Bacaan Takbir Iduladha Lengkap Arab, Latin dan Batas Waktunya

Rabu, 28 Juni 2023 - 21:12 WIB
Takbir Iduladha dianjurkan dibaca dan dikumandangkan pada malam Hari Raya Id hingga hari ke-13 Dzulhijjah. Foto/dok Farazinux
Kalimat Takbir Iduladha sangat dianjurkan dibaca dan dikumandangkan pada malam Hari Raya Id hingga hari ke-13 Dzulhijjah. Hal ini sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur'an:

"....Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur." (QS Al-Baqarah ayat 185)

Baca Juga: Takbir Iduladha
Berikut dua macam Takbir yaitu Mursal dan Muqayyad:

1. Mursal artinya yang tidak terikat dengan sholat. Takbir ini disunnahkan dibaca mulai terbenamnya matahari di Hari Arafah sampai takbirnya imam ketika sholat Idul Adha.



2. Muqoyyad artinya yang terikat dengan waktu sholat, baik sunnah, wajib bahkan sholat jenazah. Maka disunnahkan bagi orang yang tidak melaksanakan haji dimulai dari Subuh Hari Arafah sampai Sholat Ashar di hari 13 Dzulhijjah.

Adapun yang melaksanakan ibadah haji di mulai dari masuknya Zuhur di Hari Raya Iduladha sampai sholat Subuh di hari 13 Dzulhijjah setelah Tahallul dilanjutkan sampai masuknya waktu Ashar.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rhs)
Hadits of The Day
Dari Abdurrahman bin 'Auf radhiyallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:  Jika seorang wanita selalu menjaga shalat lima waktu, juga berpuasa sebulan (di bulan Ramadhan), serta bersungguh-sungguh menjaga kemaluannya (dari perbuatan zina), dan benar-benar taat pada suaminya.  Maka dikatakan pada wanita yang memiliki sifat mulia ini, Masuklah dalam surga melalui pintu mana saja yang engkau suka.

(HR. Ahmad 1:191)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More