Malam Hijrah Nabi yang Menegangkan (4): Tiba di Madinah dengan Sambutan Luar Biasa

Senin, 31 Juli 2023 - 22:49 WIB
Demikian malam-malam tegang yang dilalui Rasulullah di saat berhijrah dari Mekah ke Madinah. Tulisan ini memang sengaja hanya menuliskan perjalanan yang menegangkan itu. Dari malam pertemuan perencanaan jahat pemimpin Kafir Quraish, hingga momen-momen Rasulullah memasuki kota Perdana yang tersinarkan (Madinah Al-Munawwarah).

Saya tidak bermaksud menuliskan sejarah Hijrah secara menyeluruh. Melainkan sekadar ingin menggambarkan momen-momen sulit dan menegangkan itu dalam perjalanan hijrah. Dengan semua hal yang menegangkan itu pelajaran terpenting yang harus kita petik adalah keyakinan akan kebersamaan dengan Allah (ma'iyatullah). Bahwa betapa pun sulitnya tantangan yang ada, Allah akan selalu hadir bersama orang-orang yang beriman.

Insya Allah tulisan berikutnya tidak lagi berbicara tentang malam-malam yang menegangkan. Tapi akan lebih banyak menyoroti langkah-langkah Rasulullah dalam membangun peradaban yang tersinari (Madinah Al-Munawwarah). Insya Allah!

Wallahu A'lam

(rhs)
Halaman :
Follow
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Barangsiapa menegakkan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.

(HR. Bukhari No. 36)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More