Kisah Sultan Osman Ghazi, Pendiri Dinasti Turki Utsmani

Sabtu, 04 Februari 2023 - 05:10 WIB
Menjelang akhir pemerintahannya, Kesultanan Utsmaniyah terus berupaya menaklukkan Kota Bursa. Perang Osman terakhir adalah menduduki Bursa. Meskipun tidak secara langsung terjun ke medan laga, keberhasilan Osman menduduki Bursa membuktikan betapa pentingnya kedudukan kota itu sebagai pijakan untuk melawan Romawi Timur di Konstantinopel.

Bursa kemudian dijadikan ibu kota pada masa kekuasaan putra dan penerus Osman, Orhan. Ketika berhasil menduduki Bursa, Osman jatuh sakit. Pada Tahun 1323, pihak kesultanan mengumumkan Osman I meninggal dunia. Hal ini bertepatan dengan usainya pertempuran di Bursa Orhan dengan memperoleh kemenangan.

Tempat pemakaman terakhir dari Osman berada di Kota Bursa setelah sebelumnya pernah dimakamkan di kampung halamannya di Sogut. Setelah wafatnya Osman Gazi, Kesultanan Utsmaniyah semakin eksis dan disegani dunia.

Seiring waktu, Dinasti Turki Utsmani menjadi imperium besar yang paling lama berkuasa yaitu enam abad lebih (Tahun 1281-1924 M). Kesultanan Utsmaniyah mengalami keruntuhan pada Tahun 1924.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Halaman :
Hadits of The Day
Dari Abdullah bin Busr, seorang badui bertanya: Wahai Rasulullah, siapa orang terbaik itu? Rasulullah shallallahu 'alahi wa salam menjawab: Orang yang panjang umurnya dan baik amalnya.

(HR. Tirmidzi No. 2251)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More