Makanan Khas Arab Saudi: Iduladha, Mahshoosh Kembali

Kamis, 20 Juni 2024 - 10:26 WIB
loading...
Makanan Khas Arab Saudi:...
Mahshoosh sangat tinggi kalori dan biasanya disajikan hanya saat Iduladha. Foto/Ilustrasi: Arab News
A A A
Makanan tradisional itu menyandang nama mahshoosh, atau Al-Humais. Pada hari raya Iduladha menu ini banyak hadir menghiasi meja makan masyarakat Jazan, Arab Saudi . Ini adalah warisan budaya daerah tersebut.

Jazan adalah sebuah provinsi di Arab Saudi. Ini merupakan kota pelabuhan yang terletak di barat daya Arab Saudi, dan berada di utara perbatasan Arab Saudi dan Yaman . Kota Jazan berada di pesisir laut merah, dan merupakan jantung pertanian yang memiliki populasi 1,5 juta sesuai dengan sensus tahun 2010.

Wilayah ini juga terkenal dengan produksi berkualitas tinggi dari buah-buahan tropis seperti mangga, ficus dan pepaya.

Kembali ke makanan tradisional mahshoosh. Makanan ini telah teruji oleh waktu, mempertahankan keunggulannya di antara berbagai hidangan yang menghiasi meja Jazan.

Persiapannya dipandang sebagai kebangkitan tradisi kuno sejak zaman ketika belum ada alat pendingin. Masyarakat setempat mengandalkan hidangan ini untuk mengawetkan daging kurban Iduladha mereka.



Meskipun hidangan ini paling diasosiasikan dengan Iduladha, bukan berarti tak bisa dinikmati sepanjang tahun.

Namanya berasal dari metode persiapannya, yang melibatkan pemotongan halus daging dan lemak menjadi potongan-potongan kecil, sebuah proses yang disebut sebagai “Al-Hash” dalam dialek lokal.
Makanan Khas Arab Saudi: Iduladha, Mahshoosh Kembali

Resep mahshoosh telah diturunkan dari generasi ke generasi, dan para wanita di Jazan sangat bangga dalam menyiapkannya. Setelah daging dan lemaknya dipotong, lemaknya dicairkan perlahan dan daging ditambahkan secara bertahap. Setelah bumbu ditambahkan, masakan kemudian dibiarkan mendidih selama beberapa jam sambil sesekali diaduk.

Terakhir, campuran yang sudah matang dipindahkan ke wadah tanah liat, lalu mengeras dan dapat disimpan selama beberapa bulan tanpa kehilangan rasanya.



Chef Ahmed Issa Shetifi dari Provinsi Sabya mengatakan mahshoosh diciptakan karena kebutuhan ketika masyarakat tidak memiliki sarana untuk mengawetkan makanan mereka. Memasaknya dengan lemak memperpanjang umur simpan daging.

Metode persiapan bervariasi dari satu rumah tangga ke rumah lainnya, dengan beberapa keluarga hanya menambahkan bawang bombay sementara yang lain menambahkan rempah-rempah seperti kapulaga dan kayu manis.

Menurut Shetifi, persiapan yang benar adalah dengan memanggang lemak sebelum daging ditambahkan. Potongan lemak harus besar karena lebih cepat larut.

Dia menambahkan: “Kebiasaan ini terus berlanjut bahkan setelah masyarakat memiliki lemari es untuk menyimpan daging dan makanan. Faktanya, sebagian keluarga masih menyimpan mahshoosh di kamar atau di bawah tempat tidur mereka, untuk disimpan selama seminggu atau sepuluh hari sebelum dikonsumsi.

Generasi selanjutnya mulai menyimpannya dalam pot di lemari es, sementara generasi lain menggunakan kantong khusus, yang masing-masing berisi satu porsi makanan, dan menyimpannya di dalam freezer.”



Mahshoosh sangat tinggi kalori dan biasanya disajikan hanya saat Iduladha, katanya: “Beberapa keluarga mendedikasikan seluruh kurban Idul Fitri untuk menyiapkan mahshoosh. Meski bisa dinikmati dalam jumlah sedang, memakannya secara berlebihan menimbulkan risiko kolesterol tinggi karena kandungan kalorinya yang tinggi.”

Mahshoosh biasanya disajikan dengan roti, meski beberapa orang lebih suka memakannya dengan nasi. Ini juga merupakan bagian dari makan malam tradisional Jazan.
(mhy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2262 seconds (0.1#10.140)