Kami telah berdoa setiap hari, siang dan malam, tapi mengapa sampai saat ini doa kami tidak dikabulkan?"

Ibrahim bin Adham diam sejenak lalu berkata, "Saudara sekalian. Ada 10 hal yang menyebabkan doa kalian tidak dijawab oleh Allah Ta'ala."

1. Kalian mengaku kenal Allah Ta'ala, tapi tidak menunaikan hak-hak-Nya.



2. Kalian membaca Al-Qur'an, tapi kalian tidak mengamalkan isinya.

3. Kalian mengaku mencintai Nabi Muhammad SAW, tetapi kalian meninggalkan sunnahnya.

4. Kalian mengaku membenci setan, tetapi pergerakan dan diamnya kalian mengikuti jejak dan bisikannya.
halaman ke-1
cover top ayah
صِرَاطِ اللّٰهِ الَّذِىۡ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الۡاَرۡضِ‌ؕ اَلَاۤ اِلَى اللّٰهِ تَصِيۡرُ الۡاُمُوۡرُ
(Yaitu) jalan Allah yang milik-Nyalah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Ingatlah, segala urusan kembali kepada Allah.

(QS. Asy-Syura:53)
cover bottom ayah
preload video