12 Fakta Imam Malik, Ulama High Class Pendiri Mazhab Maliki

Minggu, 27 Agustus 2023 - 15:46 WIB
Artinya: "Yang tetap eksis adalah apa yang dilakukan karena Allah."

9. Memiliki Kedalaman Ilmu Hadis

Imam Malik bukan hanya dikenal sebagai salah satu bintangnya ulama fiqih, namun juga sangat dikenal dalam ilmu hadits. Bahkan dalam dunia Hadits ada istilah yang dikenal sebagai Silsilatudz Dzahabiyah (rantai emas). Yakni jalur periwayatan tertinggi yang tak diragukan lagi kesahihannya. Dalam mata rantainya salah satunya ada nama Imam Malik, yakni Dari Ibnu Umar, dari Nafi dari Imam Malik.

10. Digelari Imamnya Negeri Hijrah

Gelar Imam Malik adalah Imam Darul Hijrah (imamnya negeri Hijrah). Gelar ini diberikan kepada beliau karena memang tidak ada ulama yang ilmunya menandingi beliau di Kota Madinah. Sepanjang hayatnya, Imam Malik tidak pernah keluar Kota Madinah kecuali ketika sedang berhaji.

11. Selalu Mandi dan Sholat Sebelum Mengajarkan Hadis

Diriwayatkan bahwa Imam Malik setiap kali ada yang meminta dibacakan hadits atau mengajarkannya, beliau akan mandi, berwudhu dan shalat dua rakaat terlebih dahulu. Sang imam juga tidak pernah berkendara sepanjang usianya di Kota Madinah.

12. Berjalan Kaki di Madinah

Imam Malik apabila keluar rumah tidak mau menaiki kendaraan di Madinah seperti unta atau kuda. Kemana pun beliau selalu jalan kaki. Saat ditanyakan sebabnya, beliau menjawab:

لا أركب في مدينة فيها جثة رسول الله صلى الله عليه وسلم مدفونة

Artinya: "Aku tidak berkendara di Madinah karena ada jasad Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dimakamkan di dalamnya."

Hikmah

Dari Imam Malik kita belajar bahwa hidup nyaman itu boleh-boleh saja. Asalkan si empunya badan bisa mempertanggung jawabkannya. Jangan sampai kita hari ini seperti membuat aturan tak tertulis yang mengharuskan ulama yang mengajarkan ilmu itu harus hidup miskin dan keadaannya mengenaskan.

Akhirnya, anak-anak kita pun enggan bercita-cita menjadi ulama, karena yang mereka lihat ulama itu dilarang hidup enak, apa lagi belum-belum sebagian orang tua menakut-nakuti. "Kamu belajar agama mau jadi apa. Kamu cuma nyantri nanti kerja apa?"

Demikian sosok Imam Malik yang unik. Semoga Allah melimpahkan taufik-Nya dan mengumpulkan beliau dengan kaum shalihin.

Referensi:

- Fiqh ibadah 'ala Madzhab Maliki hal 11

- Tadrib ar-Rawi karya Imam Suyuthi (1/93)

- Siyar A'lam an Nubala (8/48-120)

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
cover top ayah
اَلَمۡ يَاۡنِ لِلَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡۤا اَنۡ تَخۡشَعَ قُلُوۡبُهُمۡ لِذِكۡرِ اللّٰهِ وَمَا نَزَلَ مِنَ الۡحَـقِّۙ وَلَا يَكُوۡنُوۡا كَالَّذِيۡنَ اُوۡتُوا الۡكِتٰبَ مِنۡ قَبۡلُ فَطَالَ عَلَيۡهِمُ الۡاَمَدُ فَقَسَتۡ قُلُوۡبُهُمۡ‌ؕ وَكَثِيۡرٌ مِّنۡهُمۡ فٰسِقُوۡنَ
Belum tibakah waktunya bagi orang-orang yang beriman, untuk secara khusyuk mengingat Allah dan mematuhi kebenaran yang telah diwahyukan (kepada mereka), dan janganlah mereka (berlaku) seperti orang-orang yang telah menerima kitab sebelum itu, kemudian mereka melalui masa yang panjang sehingga hati mereka menjadi keras. Dan banyak di antara mereka menjadi orang-orang fasik.

(QS. Al-Hadid Ayat 16)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More