Kolinlamil Peringati Nuzurul Quran

Jum'at, 02 Agustus 2013 - 04:12 WIB
Kolinlamil Peringati Nuzurul Quran
Kolinlamil Peringati Nuzurul Quran
A A A
Sindonews.com - Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) memperingati Nuzulul Quran, dengan menggelar ceramah agama yang menghadirkan penceramah Letkol Laut (KH) Ian Heriawan di Gedung Laut Natuna, Mako Kolinlamil Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Menurut Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil), Laksamana Muda TNI S.M. Darojatim mengajak prajutir Kolinlamil untuk bersyukur terhadap nikmat yang selama ini diterima, dengan pengertian syukur yang sebenar-benarnya.

Pangkolinlamil juga menekankan pentingnya untuk mengambil hikmah dari peringatan Nuzulul Quran ini, sehingga dapat menambah keimanan dan ketaqwaan serta ketaatan dalam menjalankan syariat agama Islam.

Selain itu, Pangkolinlamil juga mengingatkan pentingnya mempelajari Alquran, agar anggota Kolinlamil khususnya yang belum bisa membaca Alquran, tahun ini diharapkan sudah banyak yang mampu dan lancar membaca Alquran.
Sementara itu, penceramah Letkol Laut (KH) Ian Heriawan dalam tausyiahnya menceritakan sejarah turunnya Alquran.

Menurutnya, Alquran yang merupakan kitab suci bagi umat Islam, diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, dengan jangka waktu dan dilaksanakan secara bertahap serta situasional, yaitu selama 22 tahun, 22 bulan dan 22 hari atau dibulatkan menjadi selama 23 tahun.

Proses turunnya pun melalui malaikat Jibril dengan dua tempat yang berbeda, yaitu di Kota Mekah yang kemudian disebut dengan surat Makiyah dan yang diturunkan di Kota Madinah disebut surat Madaniyah.

Memperhatikan proses turunnya Alquran tersebut, lanjutnya, maka dapat diambil hikmah dan pelajaran bahwa segala sesuatu untuk menuju kesuksesan diperlukan suatu standar, dan melewati prosedur serta perencanaan yang matang.

Oleh karena itu ada korelasi antara peringatan Nuzulul Quran ini dengan tugas dan pengabdian prajurit, yaitu dalam melaksanakan tugas yang diemban harus sesuai dengan fungsi dan prosedur serta adanya kepercayaan dan loyalitas.

Sedangkan kaitannya dengan landasan moral, Alquran memiliki peran sebagai petunjuk, pembeda antara yang haq (benar) dan yang bathil (salah) serta sebagai Assyifa atau obat dan penyembuh.

Hal ini sesuai tema peringatan yaitu "Dengan hikmah Nuzulul Qur'an 1434 H / 2013 M, kita mantapkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT sebagai landasan moral dalam pelaksanaan tugas dan pengabdian".

Hadir pada acara tersebut selain Pangkolinlamil, Kaskolinlamil Laksma TNI Karma Suta, Ketua Gabungan Jalsenastri Kolinlamil beserta staf, para pejabat teras, Komandan KRI, serta seluruh staf Mako dan unsur Satlinlamil Jakarta baik militer dan PNS Kolinlamil.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4715 seconds (0.1#10.140)