Senang Shopping? Waspada Bahayanya Bagi Muslimah

Minggu, 19 Juli 2020 - 09:20 WIB
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang masuk pasar, lalu mengucapkan do’a (tersebut), maka Allah akan mencatat satu juta kebaikan baginya dan akan menghapus satu juta keburukan baginya, dan akan mengangkat derajatnya satu juta tingkatan.” (HR. Tirmidzi, Hakim dan Ibnu Majah)

Satu hal lagi, kenapa ketika ke pasar harus berdoa? Karena ternyata Allah sangat membenci pasar . Apakah engkau senang bersembunyi di tempat yang paling dibenci oleh Allah dan berleha-leha di tempat yang tidak disukai Allah?

Dari Abu Hurairah radhiyallahu'anhu diriwayatkan bahwa ia berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

"Tempat yang paling dicintai oleh Allah adalah masjid-masjidnya. Sedangkan tempat yang paling dibenci oleh Allah adalah pasar-pasarnya," (Shahih Muslim)

Kemudian dalil dari Jubair bin Muth'im radhiyallahu'anhu diriwayatkan bahwa ia pernah berkata." Wahai Rasulullah, tempat manakah yang paling dicintai oleh Allah dan tempat manakah yang paling dibenci oleh Allah?" Beliau menjawab" Aku tidak tahu, kecuali setelah aku tanyakan kepada JIbril", Maka datanglah jibril dan memberi tahu be;iau,"Sesungguhnya temat yang paling dicintai oleh Allah adalah masjid-masjid, dan tempta yang paling dibenci oleh Allah adalah pasar-pasar". Maka jauhilah perangkap yang siap menjerat kalian, yakni pasar-pasar. (HR Ahmad, Bazzar dan Abu Ya'la. Lihat Shohihu t'-Targhib wa 't-Tarhib(t/249) (325)

Kemudian dalil dari Abdullah bin Mas'ud radhiyallahu'anhu, diriwayatkan bahwa ia berkata , Rasulullah bersabda:

"Jauhilah oleh kalian perselisihan, permusuhan dan suara-suara keras yang terjadi di pasar-pasar!". ((Shahih Muslim)

Karena itu muslimah , umur adalah lahan untuk beramal, dan setiap waktu ada masa berakhirnya. Maka janganlah lalai untuk beramal. Tinggalkanlah kelesuan dan kemalasan karena ajal telah dekat. Janganlah waktu kita dihabiskan untuk aktivitas yang tidak terlalu penting, di tempat-tempat yang banyak mudharatnya pula.

Dari Abdullah bin Mas'ud radhiyallahu'anhu diriwayatkan bahwa Nabi Shallallahu alihi wa sallam bersabda :

"Tidak akan bergeser kedua kaki anak Adam kelak pada hari kiamat di sisi Rabb-nya hingga ditanya tentang lima hal (yaitu) tentang umurnya untuk apa ia gunakan, tentang masa mudanya untuk apa ia habiskan, tentang hartanya darimana ia dapatkan dan kemana ia belanjakan dan apa yang telah ia amalkan dengan ilmunya". (Shahih Sunani at-Tirmidzi (II/289) (1996))

Tips agar aktivitas belanja efektif dan bermanfaat

Muslimah, ketika hendak berbelanja ke mall atau pasar ada beberapa tips yang bisa digunakan, agar perjalanan aktivitas belanja kita aman dan diberkahi. Dirangkum dari berbagai sumber, inilah tips saat hendak shopping:

1. Perhatikan penampilan

Hal penting yang harus diperhatikan seorang muslimah keluar dari rumah adalah menutup aurat, tidak berhias (tabaruj), tidak campur baur laki-laki dan perempuan, dan lainnya. Jangan lupa pula untuk membawa make-up kita yang paling berharga, yaitu malu. Sungguh make-up ini akan membantu menjaga diri kita.

2. Buat daftar belanjaan yang akan dibeli

Dengan demikian, kita tidak perlu menghabiskan waktu untuk mondar-mandir ke pasar atau supermarket setiap hari.

3. Jangan bawa uang berlebih

Membawa uang terlalu banyak akan merepotkan bagi kita yang mudah tergoda dengan barang-barang yang menarik.

4. Jangan lupa berdo’a

5. Jagalah pandangan
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
cover top ayah
اَلَّذِيۡنَ يَاۡكُلُوۡنَ الرِّبٰوا لَا يَقُوۡمُوۡنَ اِلَّا كَمَا يَقُوۡمُ الَّذِىۡ يَتَخَبَّطُهُ الشَّيۡطٰنُ مِنَ الۡمَسِّ‌ؕ ذٰ لِكَ بِاَنَّهُمۡ قَالُوۡۤا اِنَّمَا الۡبَيۡعُ مِثۡلُ الرِّبٰوا‌ ۘ‌ وَاَحَلَّ اللّٰهُ الۡبَيۡعَ وَحَرَّمَ الرِّبٰوا‌ ؕ فَمَنۡ جَآءَهٗ مَوۡعِظَةٌ مِّنۡ رَّبِّهٖ فَانۡتَهٰى فَلَهٗ مَا سَلَفَؕ وَاَمۡرُهٗۤ اِلَى اللّٰهِ‌ؕ وَمَنۡ عَادَ فَاُولٰٓٮِٕكَ اَصۡحٰبُ النَّارِ‌ۚ هُمۡ فِيۡهَا خٰلِدُوۡنَ
Orang-orang yang memakan riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan setan karena gila. Yang demikian itu karena mereka berkata bahwa jual beli sama dengan riba. Padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Barangsiapa mendapat peringatan dari Tuhannya, lalu dia berhenti, maka apa yang telah diperolehnya dahulu menjadi miliknya dan urusannya (terserah) kepada Allah. Barangsiapa mengulangi, maka mereka itu penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya.

(QS. Al-Baqarah Ayat 275)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More