Tiap tahun pemudik asal Depok meningkat

Senin, 29 Juli 2013 - 08:17 WIB
Tiap tahun pemudik asal...
Tiap tahun pemudik asal Depok meningkat
A A A
Sindonews.com - Jumlah arus mudik dari Depok meningkat sejak tiga tahun belakangan. Tercatat, tahun 2010 terdapat 30 ribu kursi menjadi 34.276 pada Tahun 2012 kemarin. Meningkatnya arus mudik di Depok disinyalir sebagai pengaruh urbanisasi.

Kepala Bidang Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Depok Ari Manggala mengatakan, arus mudik tahun ini diprediksi naik hingga 4 persen atau naik pada kisaran 36.449. "Tiap tahun ada peningkatan pemudik," kata Ari, Minggu (28/07/2013).

Untuk di Terminal Depok sendiri terdapat dua titik keberangkatan. Yaitu di dalam terminal dan di luar terminal. Pada 2011-2012, pemudik yang berangkat dari dalam terminal tercatat ada 24.621 kursi.

Sedangkan, di luar terminal ada 9.655 kursi. Kalau di luar terminal, para pemudik berangkat dari depan kantor BNI Jalan Margonda Raya dan di Simpangan Depok. "Kalau yang di luar terminal ini kan mereka berangkat sendiri, tapi tetap kami catat," ujarnya.

Ari mengatakan, sampai saat ini persiapan mudik masih berjalan lancar. Dari 36.449 kursi, terdapat 600 armada yang tersedia. Masing-masing armada bermuatan 60 kursi. "Sekarang tinggal kesiapan armada bus," katanya.

Untuk pemberangkatan dalam Terminal Terpadu Kota Depok, kata Ari, biasanya pengusaha bus akan mempersiapkan bus cadangan yang berukuran kecil. "Hal itu untuk antisipasi manakala tiba-tiba arus mudik melonjak," akunya.

Untuk tahun ini, Depok memiliki 300 kuota penitipan motor pemudik untuk diantarkan ke tempat tujuan. Namun hingga H-12 lebaran ini, baru 70 orang yang mendaftarkan motornya.

Menurut Ari, program pengiriman motor yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan ini untuk menghindari bahaya mudik menggunakan motor.

"Pemerintah menyediakan mobil untuk mengangkut motor pemudik ke tempat tujuan, sementar pemudiknya sendiri busa memakai bus," ujar Ari.

Seperti tahun lalu, puncak mudik untuk tahun ini berada pada H-2 lebaran. Karena itu, Dishub Depok bersama kepolisian akan mulai membuka pos pengamanan di titik-titik crowded pada H-7 lebaran. "Titik utamanya di dalam terminal," kata dia.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9719 seconds (0.1#10.140)