Israel Bombardir Tepi Barat, Presiden Palestina Mahmoud Abbas Impoten

Selasa, 03 September 2024 - 05:15 WIB
Sejak 7 Oktober 2023, lebih dari 3.000 warga Palestina telah mengungsi karena rumah-rumah mereka dihancurkan oleh tentara Israel.

Selama periode yang sama, Perserikatan Bangsa Bangsa mencatat 1.250 serangan oleh pemukim Israel terhadap warga Palestina.

Setidaknya 677 orang warga Palestina tewas oleh tembakan dan serangan udara Israel di Tepi Barat yang diduduki dan Yerusalem Timur antara 7 Oktober dan 27 Agustus, menurut PBB.

“Setiap hari, ada laporan tentang pembunuhan, penyerangan, dan geng-geng teror terorganisir yang mengingatkan pada yang terjadi pada tahun 1948,” kata Juma.



Baik mendukung atau menentang perlawanan

Tokoh senior Fatah itu mengatakan perlawanan terhadap tindakan Israel di Tepi Barat yang diduduki menyebabkan perpecahan dalam masyarakat Palestina dan bahkan dalam partainya sendiri.

“Orang-orang mendukung atau menentang perlawanan dan perpecahan yang sama ini terlihat jelas di dalam Fatah,” katanya.

Ketika agresi Israel meningkat, ia mencatat, peran PA semakin berkurang. Akibatnya, warga Palestina akan “mengambil kebebasan untuk membela diri dan mengatur urusan mereka secara independen dari PA”.

Ia menambahkan bahwa agar pemerintahan memperoleh pengaruh dan dukungan, ia perlu menyajikan visi strategis dan mengesampingkan perbedaannya dengan faksi-faksi lain.

Bulan lalu, perundingan diadakan di Beijing antara faksi-faksi yang bersaing, Hamas dan Fatah, bersama dengan lebih dari selusin partai Palestina lainnya, dalam upaya untuk mencapai persatuan pascaperang.



Upaya-upaya sebelumnya untuk mencapai persatuan telah terhenti karena ketidaksepakatan atas program-program politik dan pandangan yang berbeda tentang perlawanan terhadap Israel.

Muhammad Manasrah, seorang pengungsi Palestina di kamp al-Faraa di Tepi Barat, mengatakan banyak warga Palestina akan terus mendukung kelompok-kelompok perlawanan meskipun ada serangan Israel.

“[Israel] telah melakukan banyak pembantaian… dengan tujuan untuk menekan perlawanan, dalam upaya untuk membuat jalan-jalan menentang perlawanan. Tetapi ini tidak akan tercapai,” kata Manasrah.

“Tidak ada cara lain untuk mendirikan negara Palestina kecuali dengan perlawanan, persatuan nasional, dan ketahanan.”
(mhy)
Halaman :
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Hadits of The Day
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Semua perbuatan tergantung niatnya, dan balasan bagi tiap-tiap orang tergantung apa yang diniatkan; Barangsiapa niat hijrahnya karena dunia yang ingin digapainya atau karena seorang perempuan yang ingin dinikahinya, maka hijrahnya adalah kepada apa dia diniatkan

(HR. Bukhari No.1)
Artikel Terkait
Al-Qur'an, Bacalah!
Rekomendasi
Terpopuler
Artikel Terkini More