Kisah Pembebasan Mesir: Orang-Orang Kopti Memilih Netral ketika Pasukan Muslim dan Romawi Bertempur

Sabtu, 22 Juni 2024 - 12:40 WIB
Andaikata bangsa ini terang­-terangan membantu pasukan Arab lalu Romawi yang menang, seribu kali celakalah mereka. Ilustrasi: Ist
Sukses pasukan muslim di bawah Amr bin Ash menguasai Farama atau Pelusium, Mesir, dipandang sejarawan sebagai keajaiban. Bagaimana hal ini terjadi? Bagaimana 4000 prajurit itu dapat mengepung kota yang diperkuat dengan tembok-tembok dan benteng-benteng yang begitu kukuh dan kuat, dengan melumpuhkan pasukannya, menyerbu tembok-tembok serta menerobos benteng-benteng itu?

Di antara mereka mencari dalih dengan beranggapan bahwa orang-orang Kopti Farama memberikan bantuan kepada pasukan Arab selama melakukan pengepungan. "Itulah yang menyebabkan mereka berhasil mengalahkan pihak musuh," tulis Muhammad Husain Haekal dalam bukunya berjudul "Al-Faruq Umar" dan diterjemahkan Ali Audah menjadi "Umar bin Khattab "Sebuah teladan mendalam tentang pertumbuhan Islam dan Kedaulatannya masa itu" (PT Pustaka Litera AntarNusa, 2000).

Menurut Haekal, sudah tentu orang-orang Kopti itu tidak akan membantu Romawi dalam berperang dengan pihak Arab kalau tidak karena terpaksa dalam keadaan mereka berada di bawah kekuasaannya. Mereka tidak senang terhadap kekuasaan Kaisar dan para pejabatnya.



Akan tetapi sudah tentu mereka juga tidak akan membantu pasukan Arab, kecuali bantuan-­bantuan yang bersifat pribadi yang dilakukan secara sukarela dan diam-­diam, yaitu mereka yang benar-benar sudah tak dapat menahan kemarahan kepada pihak Romawi dan pemerintahannya.

Mereka mempertaruhkan kemerdekaan dan hidup mereka dengan memperlihatkan segala rahasia Romawi. Tetapi yang di luar itu, menghadapi golongan yang sedang berperang itu bangsa Mesir bersikap seperti penonton yang penuh perhatian.

Mereka sudah merasakan pelbagai macam kekejaman, pemerasan dan penindasan dari Romawi sehingga mereka sudah kehilangan semangat untuk membantunya.

Mereka tidak tahu keadaan pihak Arab, akan juga menjadi sasaran kebencian mereka atau akan mereka sambut dengan senang hati. Soalnya, kekuatan dan kekuasaan Romawi di Mesir membuat mereka sangsi siapa yang akhirnya akan memperoleh kemenangan.

Menurut Haekal, berita-berita kemenangan Arab di Syam dan di Irak sudah sampai kepada mereka, tetapi mereka belum melupakan kemenangan Heraklius terhadap Persia di Mesir sampai akhirnya mereka terusir.



Andaikata bangsa ini terang­-terangan membantu pasukan Arab lalu Romawi yang menang, seribu kali celakalah mereka. Mereka akan dijerumuskan ke dalam berbagai macam penyiksaan berlipat ganda dari yang sebelum itu. Dan tidak pula wajar mereka akan membantu Romawi sedang dendam mereka sudah begitu berat. Bahwa sekarang perang masih baru dimulai, dan tak ada yang tahu bagaimana nasibnya, lebih bijaksana apabila mereka menunggu saja dulu sambil melihat, dan kemudian menyesuaikan sikap demikian rupa untuk menghindari segala bahaya kekejaman, dan berusaha mengambil manfaatnya sedapat mungkin.

Unsur Asing

Sikap bangsa Mesir ini adalah sikap yang wajar buat semua bangsa dalam menghadapi situasi demikian pada masa itu. Bangsa ini sangat mengharapkan sekali sekiranya Romawi keluar dari negerinya itu, agar segala kekayaan negerinya hanya berada di tangan bangsa sendiri dan memperoleh hak-haknya sendiri pula yang wajar, sehingga segala kemerdekaan, di seluruh negeri, kehormatan dan harga diri diperoleh kembali.

Akan tetapi sejak Iskandar Agung merenggut kemerdekaan dan kebebasannya, seperti juga terhadap kemerdekaan dan kebebasan bangsa­ bangsa lain, ia sudah tak berdaya lagi.

Setelah Iskandar Agung meninggal Mesir kembali di bawah Ptolemaeus Yunani. Mereka ini memisahkan diri dari masyarakatnya dan dari Roma. Mereka merdeka sendiri di Mesir dan menjadi orang-orang Mesir.



Bangsa Mesir ini tidak melihat adanya unsur asing yang akan merombak atau memberontak kepadanya. Waktu itu keluarga-keluarga kerajaan di Mesir dan di luar Mesir berasal dari unsur asing. Demikian itulah keadaannya sampai sekarang.

Pada zaman tertentu keluarga-keluarga itu datang ke negeri-negeri yang takhtanya sudah mantap sebagai penyerang, dengan bantuan serdadu­-serdadu bayaran yang menjadikan perang dan penaklukan itu sebagai profesinya.

Setelah perang usai dan orang kembali tenang dan aman, keluarga-keluarga ini pun sudah merasa aman dengan negeri-negeri tempat mereka sekarang bertakhta dan sudah dijadikan tanah air mereka sendiri. Rakyat juga menyambut mereka dan dijadikan benteng yang akan melindungi mereka dari pertentangan sesama mereka.

Demikian itulah keadaan Keluarga Ptolemaeus. Mereka berlindung di Mesir dan menjadi bangsa Mesir. Mereka menjadi milik Mesir dan Mesir menjadi milik mereka.
Halaman :
Lihat Juga :
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
cover top ayah
وَاِذۡ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيۡسَى ابۡنَ مَرۡيَمَ ءَاَنۡتَ قُلۡتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوۡنِىۡ وَاُمِّىَ اِلٰهَيۡنِ مِنۡ دُوۡنِ اللّٰهِ‌ؕ قَالَ سُبۡحٰنَكَ مَا يَكُوۡنُ لِىۡۤ اَنۡ اَقُوۡلَ مَا لَـيۡسَ لِىۡ بِحَقٍّ‌ؕ اِنۡ كُنۡتُ قُلۡتُهٗ فَقَدۡ عَلِمۡتَهٗ‌ؕ تَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِىۡ وَلَاۤ اَعۡلَمُ مَا فِىۡ نَفۡسِكَ‌ؕ اِنَّكَ اَنۡتَ عَلَّامُ الۡغُيُوۡبِ‏ (١١٦) مَا قُلۡتُ لَهُمۡ اِلَّا مَاۤ اَمَرۡتَنِىۡ بِهٖۤ اَنِ اعۡبُدُوا اللّٰهَ رَبِّىۡ وَرَبَّكُمۡ‌ۚ وَكُنۡتُ عَلَيۡهِمۡ شَهِيۡدًا مَّا دُمۡتُ فِيۡهِمۡ‌ۚ فَلَمَّا تَوَفَّيۡتَنِىۡ كُنۡتَ اَنۡتَ الرَّقِيۡبَ عَلَيۡهِمۡ‌ؕ وَاَنۡتَ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ شَهِيۡدٌ‏ (١١٧) اِنۡ تُعَذِّبۡهُمۡ فَاِنَّهُمۡ عِبَادُكَ‌ۚ وَاِنۡ تَغۡفِرۡ لَهُمۡ فَاِنَّكَ اَنۡتَ الۡعَزِيۡزُ الۡحَكِيۡمُ (١١٨)
Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah? (Isa) menjawab, Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib. Aku tidak pernah mengatakan kepada mereka kecuali apa yang Engkau perintahkan kepadaku (yaitu), Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu, dan aku menjadi saksi terhadap mereka, selama aku berada di tengah-tengah mereka. Maka setelah Engkau mewafatkan aku, Engkaulah yang mengawasi mereka. Dan Engkaulah Yang Maha Menyaksikan atas segala sesuatu. Jika Engkau menyiksa mereka, maka sesungguhnya mereka adalah hamba-hamba-Mu, dan jika Engkau mengampuni mereka, sesungguhnya Engkaulah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.

(QS. Al-Maidah Ayat 116-118)
cover bottom ayah
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More