Keutamaan Ahlul Bait Rasulullah, Siapa Saja Mereka? (1)

loading...
Keutamaan Ahlul Bait Rasulullah, Siapa Saja Mereka? (1)
Setiap nasab dan hubungan keluarga lewat perkawinan pada hari Kiamat nanti akan terputus, kecuali nasab dan hubungan kekeluargaan (melalui perkawinan) dengan Nabi Muhammad. Foto/Ist
Ahlul Bait adalah keluarga rumah tempat tinggal dan keluarga nasab Nabi Muhammadصلى الله عليه وسلم. Istri-istri Nabi merupakan keluarga ahlul bait, sedangkan kerabat-kerabatnya adalah keluarga karena pertalian nasab. Banyak hadis yang menunjukkan keterangan ini, antara lain:

عن ابى سعيد الحدري رضي الله عنه قال: إن هذه الاية نزلت فى النبي صلى الله عليه وسلم وعلي وفاطمة والحسن والحسين رضي الله عنهم

Dari Abu Sa'id al-Khudriy ia berkata: "Sesungguhnya ayat ini turun berkaitan dengan Nabi shalallahu 'alaihi wa Alihi wa shahbihi wasallam, Ali, Fatimah, Al-Hasan dan Al-Husain radhiyallahu 'anhum." (HR. Imam Ahmad)

(Baca Juga: Larangan Membenci dan Menyakiti Ahlul Bait Rasulullah)



Nabi صلى الله عليه وسلم mengemulkan sebuah kain pada mereka (Ali, Fatimah, Al-Hasan dan Al-Husain) dan bersabda: "Ya Allah, mereka adalah ahli baitku dan orang-orang khususku, hilangkan dari mereka noda dan bersihkan mereka sebersih-bersihnya."

Dalam riwayat lain disebutkan: Rasulullah mengemulkan sebuah kain menutupkan kain kepada mereka dan meletakkan tangannya ke atas mereka dan bersabda: "Ya Allah, sesungguhnya mereka adalah keluarga Muhammad, maka jadikanlah shalawat-Mu dan barakahMu kepada keluarga Muhammad, sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung."

Pertanyaannya, apakah pertalian dengan Rasulullah صلى الله عليه وسلم dan bernasab kepadanya merupakan suatu kemuliaan? Berikut penjelasan Al-Habib Zein bin Smith Al-Alawi Al-Husaini dalam tanya jawab akidah ahlussunnah wal jama'ah yang dilansir dari Al-Fachriyah.



Habib Zein bin Smith menukil ayat Al-Qur'an yang menerangkan keutamaan alhul bait:
halaman ke-1 dari 3
cover top ayah
يٰۤاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقۡنٰكُمۡ مِّنۡ ذَكَرٍ وَّاُنۡثٰى وَجَعَلۡنٰكُمۡ شُعُوۡبًا وَّقَبَآٮِٕلَ لِتَعَارَفُوۡا‌ ؕ اِنَّ اَكۡرَمَكُمۡ عِنۡدَ اللّٰهِ اَ تۡقٰٮكُمۡ‌ ؕ اِنَّ اللّٰهَ عَلِيۡمٌ خَبِيۡرٌ
Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Mahateliti.

(QS. Al-Hujurat:13)
cover bottom ayah
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video