Usaha mendapatkan harta

loading...
Usaha mendapatkan harta
Usaha mendapatkan harta
SETIAP orang yang memiliki kemampuan untuk berusaha harus berusaha secara halal. Hal ini karena usaha yang halal merupakan sesuatu yang amat mulia.

Memilih usaha daripada dibagi
Hijrah Nabi SAW dan para sahabat ke Madinah meninggalkan banyak kisah menarik dan pelajaran yang sangat berharga. Satu diantaranya tentang persaudaraan yang sangat indah. Dalam hadis sahih Bukhari diriwayatkan bahwa Rasulullah SAW membersaudarakan Abdurrahman bin Auf dari Mekkah dengan Sa’ad bin Rabi dari Madinah.

Sa’ad merupakan salah seorang terkaya di Madinah yang siap membangi separuh hartanya untuk Abdurrahman, bahkan karena Abdurrahman belum menikah, maka ia pun siap menceraikan salah seorang isterinya agar nantinya Abdurrahman bin menikah dengannya.

Tawaran yang menggiurkan itu tidak begitu saja diterima dengan senang hati. Abdurrahman justru menyatakan: “Semoga Allah memberkahi keluarga dan hartamu. Aku tidak menginginkan hal itu. Apakah ada pasar tempat untuk berniaga?.”



Setelah ditunjukkan ke pasar Bani Qainuqa, Abdurrahman pergi ke pasar itu dengan membawa susu kering dan mentega, iapun memulai usaha dengan tekun sehingga memperoleh keuntungan yang banyak.

Tidak lama setelah itu, Abdurrahman datang menemui Rasul dengan bekas warna kuning pada pakaiannya. Rasulullah SAW bertanya: “Bagaimana kabarmu, apakah engkau telah menikah?.” Abdurrahman menjawab: “Ya.”

Beliau bertanya lagi: “Dengan siapa?.”
Abdurrahman menjawab: “Dengan seorang wanita dari Anshar.”

Rasulullah saw bertanya lagi: “Berapa yang engkau berikan kepadanya.” (maksudnya maskawin).
Abdurrahman menjawab: “Satu Nawah emas” (14,875 gram)

Mendengar hal itu, tentu saja Rasulullah SAW bergembira sehingga beliau menyatakan: “Semoga Allah memberikahimu. Rayakanlah walaupun dengan seekor kambing.”

Dari kisah di atas, pelajaran yang dapat kita ambil adalah dalam situasi sulit pada dasarnya boleh saja seseorang memperoleh bantuan dari orang lain. Namun bagi orang yang memiliki semangat berusaha, hal itu tidak akan memanjakannya, dia lebih suka hidup mandiri daripada harus ditopang orang lain sehingga harus memiliki semangat berusaha sejak awal.

Drs H. Ahmad Yani
Ketua Lembaga Dakwah KHAIRU UMMAH
(nfl)
cover top ayah
فَاصۡبِرۡ لِحُكۡمِ رَبِّكَ وَلَا تُطِعۡ مِنۡهُمۡ اٰثِمًا اَوۡ كَفُوۡرًا‌ۚ‏
Maka bersabarlah untuk (melaksanakan) ketetapan Tuhanmu, dan janganlah engkau ikuti orang yang berdosa dan orang yang kafir di antara mereka.

(QS. Al-Insan:24)
cover bottom ayah
preload video