13 Sunnah Wudu, Nomor Terakhir Pahalanya Dibukakan 8 Pintu Surga

Jum'at, 26 Mei 2023 - 17:40 WIB
Selain mengetahui 6 rukun (fardhu) wudu, umat muslim perlu mengetahui sunnah-sunnah saat berwudu. Foto ilustrasi/dok Akhbarak
Berwudu adalah syarat sahnya ibadah seperti sholat atau melakukan thawaf Haji dan umrah. Mempelajari fiqih wudhu hukumnya wajib bagi setiap muslim.

Perintah wudu dan rukunnya dijelaskan dalam Al-Qur'an sebagaimana firman-Nya:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ


Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki." (QS Al- Maidah ayat 6)

Selain mengetahui 6 rukun (fardhu) wudu, umat muslim perlu mengetahui sunnah-sunnah berwudu. Setidaknya ada 13 sunnah wudhu sebagaimana dijelaskan dalam Hadis-hadis Nabi.



Berikut 13 sunnah-sunnah wudu dinukil dari Kitab Safinatun Najah karya ulama besar Syaikh Salim bin Abdullah bin Saad bin Sumair Al hadhrami:

1. Memakai Siwak atau Menggosok Gigi

Salah satu sunnah wudhu yang dianjurkan dalam syariat adalah bersiwak (menggosok gigi) sebelum berwudhu. Rasulullah SAW bersabda: "Seandainya aku tidak khawatir akan memberatkan umatku, niscaya aku perintahkan mereka bersiwak setiap kali akan shalat." (HR Al-Bukhari Muslim)

2. Membaca Bismillah

Membaca kalimat Basmalah dimulai dari pertama mencuci kedua telapak tangan. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW: "Berwudhulah kamu dengan bismillah (dengan menyebut nama Allah)." (HR Al-Baihaqi dengan isnad jayyid)

3. Mencuci Kedua Telapak Tangan

Sayyidina Ustman dan Ali radhiallahu 'anhuma menyifatkan wudhu Rasulullah SAW bahwa beliau mencuci tangan tiga kali. (HR Al-Bukhari Muslim)

4. Berkumur-kumur Tiga Kali

Rasulullah SAW bersabda: "Jika engkau ingin berwudhu, maka berkumur-kumurlah." (HR Abu Daud)

5. Memasukkan Air ke Hidung dan Mengeluarkannya (Istinsyaq)

Dari Amr bin Abasah, Rasulullah SAW: "Tidaklah seorang di antara kalian mendekati air wudhunya, lalu dia berkumur, memasukkan air ke dalam hidung dan membuangnya, kecuali keluar dosa-dosanya dari rongga hidungnya bersama sama air." (HR Muslim)

6. Mengusap Seluruh Kepala dari Depan ke Belakang

Wudhu Rasulullah SAW disifatkan Abdullah bin Zeid: "Maka beliau mengusap kepalanya dengan kedua tanganya dari depan ke belakang dan dari belakang ke depan." (HR Al-Bukhari Muslim)

7. Mengusap Kedua Telinga Luar dan Dalam dengan Air Baru

Dari Ibnu Abbas, Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya beliau mengusap kepalanya dan kedua telinganya luar dan dalam lalu memasukkan kedua jari telunjuknya kedalam lubang-lubang telinganya." (HR Abu Dawud dan An-Nasai')

8. Membasuh Jenggot dan Menyela-nyelanya

Sunnah berikutnya adalah membasuh jenggot dengan air wudhu dan menyela-nyela jenggot dengan jari jari tangan. Hal ini sesuai yang dilakukan Rasulullah SAW ketika berwudhu: "Beliau membasuh jenggotnya (dengan jari jari tangan)." (HR at-Tirmidzi)
Halaman :
Follow
cover top ayah
وَهُوَ الَّذِىۡ مَرَجَ الۡبَحۡرَيۡنِ هٰذَا عَذۡبٌ فُرَاتٌ وَّهٰذَا مِلۡحٌ‌ اُجَاجٌ ۚ وَجَعَلَ بَيۡنَهُمَا بَرۡزَخًا وَّحِجۡرًا مَّحۡجُوۡرًا
Dan Dialah yang membiarkan dua laut mengalir berdampingan, yang ini tawar dan segar dan yang lain sangat asin lagi pahit, dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang tidak tembus.

(QS. Al-Furqan Ayat 53)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More