Dishub Jaktim siapkan posko uji kelayakan

Jum'at, 02 Agustus 2013 - 07:30 WIB
Dishub Jaktim siapkan posko uji kelayakan
Dishub Jaktim siapkan posko uji kelayakan
A A A
Sindonews.com - Suku Dinas (Sudin) Perhubungan Jakarta Timur (Jaktim)menyiapkan posko uji kelayanan kendaraan dan sopir. Hal itu bertujuan, untuk menekan angka kecelakaan.

Menurut Kepala Sudin Perhubungan Jaktim Mirza Ariyadi mengatakan, posko kelayakan ini untuk melakukan pemeriksaan terhadap bus dan sopir yang akan mengantar calon pemudik ke kampung halamannya.

"Bus yang akan beroperasi harus lolos empat uji kelayakan, pertama kondisi bus diperiksa, apakah layak beroperasi atau tidak; kedua sistem rem pun terhadap bus akan diperiksa petugas," kata Mirza, Jumat (2/8/2013).

Ketiga, kata Mirza, sopir harus lolos tes urine, tujuannya agar sopir tidak dibawah pengaruh alkohol saat mengemudi.

"Dan terakhir adalah melakuan kelayakan terhadap lampu, baik itu lampu sen ataupun lampu rem. Jika lolos, maka bus dan sopirnya bisa masuk ke dalam terminal," terangnya.

Dia mengaku, sempat mengumpulkan kepala seksi, sopir dan pengusaha armada, untuk melakukan penyuluhan mengenai pelayanan maksimal.

"Sopir kami kasih penyuluhan untuk menjaga kesehatan dan tidak mengkonsumsi alkohol atau obat terlarang, sehingga keselamatan menjadi jaminan dari pelayanan. Sedangkan, untuk pengusaha transportasi, kami meminta untuk memberikan pelayanan yang maksimal," katanya.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5298 seconds (0.1#10.140)