Jelang Ramadan, warga Jakarta ziarah ke makam

Minggu, 07 Juli 2013 - 13:35 WIB
Jelang Ramadan, warga Jakarta ziarah ke makam
Jelang Ramadan, warga Jakarta ziarah ke makam
A A A
Sindonews.com - Suasana Tempat Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak, Jakarta Pusat, hari Minggu ini tampak berbeda dengan hari sebelumnya. Pasalnya, banyak warga Jakarta yang berziarah jelang puasa (nyekar) ke pemakaman.

Menurut Riswandi salah seorang pengunjung pemakan Karet Bivak, ia bersama kelurga meluangkan waktu untuk berziarah ke pemakaman ini untuk berziaran mengunjungi pemakaman keluarganya.

"Kita ziarah ke sini karena jelang puasa buat doain keluarga yang sudah meninggal," kata Riswandi pada Sindonews, di lokasi, Minggu (7/7/2013).

Selain berziah ke makam keluarga, Riswandi juga mengaku, menyempatkan diri untuk berziarah ke makam ustaz Jefri Al Buchori atau Uje yang berada satu lokasi dengan makam keluarganya itu.

"Ia tadi sekalian sembahyang ke makam Uje kan sekalian. Mumpung deket, biar semuanya diterima, yah," harapnya.

Ziarah ini, menurut dia, sudah menjadi kebiasaaan warga Jakarta jelang bulan suci Ramadan. Dia juga menambahkan, hal tersebut biasanya dilakukan jelang bulan puasa atau sesudah Lebaran.

"Ini biasa kita lakukan satu atau dua minggu sebelum puasa dan satu minggu setelah puasa untuk doain keluarga yang sudah meninggal," terangnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5966 seconds (0.1#10.140)