Kisah Cicit Rasulullah Sembuhkan Sakit Lumpuh Berkat Air Wudhu

loading...
Kisah Cicit Rasulullah Sembuhkan Sakit Lumpuh Berkat Air Wudhu
Kisah Cicit Rasulullah Sembuhkan Sakit Lumpuh Berkat Air Wudhu
SAYYIDAH Nafisah (145-208 H), cicit Nabi Muhammadshallallahu 'alaihi wa sallam (SAW) yang dikenal sebagai perempuan mulia karena ketinggian ilmu dan adabnya. Beliau dijuluki waliyullah karena zuhud dan sifat pengasihnya terhadap orang lain.

Sayyidah Nafisah merupakan puteri Imam Hasan Al-Anwar bin Zaid Al-Ablaj bin Imam Hasan bin Imam Ali bin Abi Thalibradhiallahu 'anhu. Beliau lahir di Makkah, pada 11 Rabiulawal 145 H, besar di Madinah kemudian hijrah ke Mesir.

Ulama besar Imam Syafi'i juga pernah belajar ngaji kepadanya. Sayyidah Nafisah memiliki banyak karamah, salah satunya menyembuhkan sakit lumpuh yang diderita seorang anak Yahudi hingga menjadi sebab keluarganya memeluk Islam.

Dikisahkan, seorang anak keluarga Yahudi menderita sakit lumpuh dan tidak seorang pun yang bisa mengobatinya. Tiba-tiba kakinya bisa berdiri dan berlari setelah anak itu mengoleskan air wudhu Sayyidah Nafisah ke kakinya.



Suatu hari Sayyidah Nafisah datang ke Mesir untuk menetap dan tinggal di sana. Di Mesir, beliau tinggal berdekatan dengan keluarga Yahudi yang memiliki anak gadis yang menderita sakit lumpuh. Meski berbeda keyakinan, Sayyidah Nafisah sangat menghormati tetangganya sebagaimana diajarkan oleh Islam.

Di hari yang cerah, ibu gadis Yahudi hendak pergi untuk suatu keperluan. Ia bingung dan tidak tahu kepada siapa anaknya yang lumpuh dititipkan. Setelah berpikir sejenak, akhirnya sang ibu memutuskan menitipkan anaknya kepada Sayyidah Nafisah.

Sayyidah Nafisah tak merasa keberatan sedikit pun dengan amanah sang ibu. Beliau menjaga anak itu penuh kasih sayang. Ketika tiba waktu salat, Sayyidah Nafisah bergegas mengambil air wudhu. Namun, saat Sayyidah berwudhu, air basuhannya tanpa disadarinya mengalir ke tempat anak gadis Yahudi yang lumpuh itu.



Gadis Yahudi itu kemudian mengambil bekas air wudhu itu dengan tangannya. Kemudian ia membasuhkannya ke kedua kakinya yang lumpuh. Subhanallah, atas izin Allah Ta'ala, anak gadis itu tiba-tiba bisa berdiri. Tak lama kemudian ia sembuh total dari kelumpuhannya.
halaman ke-1 dari 3
cover top ayah
وَ جَآءَتۡ سَكۡرَةُ الۡمَوۡتِ بِالۡحَـقِّ‌ؕ ذٰلِكَ مَا كُنۡتَ مِنۡهُ تَحِيۡدُ
Dan datanglah sakaratul maut dengan sebenar-benarnya. Itulah yang dahulu hendak kamu hindari.

(QS. Qaf:19)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video