Cara Tayamum di Mobil, Syarat dan Bacaan Niatnya

Rabu, 06 September 2023 - 21:22 WIB
Nawaitu tayammuma lisstibahah sholaatil mafrudhoti lillaahi ta'aala.

Artinya: "Aku niat tayamum agar diperbolehkan melaksanakan shalat fardhu karena Allah Ta'ala."

2. Mengusap Wajah dengan Tangan yang Ditempel Debu

Setelah berniat, usaplah wajah dengan menggunakan tangan yang sudah ditempel dengan debu suci yang ada pada benda-benda seperti kursi mobil, kain atau kabin. Tangan sebelah kanan membasuh wajah bagian kiri, sedangkan tangan kiri membasuh wajah pada bagian kanan.

3. Mengusap Kedua Tangan Secara Bergantian

Selanjutnya mengusap kedua tangan sampai siku secara bergantian. Tangan sebelah kanan membasuh tangan sebelah kiri dan tangan sebelah kirim membasuh tangan sebelah kanan.

4. Melakukan Tayamum Secara Tertib

Artinya tayamum harus dilakukan secara tertib berurutan, mulai dari rukun pertama sampai selanjutnya. Tahapannya pun tidak boleh dibalik dengan membasuh kedua tangan kemudian wajah.

5. Berdoa

Setelah selesai tayamum, dianjurkan membaca doa berikut ini:

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. أَللَّهُمَّ اجْعَلْنِى مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ وَاجْعَلْنِيْ مِن عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ. سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ أَنْتَ اَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ


Asyhadu allaaa ilaaha illallah wahdahuu laa yasrikalahu wasyhadu anna Muhammadan 'abduhuu wa Rasuuluh. Allahumaj'alnii minat tawwabiina waj'alnii minal mutathohhiriina waj'alnii min 'ibadikash shoolihin. Subhaanakallahumma wabihamdika asyhadu allaa ilaaha illa Anta Astaghfiruka watuubu ilaiika.

Artinya: "Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, Maha Esa dan tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang yang ahli taubat, jadikanlah aku termasuk orang yang ahli bersuci dan jadikanlah aku termasuk golongan hamba-hamba-Mu yang salih. Maha Suci Engkau Ya Allah dan dengan memuji-Mu. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Aku mohon ampun dan bertaubatkepada-Mu."

Wallahu A'lam

(rhs)
Halaman :
Follow
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Jika seseorang lupa lalu dia makan dan minum ketika sedang berpuasa, maka hendaklah dia meneruskan puasanya, karena hal itu berarti Allah telah memberinya makan dan minum.

(HR. Bukhari No. 1797)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More