Mengapa Hari Jumat Sangat Diistimewakan dalam Islam?Begini Penjelasannya

Jum'at, 21 Juli 2023 - 18:00 WIB
"Sebaik-baik hari yang pada hari itu matahari terbit adalah hari jumat, pada hari itu Adam diciptakan, pada hari itu ia dimasukkan ke jannah (surga) dan pada hari itu ia dikeluarkan dari jannah dan tidak akan terjadi hari kiamat kecuali pada hari jumat,” (HR. Muslim dan Tirmidzi).

9. Hari Kiamat akan Berada di Hari Jumat

Yaumul Jaza adalah salah satu dari nama-nama hari kiamat yang disebutkan dalam al-Qur'an:

"(Ingatlah) hari (ketika) Allah mengumpulkan kamu pada hari berhimpun (hari Kiamat). Itulah hari pengungkapan kesalahan. Siapa yang beriman kepada Allah dan mengerjakan kebajikan, niscaya Dia akan menghapus kesalahan-kesalahannya dan memasukkannya ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Itulah kemenangan yang agung," (QS. At-Tagabun: 18).

Waktu secara pasti terjadinya kiamat tidak ada yang mengetahui kecuali Allah Subhanallahu wa ta'ala. Namun Rasulullah pernah bersabda terkait hal ini.

Dari Aus bin ‘Aus, Rasulullah Shallallahu‘alaihi wa salam bersabda: “Sesungguhnya di antara hari kalian yang paling utama adalah hari Jum’at. Di hari itu, Adam diciptakan; di hari itu, Adam meninggal; di hari itu, tiupan sangkakala pertama dilaksanakan; di hari itu pula, tiupan kedua dilakukan,” (HR. Muslim no. 854).

10. Pelarangan Puasa pada Hari Jumat

Jumat telah ditetapkan sebagai hari Idul fitri bagi umat Islam. Itulah mengapa puasa pada hari Jumat ini tidak dianjurkan, ia harus dipasangkan dengan hari Kamis atau Sabtu.

"Janganlah salah seorang di antara kalian berpuasa pada hari Jum’at kecuali jika ia berpuasa pula pada hari sebelum atau sesudahnya,” (HR. Bukhari no. 1849 dan Muslim no. 1929).

11. Selawat Mudah Tercapai ke Rasulullah

Rasulullah berpesan kepada umatnya untuk selalu bershalawat kepadanya terutama pada hari jumat, dimana hari tersebut lebih ketika ini harus meningkat secara signifikan.

Diriwayatkan oleh Abu Daud, Rasulullah bersabda:

"Sesungguhnya termasuk hari kalian yang paling utama adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan dan diwafatkan. Pada hari itu pula terjadi tiupan sangkakala dan binasa (seluruh makhluk). Maka perbanyaklah sholawat untukku di hari itu. Sesungguhnya sholawat kalian ditunjukkan kepadaku".

Kemudian para sahabat bertanya, "Bagaimana shalawat kami ditunjukkan pada engkau saat engkau telah terkubur dalam tanah?"

Rasulullah menjawab, "Sesungguhnya Allah Subhanallahu wa ta'ala mengharamkan tanah memakan jasad para Nabi".

Rasulullah juga menyampaikan keutamaan ini dalam hadits riwayat Al-Baihaqi.

"Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku pada setiap hari Jumat, karena sholawat umatku disampaikan kepadaku setiap hari Jumat. Barang siapa dari kalian paling banyak membaca sholawat kepadaku, ia adalah orang yang dekat kedudukannya denganku".

12. Membaca Surah Al Kahfi

Salah satu dari banyak Sunnah yang dilakukan pada hari jumat, yang memegang berbagai keutamaan lainnya adalah membaca surah Al-Kahfi.

Dalam riwayat An Nasa'i dan Baihaqi, Rasulullah bersabda:

"Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum'at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat."

Demikian keistimewaan hari Jumat yang penting diketahui umat Muslim.



Wallahu A'lam
Halaman :
Follow
Hadits of The Day
Dari Al Aswad bin Yazid, dia berkata; Abdullah berkata, Saya pernah mendengar Nabi kalian shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Barangsiapa menjadikan segala macam keinginannya hanya satu, yaitu keinginan tempat kembali (negeri Akhirat), niscaya Allah subhanahu wa ta'ala akan mencukupkan baginya keinginan dunianya. Dan barangsiapa yang keinginannya beraneka ragam pada urusan dunia, maka Allah subhanahu wa ta'ala tidak akan memperdulikan dimanapun ia binasa.

(HR. Ibnu Majah No. 4096)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More